Home » SEO » Strategi Optimasi SEO Di Tahun 2011

Strategi Optimasi SEO Di Tahun 2011

17 Apr. 2011103 comments
Strategi Optimasi SEO Di Tahun 2011

Dalam sebuah video di Youtube, Matt Cutts dari Google menjawab pertanyaan berikut “If you were an SEO of a large company, what would you include in your 2011 strategy?” Jika Anda seorang SEO dari sebuah perusahaan besar, strategi apakah yang akan anda lakukan di tahun 2011 ini?”

Menurut Matt Cutts, beberapa strategi optimasi SEO di tahun 2011  yang bisa dilakukan di antaranya, optimasi kecepatan loading website, internal link building dan social media marketing.

Walapun kita bukan pakar SEO dari sebuah perusahaan besar, rasanya tips dari Matt Cutts tersebut masih relevan untuk diterapkan di blog personal apalagi blognya digunakan untuk ladang mencari uang (Cara Monetize Blog).

1. Optimasi Kecepatan Loading Website

Cukup sering saya katakan dalam beberapa postingan sebelumnya, bahwa waktu loading sebuah halaman website atau blog adalah salah satu faktor dalam pemeringkatan Google. Beberapa hasil kajian menunjukkan bahwa kecepatan loading sebuah website/blog juga akan mempengaruhi perilaku pengunjung. Semakin cepat loading sebuah website akan membuat semakin nyaman atau betah pengunjung tersebut dan akan punya nilai lebih. Sebaliknya semakin lambat loading sebuah website juga ada kecenderungan semakin membuat tidak nyaman untuk pengunjung tersebut, dan ujung-ujungnya pengunjung akan menutup halaman website tersebut.

Jika Anda menggunakan WordPress, ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan loading blog anda. Silahkan anda telusuri tulisan saya di kategori Optimasi WordPress. Untuk menganalisa bagian mana saja yang masih perlu untuk dioptimasi anda bisa memanfaatkan add-ons Firebug, Page Speed dan Yslow.

2. Internal link building

Salah satu teknik optimasi SEO yang bisa diterapkan dalam membangun kekuatan SEO dalam website/blog, anda bisa mengoptimalkan internal link building. Internal link building ini bisa anda buat antar posting atau halaman atau lainnya. Dengan memberi link antara konten yang satu dengan yang lainnya akan memperkuat SEO sebuah website/blog.

Internal link dalam blog juga akan membantu meningkatkan ranking blog anda dan akan membantu meningkatkan traffic serta page view, sebab jika orang yang datang ke blog anda sudah tidak ada pilihan lagi untuk dilihat maka mereka akan pergi. Ketika anda menawarkan sebuah link ke postingan anda yang lain ada kemungkinan mereka akan klik link anda dan pengunjung akan tetap di blog anda lebih lama.

Manfaat lainnya ketika kita menyisipkan link pada setiap artikel yang kita buat yaitu manakala ada orang lain yang copy paste mentah-mentah postingan kita, maka kita sudah menanamkan link di dalamnya.

Supaya lebih efektif dalam membangun internal link, selalu gunakan kata kunci (keyword) yang relevan pada anchor teks untuk sebuah link yang akan anda buat dan lakukan secara konsisten.

3. Social Media Marketing

Media sosial atau situs jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, Koprol dan lain sebagainya sudah menjadi lebih dari sekadar ajang berteman. Media sosial juga bisa berfungsi sebagai media membangun kepedulian dan memasarkan produk. Lalu bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk tujuan itu? Walaupun Social Media bukan sebuah Search Engine tapi untuk saat ini trendnya luar biasa, anda bisa menggabungkan keduanya (sinergi).

Penyebaran konten yang baik di Twitter, Facebook, Digg, Reddit, Stumbleupon dll akan menciptakan bangunan link dan jaringan yang alami. Setiap media sosial punya keunikan tersendiri. Jadi cara pemasaran di setiap media sosial mesti memiliki strategi yang berbeda sesuai dengan karakter penggunanya. Twitter misalnya, yang memiliki efek yang diibaratkan dengan penyebaran virus dalam tubuh. Bisnis Anda, jika dikemas dengan menarik, dapat menyebar dengan cepat di komunitas Twitter. Misalnya jika Anda meluncurkan fitur baru di blog Anda dan menarik, lantas kirim ke Twitter sehingga muncul para pengikut. Ada kemungkinan mereka akan menyebarkan berita tersebut.

Dalam skala yang lebih luas, media sosial bisa berfungsi sebagai media untuk melakukan engagement (keterikatan) dengan konsumen. Hal ini berguna untuk mempertahankan relasi dengan konsumen, membangun kepercayaan dan loyalitas produk.

Mudah-mudahan artikel tentang Strategi Optimasi SEO Di Tahun 2011 ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Pasang Adsense Di Bawah Judul Postingan
  2. SEO (Search Engine Optimization) dan Sejarahnya
  3. Pengertian Dofollow dan Nofollow, Kelebihan dan Kekurangannya
  4. Tips Atau Cara Menulis Yang Baik Di Blog
  5. Cara Setting Plugin All in One SEO Pack
  6. Konten Berkualitas Versi Google
  7. Cara Setting Plugin Platinum SEO Pack
  8. Cara Meningkatkan Traffic Blog
  9. Membuat Blog Bersahabat dengan Search Engine
  10. SMP, Anak SMP dan Masa Remaja
  1. 23-10-2011 at 20:07 | #1

    tetap optimis pasti bisaaaaaaaa

    Reply

  2. 6-11-2011 at 00:56 | #2

    males optimasi situs… capek soalnya..

    Reply

  3. 11-12-2011 at 04:31 | #3

    Harus Optimis jangan meyerah hajar terus dengan SEO

    Reply

  4. 7-1-2012 at 10:52 | #4

    susah yaa seo itu…spy rangking 1 berat amat

    Reply

  5. 7-1-2012 at 14:44 | #5

    tetep aja susah untuk no 1 sekian lama sudah ber SEO tetap………..

    Reply

  6. 9-1-2012 at 15:28 | #6

    thx ya bang atas inponya jng lp mampir bang ^_^

    Reply

  7. 6-2-2012 at 09:37 | #7

    hemmmm….artikel seo yang sangat membantu…newbitol seperti ane..thanks gan,

    Reply

  8. 25-2-2012 at 03:04 | #8

    setuju banget dengan tiga point diatas… ane skrng lagi cari2 info dan belajar, bagaimana cara mengoptimasi sosial media… mohon petunjuk… Salam kenal.. :)

    Reply

  9. 14-3-2012 at 03:23 | #9

    Good info mas!!!…
    Thanks… mampir ke IT Informasi ya!!!

    Reply

  10. 26-3-2012 at 19:59 | #10

    Blog ini loadingnya nendang abiz theme keren juga pokoknya te o pe deh

    Reply

Comment pages
1+3=? (Wajib diisi)