Home » Info » Cara Mendeteksi Pembohong di Sekitar Anda

Cara Mendeteksi Pembohong di Sekitar Anda

14 Apr. 201072 comments
Cara Mendeteksi Pembohong di Sekitar Anda

Berbohong merupakan salah satu perilaku tak baik yang paling umum dilakukan oleh semua orang baik orang tua atau anak muda, bahkan anak kecilpun bisa berbohong. Terkadang sebagian orang menutupi kebiasaan berbohong itu dengan alasan mereka berbohong putih alias berbohong demi kebaikan.

Dalam percintaan, kehidupan bisnis, politik dan kehidupan sehari-hari, sangat penting sekali untuk dapat mengidentifikasi perbedaan antara kebohongan dan kejujuran. Sebenarnya, sangat sulit untuk mengetahui apakah seseorang itu berbohong atau tidak. Beberapa orang bisa berbohong dengan amat mudah seperti mereka mengatakan hal sebenarnya.

Namun, anda harus mampu memahami apakah seseorang yang berbicara dengan anda itu berbohong atau tidak. Kalau tidak, anda akan mudah ditipu oleh orang lain. Satu masalahnya adalah bagaimana cara anda tahu mereka berbohong atau tidak?

Dari semua perilaku manusia, mungkin berbohong adalah salah satu yang sulit dideteksi. Namun, ada beberapa hal yang dapat membantu anda  cara mendeteksi ketika seseorang berbohong, antara lain:

  1. Gugup. Berbohong memiliki gejala yang hampir sama dengan ketegangan. Dalam berbagai situasi ketika kita berniat untuk berbohong, kita dapat merasa gugup, saat mencoba menutupi kesalahan. Cara mudahnya yaitu mengetahui sifat dasar seseorang kemudian mengetahui perbedaannya. Jika seseorang biasanya terlihat santai, kemudian tiba-tiba sering berkedip dan melakukan gerakan mata yang tidak biasa, menjilat lidah dan menyentuh wajah dapat dijadikan ciri-ciri seseorang sedang berbohong.
  2. Perhatikan bahasa tubuh. Amati bahasa tubuh gestur yang tampak menutupi bagian tertentu dari wajah atau tubuh. Menyentuh hidung merupakan ciri khas dari gejala ketegangan. Saat Bill Clinton bersaksi di depan juri mengenai hubungannya dengan Monica Lewinsky, tubuhnya secara alami melakukan bahasa tubuh yang normal ketika menjawab dengan benar. Namun, ketika dia dipaksa lebih jauh mengenai hal itu, dia tampak menyentuh hidungnya setiap empat menit. Totalnya, sekitar 26 kali.
  3. Gelisah berlebihan. Perhatikan jika seseorang yang anda curigai berbohong, menggaruk atau menggesek pakaiannya. Jika anda tengah berbohong dan ingin menutupinya, kontrol pandangan anda dan tempatkan tangan anda dengan tenang tanpa terlihat tidak alami.
  4. Senyum berlebihan. Di samping dari tampilan menyeringai khas pembohong, studi menemukan orang tersenyum lebih banyak ketika mereka mengatakan yang sebenarnya.
  5. Percaya pada naluri anda. Seringkali kita bisa mendeteksi seseorang berbohong secara intuisi dibandingkan secara ilmiah. Mungkin benar jika pepatah kuno mengatakan, jika anda mencurigai seseorang berbohong, mungkin anda benar.
  6. Anda akan melihat bahwa orang yang berbicara pada anda menghindari kontak mata. Matanya akan lebih sering berkedip atau berputar ke arah lain. Hal ini mengindikasikan kondisi mental yang tidak nyaman.
  7. Orang itu menunjukkan kebingungan saat berbicara. Saat dia berbohong, dia akan memikirkan tentang kesalahannya pada waktu yang sama. Hal ini akan mengganggu perhatiannya dalam percakapan tersebut.
  8. Seorang pembohong sering kali bicara dengan sangat cepat atau dalam kalimat-kalimat pendek. Dia mencoba untuk menyudahi situasi itu secepat mungkin.
  9. Jika anda mengawasi bahasa tubuh pembohong dengan cermat, anda akan melihat bahwa bahasa tubuhnya seperti bentuk proteksi diri. Orang itu mencoba untuk melindungi diri sendiri dengan tindakan tertentu seperti mundur ke belakang, menyilangkan lengannya, atau meremas tangan.
  10. Pembohong berpura-pura kebingungan dalam percakapan. Dia menciptakan kebingungan tersebut sehingga dia bisa mendengar pendapat orang lain dan menyetujui mereka.
  11. Kadang kala, pembohong menunjukkan perilaku yang berkebalikan. Dia ingin berkata tidak tapi dia menganggukkan kepalanya.
  12. Biasanya, pembohong tidak siap untuk mengatakan kebohongan tersebut. Saat dia berbohong mengenai sesuatu, hal itu tidak direncanakan sebelumnya. Karena itu, jika anda menanyakan sesuatu tentang detailnya, maka dia tidak akan mampu menjawab pertanyaan anda dengan tepat. Dia akan kebingungan dan kehilangan konsistensi percakapannya.
  13. Tawa yang berlebihan dan rasa setia kawan berlebihan bisa menjadi tanda penting kebohongan. Pembohong itu ingin berpura-pura menunjukkan bahwa dia adalah teman anda, sehingga anda akan mulai mempercayainya.
  14. Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan anda untuk menentukan apakah seseorang berbohong atau tidak adalah dengan mendengarkan dengan baik. Jika anda mendengarkan dengan baik apa yang dikatakannya, maka anda dapat dengan mudah menemukan ketidak konsistenan dalam pembicaraannya. Inilah salah satu cara efektif untuk mengetahui apakah mereka berbohong atau tidak.
  15. Juga terlihat jelas apabila seseorang mengatakan kebohongan, dia cenderung akan memberikan penjelasan yang tidak penting. Dia akan memberi terlalu banyak detail tentang situasinya.
  16. Saat pembohong mengetahui bahwa pendengarnya tahu akan kebohongannya, dia akan segera merasa tersinggung. Hal yang sama terjadi dalam kasus percakapan melalui telepon. Orang yang berbohong cenderung menutup telepon atau cepat-cepat mengubah topiknya.

