Home » Google » Info » Google Perbarui Algoritma Hasil Pencariannya

Google Perbarui Algoritma Hasil Pencariannya

5 Nov. 201125 comments
Google Perbarui Algoritma Hasil Pencariannya
Google CaffeineAlgoritma pencarian terbaru dari Google. Dulu saya pernah membuat postingan tentang Google Caffeine Search Engine, yaitu algoritma baru yang digunakan Google dalam menentukan hasil pencarian di mesin pencarinya. Hasilnya Caffeine telah memberikan hasil pencarian yang lebih banyak dan jauh lebih baik. Konten yang ditampilkan juga jauh lebih baik. Dengan memasukkan kata kunci yang dicari, Google akan mengeluarkan lebih banyak hasil pencarian dibandingkan dengan engine yang lama.

Sebelumnya, sistem index Google diambil dengan mengambil bagian-bagian kecil dari web setiap harinya, meng-index-kannya untuk kemudian memunculkan ke dalam hasil pencarian. Dengan Caffeine, Google menjelajahi seluruh web dan menemukan informasi baru, untuk kemudian di-index-kan sesegera mungkin.

Caffeine ini mulai digunakan Google sekitar bulan Juni 2010 dan menghasilkan web indexing yang lebih baik dan lebih baru (menampilkan hasil pencarian yang lebih baru sekitar 50 persen) dibandingkan index Google sebelumnya.

Sekitar bulan Pebruari 2011, Google kembali memperbaharui algoritma hasil pencariannya (Google Panda) dengan lebih memprioritaskan konten yang orisinal, memiliki analisis mendalam dan punya manfaat tinggi untuk user untuk tampil di deretan atas hasil pencarianya, dan mulai membendung serta menyingkirkan keberadaan situs yang dinilai berkualitas rendah yaitu halaman-halaman situs yang hanya mempunyai sedikit konten dan malah membawa user ke halaman yang tidak penting, junk, spam dan lain-lain untuk tampil di deretan atas hasil pencariannya.

Kini Google kembali memperbaharui algoritma hasil pencariannya dengan menampilkan hasil yang lebih up to date. Salah satu karyawan Google, Amit Singhal dalam postingan blognya menyebutkan pembaruan algoritma ini dilakukan mengingat begitu pentingnya kecepatan penyampaian informasi di zaman sekarang ini.

Dengan algoritma baru ini, Google akan memprioritaskan hasil pencarian dari sumber-sumber¬†terbaru soal peristiwa terkini dan akan memberikan dampak sekitar 35 persen lebih baik dari system yang lama dan betul-betul akan memberikan hasil pencarian yang lebih up-to-date dan relevan untuk konteks kekinian. Misalnya ketika anda mengetikkan keyword atau kata kunci “moto gp” walau tanpa embel-embel 2011 (moto gp 2011), maka yang akan ditampilkan adalah hasil terbaru dari ajang balap kuda besi tersebut, misalnya : 19 minutes ago – motogp.com ¬∑ Stoner powers to Valencia victory. Contoh lain ketika kita mengetikkan kata kunci “olympics” maka yang akan ditampilkan adalah olympics London 2012.

Dengan model algoritma seperti itu biasanya yang merajai hasil deretan paling atas pada hasil pencarian Google adalah web-web yang selalu up to date macam portal berita. Lantas bagaimana dengan web atau blog yang jarang diupdate? yaa siap-siap aja turun peringkatnya, walau tidak selamanya seperti itu karena dalam konteks tertentu Google masih akan memberikan peringkat yang bagus kepada hal-hal yang masih banyak dicari dan dibutuhkan oleh pencari informasi walau itu kontent lama.

Referensi :
Official Google Blog

Mudah-mudahan artikel tentang Google Perbarui Algoritma Hasil Pencariannya ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Pasang Google Adsense Di Tengah Postingan Tanpa Plugin
  2. Google Gunakan Sistem Index Baru
  3. Alwi ‘s Blog Mendapatkan Sitelinks
  4. Download Edisi Baru Google SEO Starter Guide 2010
  5. Google Memperkenalkan Format Video WebM
  6. Google Me, Layanan Jejaring Sosial Dari Google
  7. Mengoptimalkan Kinerja Situs Web/Blog
  8. Gajian Pertamaku Dari Google Adsense
  9. Glosarium (Daftar Istilah) Dalam Google Adsense
  10. Animasi Google Earth Day 2011
  1. 10-11-2011 at 06:56 | #1

    wah makin susah aja nich mbah google. . .

    Reply

  2. 10-11-2011 at 09:49 | #2

    Para software enginer di google memang mantab !

    Reply

  3. 10-11-2011 at 13:54 | #3

    tuh bener, kejadian deh, blog aming-ma turun peringkat euy…

    Reply

  4. 11-11-2011 at 09:04 | #4

    Ternyata algoritma semacam ini dapat membuat web yang jarang diupdate turun peringkatnya

    Reply

  5. 13-11-2011 at 22:56 | #5

    wah,SEO on page dong sekarang mainnya om?

    Reply

  6. 20-11-2011 at 18:08 | #6

    meskipun jadi susah mau main seo… ada 2 manfaat bagi saya:

    1. makin semangat bikin konten orisinil yg high quality…

    2. junker2 google jadi lenyap –> sangat membantu kalo cari tugas kuliah.

    Yg masih kuliah, ingat jaman2nya cari tugas kuliah, terus yang keluah JEV*SKA? haha… saya kesel banget sama blog itu. mending kalo AGC, ada kontennya. Tapi dia AGC, cuma ngulangi hasil pencarian google…

    untunglah google udah pinter sekarang. Dah plihara panda. Haha..

    Reply

  7. 3-3-2012 at 17:10 | #7

    aku sempat ngalamin postingan terakhir yg deindex atau indexnya lama hampir dua-tiga hari., apa itu pengaruh dari rehabilitasi system pencarian google ya.,? :D tapi sekarang dah normal lagi seperti biasa dalam hitungan detik langsung di index.,

    Reply

  8. 5-10-2012 at 21:05 | #8

    knpa ya gan web ane ga ke index sama goegle..?mala ke index oleh sosbook bkan goegle…gmna cara agar website kita ke index oleh goegle..?cara yang lebih efektif gtu…makasih gan sebelum nya…

    Reply

  9. 7-5-2013 at 17:39 | #9

    terima kasih bagus artiketnya. ternyata content mesti diupdate terus ya

    Reply

  10. 10-5-2013 at 06:00 | #10

    terimakasih informasinya sangat membantu sekali…

    Reply

Comment pages
5+9=? (Wajib diisi)