Home » SEO » SEO (Search Engine Optimization) dan Sejarahnya

SEO (Search Engine Optimization) dan Sejarahnya

30 Apr. 2010278 comments
SEO (Search Engine Optimization) dan Sejarahnya

Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword atau kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Seiring dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media promosi, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada di posisi teratas pada hasil pencarian search engine (SERP) untuk keyword yang diinginkan merupakan impian sebagian besar pemilik website atau blog dan tentunya akan meningkatkan peluang untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau traffic baru. Peluang ini kadang sering dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Sejarah SEO

Istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi. Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui “meta tag” pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut dan juga keseuaian tema dengan antar link tersebut.

Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.

Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank settinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

Webmaster dan mesin pencari

Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa webmaster (pengelola website) sering melakukan segala hal  untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan ilegal (Black Hat SEO). Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan “meta tag” yang tidak relevan.

Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool dan memperkenalkan Sitemap berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer yang memungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala cara.

Etika dan legalitas
Sistem PageRank, walau menerapkan algoritma yang kompleks, belakangan juga tidak lagi sepenuhnya mampu menghadapi trik dan manipulasi. Sejumlah webmaster dan praktisi SEO telah mengembangkan beberapa metode yang memanfaatkan cara kerja PageRank agar halaman web klien mereka berada pada peringkat pertama hasil pencarian. Google secara resmi telah melarang penggunaan beberapa teknik ilegal seperti link farming, doorway pages, keyword stuffing, dan auto generated pages atau scraper pages. Situs atau layanan SEO yang tetap menggunakanannya terancam akan dihapus dari indeks pencarian.

Ancaman Google dan mesin pencari lain bukan hanya gertakan. Beberapa perusahaan layanan SEO beserta klien mereka yang tidak mengindahkan larangan tersebut menerima penalti yang serius karena perbuatan ilegal mereka. Pada tahun 2005, Matt Cutts dari Google mengatakan bahwa URL sebuah firma SEO bernama Traffic Power beserta klien-klien mereka telah dihapus dari indeks Google karena menggunakan teknik SEO ilegal. Kasus lain yang terkenal adalah ketika Google pada Februari 2006 menghapus situs web perusahaan BMW dan Ricoh Jerman dari daftar karena terbukti menggunakan metode SEO yang manipulatif. BMW dan Ricoh dengan segera meminta maaf kepada Google dan memperbaiki situs mereka. Google kemudian memasukkan kembali situs web mereka ke dalam indeks pencarian. Namun skandal tersebut tetap meninggalkan citra buruk dan memalukan bagi kedua perusahaan tersebut.

Berdasarkan panduan resmi mesin pencari, SEO bukanlah teknik ilegal sepanjang dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang ada. Hal tersebut untuk menjamin setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama dalam pencarian, dan pemeringkatan dilakukan dengan obyektif, di mana yang paling berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah kualitas kontent dan manfaatnya bagi pengguna internet. Saat ini Google juga memperhitungkan kecepatan loading web / blog untuk menampilkanya di hasil pencarian (SERP).

So jika blog anda ingin dinilai bagus oleh mesin pencari, jangan gunakan cara-cara illegal, serba instan dan lain-lain. Sebaliknya bangun dan terapkan SEO pada blog anda dengan cara yang legal dan natural, dilakukan dengan penuh kesabaran, ketekunan dan keuletan, jika tidak siap-siap aja blog anda akan hilang dari halaman index mesin pencari, jika sampai terjadi ini adalah “musibah terbesar” bagi seorang webmaster.

