Home » Wordpress » WordPress 3.0 Released

WordPress 3.0 Released

19 Jun. 2010109 comments
WordPress 3.0 Released

Wordpress 3.0 FinalWordPress 3.0 Released, setelah ditunggu-tunggu cukup lama dan sempat dikeluarkan versi Release Candidate (RC) akhirnya pihak WordPress secara resmi telah meluncurkan versi terbarunya yakni WordPress 3.0.  Ini adalah kabar gembira untuk para blogger khususnya para pengguna WordPress self hosting, salah satu portal blog paling populer di seluruh dunia.

Beberapa yang menjadi andalannya, yaitu kemampuan untuk menjalankan beberapa blog sekaligus. Kelebihan ini disebut sebagai WordPress MU. Pada versi sebelumnya, masing-masing blog harus dijalankan secara terpisah. Fitur baru yang ada di WordPress 3.0 pernah saya bahas di postingan sebelumnya, WordPress 3.0 siap diluncurkan Mei 2010 dan WordPress 3.0 Release Candidate.

Menurut Adriaan Bloem selaku analis dari perusahaan peneliti dan konsultan manajemen perangkat lunak, Real Story Group, saat ini WordPress telah menjadi salah satu platform blogging yang paling ampuh dan kaya dengan fitur-fitur terbaik.

Versi 3.0 adalah versi ke tiga belas dari software yang diluncurkan WordPress.  Ada 2.700 perubahan termasuk 1.217 perbaikan bug yang telah dilakukan oleh 218 orang.

Selain itu, ajakan WordPress untuk lebih memanfaatkan situsnya sebagai media promosi semakin digalakkan. WordPress memiliki sistem content managemenent dengan fitur lengkap untuk mengembangkan sebuah situs, forum, bahkan untuk kebutuhan e-commerce alias jual beli di internet.

Perubahan ini agaknya memang ditujukan bagi para blogger yang ingin menampilkan produk barang mereka agar mudah ditawarkan. Fitur baru lainnya adalah kemampuan untuk memperbarui beberapa plug-in sekaligus dan tema yang bisa didesain ulang oleh para pengguna.

Setelah saya coba upgrade secara manual di server lokal sukses dan berhasil, tidak seperti versi 3.0 RC 1 yang gagal upgrade manual dan baru berhasil setelah install dengan database baru.

Namun sayang fitur-fitur baru yang ada di WordPress 3.0 ini belum bisa saya nikmati di blog ini, karena setelah saya mencoba mengupgrade secara manual dari versi sebelumnya 2.9.2 ke versi 3.0 ini, hasilnya masih belum benar-benar fix dan stabil. Ternyata masih ada juga bugnya, masih bermasalah dengan file user.php yang ada di folder wp-admin/includes, dan tidak bisa mendeteksi author dan user, sehingga ketika akan membuat postingan baru atau mengedit postingan lama muncul pesan Call to undefined method wpdb::get_blog_prefix() atau undefined user dan author.

Saya coba buka menu user hasilnya author dan user tidak bisa terdeteksi, kemudian saya masukkan user baru sebagai administrator dan login dengan user baru itu, namun hasilnya tetap sama. Yang jadi masalah kemungkinan karena adanya fitur baru yaitu fitur multisite atau karena plugin yang gak kompatible, seperti DB Cache dan sejenisnya.

Upgrade ke versi 3.0 ini juga bermasalah ketika kita mengaktifkan fitur Leech Protect pada folder wp-admin. Solusinya silahkan didisable terlebih dahulu Leech Protect pada folder wp-admin supaya update database pada admin bisa berhasil.

Masalah lainnya lagi seperti yang saya baca di beberapa forum yaitu, masih banyak plugin dan theme yang belum kompatibel dengan versi 3.0 ini. So karena ternyata masih ada beberapa bug, akhirnya saya downgrade lagi ke versi sebelumnya 2.9.2. Dan masih sayang kalau harus menghilangkan plugin yang saya install.

