Home » Info » Optimasi Wordpress » Saatnya Pindah Hosting

Saatnya Pindah Hosting

20 Nov. 201163 comments
Saatnya Pindah Hosting

Di postingan ini Tips atau Panduan Memilih Web Hosting pernah saya katakan bahwa salah satu faktor penting untuk menjaga reputasi dan eksistensi sebuah website atau blog terutama yang menggunakan hosting sendiri (self hosting) di antaranya adalah pemilihan jasa penyedia hosting yang tepat dan berkualitas. Jika server sering down pasti akan mengecewakan pengunjungnya dan merugikan pemilik website atau blog tersebut, baik dari SEO, traffic dan reputasi.

Demikian halnya yang terjadi pada blog ini. Pada awalnya server hosting yang digunakan oleh blog ini yaitu idwebhost dengan paket idSemiPro (disk space 500M bandwidth 20G) berjalan cukup baik dan lancar, bahkan sering ada beberapa pertanyaan dari para pengunjung blog ini yang menanyakan pakai jasa web hosting di mana sich kok loadingnya bisa kenceng banget walau pakai koneksi GPRS sekalipun.

Setelah 2 tahun berjalan cukup baik, sekitar akhir Agustus 2011 yang lalu mulai sering timbul masalah, dan puncaknya blog ini beberapa kali terkena suspend. Setelah saya tanyakan ke pihak Idwebhost, diketahui bahwa penyebab blog ini disuspend adalah karena load server/CPU dari blog ini cukup tinggi dan berpotensi mengganggu pengguna yang lain, itu katanya biasanya berasal dari efek penggunaan plugin yang bersifat auto.

Alasan lain disuspendnya blog ini yaitu karena disk space penuh disebabkan penggunaan plugin yang bersifat cache (kebetulan saya menggunakan w3 total cache), dan disk space cepat penuh karena fungsi auto clean terhadap cache yang sudah expired tidak berfungsi sebagaimana mestinya, padahal dari dulu saya menggunakan plugin w3 total cache aman-aman saja tidak pernah timbul masalah, dan baru belakangan ini saja munculnya.

Untuk meminimalkan penggunaan resource dan load server yang tinggi akhirnya saya merelakan untuk mencopot beberapa plugin seperti W3 Total Cache, STT2 (SEO SearchTerms Tagging 2), ALRP (SEO Auto Links & Related Posts), dan bahkan sempat melepaskan plugin wajib untuk blog ini yaitu Platinum SEO Pack. Tetapi hasilnya tetap tidak menggembirakan karena setelah satu minggu kembali lagi blog ini kena suspend.

Setelah konsultasi dengan pihak hosting disarankan untuk upgrade ke paket VPS/dedicated, karena dengan traffic harian blog ini sekitar 4000 – 6000 dan page view harian sekitar 15.000 – 20.000 dirasa sudah tidak cocok jika menggunakan shared hosting, dan server yang ada di Idwebhost (khususnya yang shared hosting) tidak support/tidak mampu untuk menangani load server dengan kisaran traffic seperti yang saya sebutkan di atas.

Jika menggunakan VPS/dedicated pasti akan lebih stabil, tapi sepertinya blog ini belum waktunya menggunakan fasilitas itu (mahal gan ..) karena blog ini belum menghasilkan apapun (belum dimonetize). Dan puncak kesabaran saya akhirnya berakhir pada tanggal 2 Nop 2011 karena lagi dan lagi blog ini disuspend dan karena sudah cukup sering suspendnya maka untuk bisa mengaktifkannya lagi harus direset terlebih dahulu akunnya.

Tanpa berpikir panjang hari itu juga saya memutuskan untuk segera migrasi/pindah layanan web hosting walau masih menggunakan shared hosting tapi mampu menghandle blog ini dengan jumlah traffic seperti yang saya sebutkan di atas. Setelah sedikit mengumpulkan referensi akhirnya saya memilih MWN (Master Web Network) untuk hosting blog ini. Kenapa saya memilih MWN (Master Web Network), apa saja kelebihannya dan bagaimana cara memindahkan file-file master dan database blog ke server yang baru? mungkin akan saya bagi pengalamannya di postingan berikutnya supaya postingan ini tidak kepanjangan.

Mudah-mudahan artikel tentang Saatnya Pindah Hosting ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 1 dari 3 Laptop Rentan Rusak
  2. Nikmati Promo Kartu Kredit BCA Bagi Pecinta Kuliner
  3. Bing Maps Tantang Google Maps
  4. Cara memilih Helm ber-SNI
  5. Pengalaman Menggunakan Beberapa Jenis Koneksi Internet
  6. Sebelas Nopember Dua Ribu Sebelas (11-11-11)
  7. Cara Setting GPRS Telkomsel Secara Otomatis
  8. Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Gairah (Libido)
  9. Cara Setting GPRS XL Via SMS Dan Manual
  10. Selamat Jalan Gus Dur, Kiai, Cendekiawan, Politisi, dan Guru Bangsa
  1. 23-12-2011 at 04:50 | #1

    Saya juga lg nyari refrensi buat hosting ni mas,
    Ditunggu ya review hosting barunya, spa tau cocok.. :)

    Reply

  2. 31-12-2011 at 22:10 | #2

    Wah kelanjutanya mana bang jadi penasaran, ingin tahu pakek host MWN

    Reply

  3. 23-1-2012 at 22:22 | #3

    Apa nggak lebih baik pakai hostgator baby plane, gan
    kan bisa samapi 20RB UV

    Reply

  4. 6-2-2012 at 16:00 | #4

    post yg ini lanjutannya mana dimana mas?
    lumayan nih, kalo2 harus pindah hosting..
    mungkin bisa dibahas juga transfer domain?
    (atau udh pernah dibahas dan gw terlewat? ) :D


    Wah saya yg kelewatan kelupaan belum dibuatin postingan lanjutannya heee …. maklum kalau sudah berkeluarga dg 1 Istri dan 4 anak plus aktifitas padet banget di masyarakat (termasuk sabtu minggu) tiap bulan juga harus bolak balik Jakarta – Jogja, jadi kadang2 postingannya suka angot2an heeee .. tapi saya janji akan saya terusin walau tidak dalam waktu dekat …

    Reply

  5. 4-8-2012 at 23:33 | #5

    Menarik infornya. Mas Alwi..boleh tahu yang di mwn paket yang mana. Ketika traffic tinggi memang hosting jadi crusial bagi web2 yang belum monetize.

    Reply

  6. 12-9-2012 at 09:06 | #6

    wah… mana nih kelanjutannya??

    Reply

  7. 31-10-2012 at 16:11 | #7

    Di tunggu mas postingan tentang hosting di MWN nya :D

    Reply

  8. 19-12-2012 at 08:52 | #8

    Sama nih hosting sy jg lagi sering bermasalah, lg cari2 referensi buat pindah hosting. Klo pindah hosting kira2 ada pengaruhnya gk terhadapa serp?

    Reply

  9. 12-2-2013 at 15:02 | #9

    Wow mantap visitornya, lebih mantap lagi infonya, makasih mAs, dimana yah link pembahasan tentang MWN-nya?

    Reply

  10. 10-5-2013 at 22:22 | #10

    sangat bermanfaat sekali

    Reply

Comment pages
3+7=? (Wajib diisi)