Referensi :

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Search_engine_optimization,
  • http://www.mattcutts.com/blog,
  • http://www.google.com/webmasters/docs/search-engine-optimization-starter-guide.pdf,
  • http://nasbro.net/seo-guide,
  • http://help.yahoo.com/l/us/yahoo/search/basics/basics-18.html,
  • http://help.live.com/help.aspx?mkt=en-us&project=wl_webmasters&querytype=&query=&tmt=&domain=help.live.com&format=b1.
Mudah-mudahan artikel tentang SEO (Search Engine Optimization) dan Sejarahnya ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Membuat Breadcrumb Di WordPress
  2. Cara Merubah Tag Heading h1 Untuk Judul Postingan
  3. SMP, Anak SMP dan Masa Remaja
  4. Tips Atau Cara Menulis Yang Baik Di Blog
  5. Cara meningkatkan peringkat di TopSeratus.com
  6. Cara Setting Plugin All in One SEO Pack
  7. Cara Mencegah Duplicate Content Di Google Webmaster Tools
  8. Membuat Blog Bersahabat dengan Search Engine
  9. Cara Memanfaatkan Twitter Untuk Blog Anda
  10. Cara Mengoptimasi Halaman Kategori
  1. 30-6-2010 at 17:55 | #1

    pening juga belajar seo ya bro… tapi its good salam kenal sob..

  2. 5-7-2010 at 13:59 | #2

    Memang perLu kesabaran jika mau beLajar SEO…

    Hari Mulya Reply:

    saya saja sampai hari ini beLum mudeng apa apa tentang SEO…

    My Little Princess Reply:

    wah wah itu sejenis makanan ya

    My Little Princess Reply:

    saya yakin bang hari udah ngerti

    My Little Princess Reply:

    nah kalau komentar banyak banyak gini menurunkan kualitas seo tidak

    My Little Princess Reply:

    apalagi kalau cuma berhitung

    My Little Princess Reply:

    jadi harus tetap bagus komentarnya

    My Little Princess Reply:

    sportif dan selalu semngat terus

    My Little Princess Reply:

    dan selalu mengutamakan silaturrahmi

    Hari Mulya Reply:

    saya setuju sekaLi tentang yang utama dari sebuah situs adaLah kontennya…

    My Little Princess Reply:

    ya konten adalah utama setuju dengan hal itu

    My Little Princess Reply:

    tetapi blog aku cuma curhatan biasa saja

    My Little Princess Reply:

    belum bisa nulis banyak

    My Little Princess Reply:

    wah bang hari lari jauh sekali ini

    My Little Princess Reply:

    mungkin dia sepanjang pagi komentar

    My Little Princess Reply:

    dan sekarang jadi nomor satu

    My Little Princess Reply:

    wah langsung deh aku melorot ke bawah

    My Little Princess Reply:

    nggak tahu harus ngejar lagi sekarang

    My Little Princess Reply:

    meski mulai ngantuk lagi sekarang

    My Little Princess Reply:

    ya bang hari mulya lari jauh sekali

    Hari Mulya Reply:

    konten berkuaLitas yang seharusnya jadi acuan search engine…

    Hari Mulya Reply:

    bukan hanya tag tag nya…

    My Little Princess Reply:

    iya banyak blog copas tapi traffic dan pr nya tinggi dan bisa dipasangi adsense

    My Little Princess Reply:

    itulah tandanya google belum smart amat

    My Little Princess Reply:

    masa auto content gitu serp nya lebih baik

    My Little Princess Reply:

    aelxanya lebih juga

    My Little Princess Reply:

    padahal kita yang susah buat artikel

    My Little Princess Reply:

    dia tinggal menikmati hasilnya saja

    My Little Princess Reply:

    itulah susahnya menjadi blogger

    My Little Princess Reply:

    mari semua sore ini kita berlarian lagi

    My Little Princess Reply:

    senangkan hati dan refreshing

    Hari Mulya Reply:

    harapannya sih semoga bLog saya bisa bermanfaat bagi orang lain…

    My Little Princess Reply:

    pasti bermanfaat mas

    My Little Princess Reply:

    saya yakin tentang hal itu

    My Little Princess Reply:

    karena setiap blog yang penting bukan konten sara

    My Little Princess Reply:

    karena pasti ada yang membaca

    My Little Princess Reply:

    dan bisa menarik hikmah dari blog anda

    My Little Princess Reply:

    makanya nulis yang bermanfaat atau apapun yang baik

    My Little Princess Reply:

