Home » Info » Yahoo Indonesia Bikin Konten Sendiri

Yahoo Indonesia Bikin Konten Sendiri

9 Apr. 201081 comments
Yahoo Indonesia Bikin Konten Sendiri

Kalau pada postingan sebelumnya Lima Puluh Blog Paling Berpengaruh di Dunia, di salah satu paragraph saya tulis bahwa Blog bisa dijadikan sebagai media pembelajaran, e-learning dan ikut berperan untuk mencerdaskan suatu bangsa. Aku NgeBlog Maka Aku Keren !, dan banyak manfaat yang bisa diperoleh. Bahkan kini perusahaan-perusahaan besar mulai melirik blog sebagai alat pemasaran. Statemen itu kini mulai mendekati kebenaran.

Ada kabar gembira untuk para blogger lokal, yakni Yahoo Indonesia akan membuat Konten Sendiri dengan melibatkan atau bekerja sama dengan para blogger lokal, kendati peresmian kantor cabang resmi Yahoo di Indonesia terus diundur. Hal itu diungkapkan oleh Budi Putra, Country Editor Yahoo Indonesia, pada acara jumpa pers Yahoo di restauran Kembang Goela Jakarta, Kamis 8 April 2010 seperti yang saya baca di Yahoo News dan VIVAnews.

“Blogger adalah stakeholder yang penting. Indonesia kini telah menjadi ‘Republik Blogger‘. Yahoo akan menyediakan konten orisinal dengan melibatkan blogger Indonesia,” ujar Budi Putra, yang juga dikenal sebagai blogger senior Indonesia itu.

Menurut Budi, selama ini Yahoo telah bekerja sama dengan mitra media lokal, menjadi agregat konten berita khas Indonesia. Oleh karenanya, Yahoo tak ingin memproduksi konten berita lokal, yang mana bisa menyaingi konten-konten berita dari mitra media mereka.

“Kami tidak ingin head to head dengan media partner kami, oleh karenanya kami menggandeng para blogger,” kata Budi. Memproduksi konten sendiri memang bukan hal yang baru bagi Yahoo. Yahoo memiliki website khusus bagi perempuan, Shine. Selain itu, Yahoo juga punya situs khusus olahraga, Rivals.com, situs seleb OMG, bahkan rencananya Yahoo juga bakal meluncurkan blog khusus politik.

Namun, rencana menggandeng blogger ini merupakan proyek pertama Yahoo dalam menyediakan sendiri konten berita berbahasa Indonesia. Sayangnya, Budi belum bersedia menjelaskan lebih jauh konsep konten seperti apa yang bakal digarap oleh para blogger.

Selain itu, Budi menjelaskan, Yahoo Indonesia juga bakal menyediakan situs khusus untuk Piala Dunia mendatang. Situs ini akan menyediakan konten-konten lokal terkait Piala Dunia, sebagaimana dulu Yahoo menyediakan situs khusus bagi Pemilu 2009.

Yahoo sendiri merupakan perusahaan internet yang sangat populer di Indonesia. Yahoo mengklaim sebagai pemimpin pasar dalam hal layanan surat elektronik dan pesan instan di Indonesia. Pada 2010, diperkirakan tak kurang dari 15 juta pengguna internet adalah pengguna layanan Yahoo.

Oleh karenanya, Yahoo masih terus mendorong kerjasama dengan mitra lokal mereka. Menurut Budi, Yahoo juga tengah menggarap proyek Single Sign-on bersama mitra media lokal mereka, sehingga saat membaca artikel berita di media itu, pembaca bisa berkomentar dan men-share berita itu ke jaringan Yahoo-nya, langsung dari portal berita itu.

Selain itu, Budi mengaku Yahoo Indonesia masih terus intens meneruskan kerjasama mereka dengan para developer Indonesia untuk menghadirkan konten-konten lokal lainnya.

Saat acara Yahoo Open Hack Day, di Jakarta, November tahun lalu, Developer Network Director Yahoo SEA, Michael Francis Smith Jr pernah menyatakan bahwa Yahoo tengah menyiapkan integrasi konten startup lokal di Yahoo, seperti Urbanesia.

Boleh jadi peluncuran kerjasama konten dengan mitra-mitra lokal lain juga akan menunggu peresmian kantor resmi mereka di Indonesia. “Pembukaan kantor resmi kami, akan kami ungkap dalam waktu dekat, ” kata Budi.

So, siapkah sobat-sobat semua khususnya para blogger untuk menyambut penawaran yang luar biasa ini?  Dengan dimuatnya konten hasil tulisan para blogger di Konten Yahoo ini membuktikan peran para blogger makin diakui eksistensinya. Dengan dimuatnya konten hasil tulisan para blogger maka ini akan menjadi jalan dan pintu kesuksesan untuk blogger tersebut ke depannya jika dilakukan secara konsisten. Ayo maju terus para blogger Indonesia dan tetap semangat. Referensi : Yahoo News, VIVAnews.

Mudah-mudahan artikel tentang Yahoo Indonesia Bikin Konten Sendiri ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Komentar Blog Terpanjang Di Dunia
  2. Ketoprak Paling Enak Di Pondok Labu Jakarta (Ketoprak Pak Toto)
  3. Cara Setting GPRS XL Via SMS Dan Manual
  4. Michelle Phan, Video Blogger Cantik Kaya Raya
  5. Cara Setting GPRS Telkomsel Secara Otomatis
  6. Tips Cara Berhenti Merokok
  7. Lima Puluh Blog Paling Berpengaruh di Dunia
  8. Microsoft Gantikan Window Live Space dengan WordPress
  9. Cara Mencegah Osteoporosis
  10. 20 Things I Learned About Browsers and the Web
  1. 8-6-2010 at 08:40 | #1

    mantab… ayo yahoo….

    Reply

  2. 10-6-2010 at 21:37 | #2

    keduaXx lagi kah gan

    Reply

  3. 14-9-2010 at 06:39 | #3

    ya donk, indonesia hrus bisa sendiri

    Reply

  4. 18-1-2011 at 08:06 | #4

    semakin mantap neh yahoo indonesia,

    Reply

    Hybrid car Reply:

    Enggak juga, kadang-kadang kelihatannya cuma copas…

    Reply

  5. 14-9-2011 at 13:43 | #5

    kern nih yahoo kembangin terus biar bagu…

    Reply

  6. 16-1-2014 at 19:24 | #6

    sekarang sudah ada pa belum ya

    Reply

Comment pages
1 2 3 41800
3+6=? (Wajib diisi)