Home » Google » Javascript » Yuri Alekseyevich Gagarin

Yuri Alekseyevich Gagarin

12 Apr. 201116 comments
Yuri Alekseyevich Gagarin

Seperti biasanya ketika ada moment yang bersejarah, Google ikut merayakannya. Hari ini bertepatan dengan peringatan 50 tahun manusia pertama yang berhasil mengorbit di antariksa selama 108 menit, yaitu Yuri Alekseyevich Gagarin asal Rusia, Googlepun turut merayakannya.

Lambang Google yang berbeda itu menampilkan logo huruf ‘O’ pertama yang diganti dengan kepala astronot dan ‘O’ kedua berupa miniatur Bumi dengan warna merah bata.

Selain itu, tampak grafis sorotan cahaya dari huruf ‘O’ tersebut berwarna kuning. Yang menarik, tampak lima tanda X (Angka Romawi yang berarti 10) sebagai tanda 50 tahun jejak Yuri Gagarin berhasil terbang selama 108 menit ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1.

Perubahan logo Google tersebut berhasil saya abadikan di blog ini secara utuh dan lengkap dengan efek roket Vostok 1 yang tinggal landas (mengudara) saat logo Google tersebut dihover. Untuk mengulanginya silahkan tekan F5 (refresh) dan gerakkan kursor mouse ke area gambar logo Google (hover). Anda juga bisa berselancar memanfaatkan Google tanpa beranjak/meninggalkan halaman ini. Selamat menikmati hidangan ala kadarnya ini, semoga berkenan di hati.

Yuri Alekseyevich Gagarin (aksara Sirilik: Юрий Алексеевич Гагарин; Alihaksara ISO: Ûrij Alekseevič Gagarin), 9 Maret 1934 – 27 Maret 1968) adalah seorang kosmonot Uni Soviet. Pada tanggal 12 April 1961, Gagarin merupakan manusia pertama yang terbang selama 108 menit ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1. Ia menerima banyak penghargaan dan medali kehormatan, termasuk medali “Hero of the Soviet Union”. Yuri Gagarin kemudian menjadi Deputi Direktur Pelatihan di Pusat Pelatihan Kosmonot di luar kota Moskow. Untuk menghormati jasanya, tempat pelatihan ini kemudian dinamakan dengan namanya. Ia meninggal ketika sedang melakukan latihan dengan pesawat MiG-15 dekat Moskwa, pada 27 November 1968. Berdasarkan laporan komisi Rusia yang ditandatangani oleh Presiden Rusia saat itu, Leonid Brezhnev, penyebab kematian Yuri Gagarin karena pesawatnya terlalu tajam saat bermanuver menghindari sebuah balon cuaca.

Perjalanan hidup

Yuri Gagarin dilahirkan di sebuah desa bernama Klushino dekat Gzhatsk (sekarang berada di wilayah Smolensk Oblast, Russia), pada tanggal 9 Maret 1934. Yuri merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Ayahnya adalah seorang tukang kayu hingga Yuri berumur 7 tahun, kemudian ayahnya bergabung dengan angkatan bersenjata. Pada masa SMA, Yuri memilih untuk belajar sebagai teknisi di sebuah sekolah kejuruan teknik di Saratov. Pada tahun 1955, setelah menyelesaikan sekolah tekniknya, ia terdaftar sebagai murid di sekolah penerbangan Orenburg. Selepas dari sekolah penerbangan, Yuri mendaftar di Akademi Angkatan Udara Soviet. Yuri lulus dari Akademi Angkatan Udara Soviet pada tahun 1957 dan bergabung dengan korps kosmonot pada tahun 1960.

Referensi :

http://www.google.co.id (gambar dan javascript)
http://id.wikipedia.org/wiki/Yuri_Alekseyevich_Gagarin
http://teknologi.inilah.com/read/detail/1409682/google-rayakan-jejak-pertama-manusia-di-antariksa

Mudah-mudahan artikel tentang Yuri Alekseyevich Gagarin ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Glosarium (Daftar Istilah) Dalam Google Adsense
  2. Mendapatkan Kiriman PIN Google Adsense
  3. Google Peringati Hari Bumi
  4. Google Gunakan Sistem Index Baru
  5. Google Me, Layanan Jejaring Sosial Dari Google
  6. Perpindahan AdSense untuk Penelusuran Seluler ke AdSense untuk Konten
  7. Google Adsense Sudah Support Bahasa Indonesia
  8. Google Doodle Art Clokey’s 90th Birthday Animation
  9. Fitur Baru Halaman Pencarian Google
  10. Google Webmaster Tools : HTML Suggestions
  1. 28-4-2011 at 15:03 | #1

    Keren euy, jadi klasik gitu tampilannya

    Reply

  2. 6-5-2011 at 10:41 | #2

    yaa…. kreativitas Google perlu di acungi jempol gan!

    Reply

  3. 13-3-2014 at 17:11 | #3

    Google memang selalu kreatif dan menghargai prestasi seseorang :)

    Reply

Comment pages
1 22310
1+7=? (Wajib diisi)