    tapi masih curhatan blog aku

    My Little Princess Reply:

    kalau udah mau monetize bolehlah seo dipelajari

    My Little Princess Reply:

    dan semua blog dioptimasi

    My Little Princess Reply:

    sekarang sore hari bang haris

    My Little Princess Reply:

    dan bang hari mulya lagi datang

    Hari Mulya Reply:

    tidak perLu konten yang berat, tetapi bermanfaat, amien…

    My Little Princess Reply:

    nah kasih contoh dong

    My Little Princess Reply:

    artikel seperti itu bagaimana

    My Little Princess Reply:

    misalnya bagaimana topiknya

    My Little Princess Reply:

    bagaimana judulnya juga

    My Little Princess Reply:

    bagaimana semua itu bisa terjadi

    My Little Princess Reply:

    dan apa yang ahrus dilakukan

    My Little Princess Reply:

    agar bisa menulis dengan baik

    My Little Princess Reply:

    dan bisa menarik visitor juga

    My Little Princess Reply:

    dan alexa akan langsing juga seperti ini

    Hari Mulya Reply:

    sekaLi lagi semangat berbagi yang perLu ditanamkan daLam diri kita…

    My Little Princess Reply:

    semangat yang benar

    My Little Princess Reply:

    dan terus melakukan pesaingan disini dengan sehat

    My Little Princess Reply:

    tidak mau kalah dan ngalah

    My Little Princess Reply:

    sehingga bisa kepuncak lagi

    My Little Princess Reply:

    dan harus terus bersiap

    My Little Princess Reply:

    dengan sepenuh hati dan sepenuh jiwa

    My Little Princess Reply:

    karena kita harus berbuat baik

    My Little Princess Reply:

    agar hidup bisa bermakna

    My Little Princess Reply:

    sehingga bisa bermanfaat buat orang lain

    My Little Princess Reply:

    yah perlu nambah lagi meski sedikit

    Hari Mulya Reply:

    kaLau masaLah trafik, saya masih terSEOk-SEOk…

    My Little Princess Reply:

    apalagi saya mas miskin banget

    My Little Princess Reply:

    trafic biasa 0 satu hari

    My Little Princess Reply:

    jadi alexa wih jutaan

    My Little Princess Reply:

    dan aku mau sekarang konsen

    My Little Princess Reply:

    supaya bisa top komentar disini

    My Little Princess Reply:

    meski harus bersaing dengan orang gila komentar semua

    My Little Princess Reply:

    bagaimana ya caranya survive

    My Little Princess Reply:

    dan bisa terus di top five

    My Little Princess Reply:

    karena itulah tantangan terbesar

    Hari Mulya Reply:

    ga kaya bLog Pak Alwi ini yang makin hari makin naik.. saLut…

  3. 5-7-2010 at 14:09 | #3

    Wah, dah muLai dikejar nih.. he..he…

    Hari Mulya Reply:

    seperti dugaanku tadi…

    Bang Iwan Reply:

    Emang kenapa Kang?….

    Hari Mulya Reply:

    rupanya para peserta sudah bangun dari tidurnya…

    Bang Iwan Reply:

    Sekarang malah sepi2 saja?

    Hari Mulya Reply:

    dan siap menjungkaLkan posisi saya…

    Bang Iwan Reply:

    Nggak pa2 kokq Kang…

    Hari Mulya Reply:

    harus hati-hati duduk di kursi panas ini.. he..he…

    Bang Iwan Reply:

    Harus selalu menambah nominal koment lah..

    Hari Mulya Reply:

    lengah sedikit, jatuh deh…

    Bang Iwan Reply:

    makanya jangan lengah Kang..

    Hari Mulya Reply:

    apaLagi kaLo udah jatuh, tertimpa tangga…

    Bang Iwan Reply:

    pasti bonyok deh nantinya..

    Hari Mulya Reply:

    makin rame dan makin bersemangat…

    Bang Iwan Reply:

    dan tentunya semakin seru.