Dengan mengetahui tanda-tanda ini, mudah-mudahan anda akan dengan mudah memahami apakah seseorang berbohong atau tidak dan melindungi diri anda agar terhindar dari tipuan atau mungkin rayuan gombalnya, semoga bermanfaat. Referensi : kapanlagi.com, republika.co.id.

Mudah-mudahan artikel tentang Cara Mendeteksi Pembohong di Sekitar Anda ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Firefox 4 beta akan dirilis bulan Juni
  2. Tips Agar Berbelanja Bisa Lebih Hemat
  3. Michelle Phan, Video Blogger Cantik Kaya Raya
  4. Video Erotis ‘Beracun’ Coba Pikat Facebooker
  5. Bing Maps Tantang Google Maps
  6. Alamat Palsu : Ayu Ting Ting
  7. Google Weddings, Situs Khusus Para Calon Pengantin
  8. Komentar Blog Terpanjang Di Dunia
  9. Mengenalkan Dua Bahasa Sejak Bayi Dalam Kandungan
  10. Download Firefox 4 Beta 1
  1. 14-4-2010 at 06:05 | #1

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Saya bukan pembohong

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Alhamdulillah,.. mudah2an saya juga tidak tegolong didalamnya kang.

    Reply

    alamendah Reply:

    betul, saya bukan pembohong

    Reply

    Amink Reply:

    masa sih,….

    :evil:
    :cool:

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    saya juga insya Allah tidak termasuk di golongan itu

  2. 14-4-2010 at 06:09 | #2

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Makanya kurang tahu ciri2 pembohong

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Emang ternyata banyak banget ciri2nya yah Kang

    Reply

    alamendah Reply:

    betu; saya kurang tahu ciri2 pembohong

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    banyak juga ya ciri-cirinya

    Reply

    kompunetsa Reply:

    berbohong hrs pandaui biar ga ketahuan :p

  3. 14-4-2010 at 06:10 | #3

    (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    lumayanlah di sini diberi tahu

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Harus berterima kasih sama kang Alwi nih…

    Reply

    alamendah Reply:

    betul, di sini saya jadi tahu

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    jadi tau nih…..

    Reply

  4. 14-4-2010 at 06:11 | #4

    (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    tentunya oleh Kang Alwi yang baik hati

    Reply

    alamendah Reply:

    betu, kang alwi emang baik

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    apalagi kasih tau cara mendeteksi kebohongan

    Reply

  5. 14-4-2010 at 06:13 | #5

    (maaf) izin mengamankan KELIMAAXXXZZZZ dulu. Boleh kan?!
    Sekarang tentunya bisa lebih hati-hati

    Reply

    alamendah Reply:

    betul, sekarang musti hati2

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    bener mas,harus hati-hati..kalo ga mau ditipu

    Reply

  6. 14-4-2010 at 06:52 | #6

    orang yang bohong tidak akan pernah tenang dalam kehidupannya
    dia akan selalu merasa gelisah

    selamat pagi, selamat beraktifitas

    salam dari pamekasan madura

    Reply

    citromduro Reply:

    tapi bukan suaut masalah besar nantinya kalau kita yang dibohongi selama kita tidak membohongi orang lain terutama pada diri sendiri

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    tapi kalo ada barang kita yg dicuri,terus ada org dapet barang yg serupa kayak barang kita yg dicuri,trus memang beneran itu barang kita,kita mau apa??

    Reply

  7. 14-4-2010 at 07:25 | #7

    menarik ulasannya Mas …
    Istri saya ikut baca neh .. ikut nambahain katanya lihat juga matanya, jika sering memalingkan maka ada gejala berbohong juga :)
    Trims mas atas artikelnya yang bermanfaat ini.
    Salam :)

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    salam juga mas

    Reply

  8. 14-4-2010 at 08:37 | #8

    duwh.. mesti hati2 kaLo mau berbohong nih.. .
    mesti nambah pengaLaman bohong… :lol:

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    harus hati-hati mas kalo mau bohong

    Reply

  9. 14-4-2010 at 09:03 | #9

    terkadang ada orang yang pintar dalam berbohong,
    dia tidak gugup, tidak gelisah, cukup tenang dalam mengungkapkan kata2,
    tapi munurut para ahli, perhatikan arah bola mata ketika dia hendak mengungkapkan kata, ke arah kiri atau kanan,

    cuma saya lupa kearah mana bola mata jika dia berbicara bohong atau tidak… ada yg tau??

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    ya mas,tapi ada juga yang pernah digebrak sama saya langsung nyerah

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    kalo dari bola mata sih,ga kelihatan bohong (kayanya kelas kakap juga)

    Reply

  10. 14-4-2010 at 10:10 | #10

    gimana toh Mas Amink…?? kok sampai lupa sich….???

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    namanya juga manusia,mas

    Reply

Comment pages
1 2 3 5 1809
1+6=? (Wajib diisi)