Saya juga belum mencoba untuk upgrade secara automatic apakah bisa berhasil atau masih tetap ada bug. Mungkin kalau install baru dengan database baru akan bisa berhasil, tapi saya belum mencobanya karena pasti akan membutuhkan waktu yang lebih lama, mungkin lain waktu saya akan mencobanya karena saat ini sudah ditunggu siaran langsung World Cup 2010.

Namun jika anda masih penasaran dan ingin mencobanya (sebaiknya dicoba dulu di server lokal) anda bisa mendownloadnya di link ini Download Worddpress 3.0.

Jika sobat-sobat ada yang sukses upgrade ke versi 3.0 ini monggo silahkan bisa di share di sini, atau mungkin malah ketemu bug yang lainnya, karena tiap blog beda-beda plugin dan theme yang digunakan mungkin hasilnya juga akan lain.

Mudah-mudahan artikel tentang WordPress 3.0 Released ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Membuat Halaman Maintenance dengan .htaccess
  2. Update WordPress 3.2
  3. Update WordPress ke versi 2.9 (terbaru)
  4. Cara Membuat Dan Menampilkan Favicon Di WordPress
  5. Install WordPress Di Localhost Dengan Instant WordPress
  6. WordPress Untuk iPhone / iPad
  7. Cara Memasang Widget Top Komentator
  8. Upgrade Blog WP ke WordPress 2.8.2 (versi terbaru)
  9. WordPress 2.9.1 Beta 1 Released, Fixes Bugs in WordPress 2.9
  10. Cara Membuat Halaman (Pagination) Pada Postingan
  1. 19-6-2010 at 11:32 | #1

    tok tok tok….
    permisi… .

    Reply

  2. 19-6-2010 at 15:27 | #2

    Informasi yang menarik Mas, salam kenal ya…

    Reply

  3. 19-6-2010 at 18:09 | #3

    Nice share,
    tyt masih banyak masalahnya di versi wp 3.0.

    Reply

    Alwi Reply:

    Masalahnya di antaranya karena beberapa plugin yg gak kompatible seperti DB cache dll kalau mau berhasil didisable dulu semua plugin yg ada

    Reply

    abang haris Reply:

    bener bang kalo gak pake plugin2 kabarnta oke WP 3 .

    Reply

  4. 19-6-2010 at 18:27 | #4

    siap update nih

    Reply

    abang haris Reply:

    siap laksanakan

    siap laksanakan

    Reply

  5. 20-6-2010 at 11:16 | #5

    saya masih agak ragu dengan versi barunya mas alwi, karena setelahs aya unduh ada beberapa item yang tidak kompatibelnya, danmultitese kayaknya bikin ribet ya

    Reply

    abang haris Reply:

    bikin ribet yah :)

    Reply

  6. 21-6-2010 at 08:33 | #6

    baca-baca fitur barunya WordPress 3.0… hm… bgitu ya mas… oke deh…

    Reply

  7. 21-6-2010 at 11:50 | #7

    saya udah download siap siap untuk update nih

    Reply

  8. 22-6-2010 at 17:34 | #8

    siap mas…. sy coba untuk download tuh updatenyynya…. moga bermanfaat

    Reply

  9. 22-6-2010 at 19:08 | #9

    selamat malam semua nampang muka disini dulu

    Reply

    Brian Reply:

    mau ngejar dan kudeta pak iwan dulu

    Reply

    Brian Reply:

    mumpung pak iwan sudah rehat sekarang

    Reply

    Brian Reply:

    bang munir juga sedang kalem

    Reply

    Brian Reply:

    kaya lemari, lembu, dan lemper aaduh “dijitak dari belakang”

    Reply

    Brian Reply:

    rupanya pak munir ada dibelakang aku ngamati

    Reply

    AZ COMSOFT Reply:

    comment mu bertubi – tubi..hehe

    Reply

    AZ COMSOFT Reply:

    saya juga dehh…

    Reply

    AZ COMSOFT Reply:

    makasi ya…oke banget…

    Reply

  10. 22-6-2010 at 23:23 | #10

    makasih mas atas sharenya..saya juga blom upggrade ni untuk blog Catatan Pernikahan punya saya ^^
    nunggu info dari yang lain dulu :)

    Reply

Comment pages
4+9=? (Wajib diisi)