    Hari Mulya Reply:

    yang terpenting menjaga stabiLitas komentar di sini…

    Bang Iwan Reply:

    Stabilitas komentar itu apa sih?

    Hari Mulya Reply:

    jangan sampai tertinggaL jauh…

    Bang Iwan Reply:

    Tidak bakalan tertinggal.

  4. 5-7-2010 at 14:14 | #4

    sayangnya siang ini dah muLai cape…

    Hari Mulya Reply:

    berkomentar kan membutuhkan tenaga juga…

    Bang Iwan Reply:

    pastilah……………..

    Hari Mulya Reply:

    tenaga yang ekstra maLahan…

    Bang Iwan Reply:

    makanya sediain makanan suplemen…

    Hari Mulya Reply:

    perLu tambahan vitamin dan gizi tinggi.. he..he…

    Bang Iwan Reply:

    seperti berondong jagung bisa Kang?

    Hari Mulya Reply:

    waLau tadi dah makan siang…

    Bang Iwan Reply:

    Tambah dengan susu telur Kang..

    Hari Mulya Reply:

    tapi sekarang maLah jadi ngantuk…

    Bang Iwan Reply:

    Tidur deh sana Kang…

    Hari Mulya Reply:

    mau tidur tapi takut…

    Bang Iwan Reply:

    Jangan takut kang…
    entar saya yang jagain.

    Hari Mulya Reply:

    takut ngigau…

    Bang Iwan Reply:

    kalau ngigau entar saya rekam…

    Hari Mulya Reply:

    apaLagi sampai ngeLindur…

    Bang Iwan Reply:

    Ngelindur itu apaan sih Kang?

    Hari Mulya Reply:

    jangan-jangan ngLindur aneh…

  5. 5-7-2010 at 14:19 | #5

    Ga kebayang kaLo pas tidur…

    Hari Mulya Reply:

    tiba-tiba ngLindur n bangun sendiri…

    Hari Mulya Reply:

    bangun dan langsung pegang keyboard…

    Bang Iwan Reply:

    Abis kebiasaan sih………….

    Hari Mulya Reply:

    n nuLis sesuatu ga karuan…

    Bang Iwan Reply:

    Seperti sekarang ini….

    Hari Mulya Reply:

    ngLindur kasih komentar banyak.. he..he…

    Bang Iwan Reply:

    malah lebih baik jadinya….

    Hari Mulya Reply:

    ngeri deh kaLo baLapan top komen di sini sampai terbawa tidur…

    Bang Iwan Reply:

    Bisa aja Kang, kalau dipaksa…..

    Hari Mulya Reply:

    kaya orang giLa, tidur sambiL ngetik…

    Bang Iwan Reply:

    emang bisa ngetik sambil tidur?

    Hari Mulya Reply:

    bahkan saat tidur pun tangan tetep bekerja.. he..he…

    Bang Iwan Reply:

    sinambolis dong……………

    Hari Mulya Reply:

    gimana ga kriting tuh jari…

    Bang Iwan Reply:

    udah jadi jempol semua kayaknya..

    Hari Mulya Reply:

    jari kriting demi top komen…

    Bang Iwan Reply:

    yang penting santai ajalah Kang…

  6. 2-6-2011 at 03:34 | #6

    terima kasih untuk ilmu sejarah SEO nya mas Alwi…

  7. 22-6-2011 at 04:00 | #7

    Thank you for share very nice knowledges. Your website is good. I am impressed by the information that you have on this blog. It shows how well you understand this subject. Bookmarked this page, will come back for more. You, my friend, ROCK! I found just the information I already searched everywhere and just couldn’t find.
    this subject ( ) is very important.

  8. 8-8-2011 at 00:44 | #8

    keren bos…….tipsnya!!

    jangan lupa pada mampir ya…???
    :-)

  9. 26-9-2011 at 09:12 | #9

    artikel yang mantaps sekali …gan .

  10. 20-10-2011 at 18:18 | #10

    wekekek kapan yah aku bisa kyk

Comment pages