Home » Wordpress » Update WordPress 3.2

Update WordPress 3.2

10 Jul. 201123 comments
Update WordPress 3.2

Update WordPress 3.2 sebenarnya sudah tersedia sejak tanggal 4 Juli yang lalu, karena berbagai kesibukan saya baru ada kesempatan untuk membuat postingannya saat ini. Untuk WordPress 3.2 ini dengan kode “Gershwin” didedikasikan untuk seorang composer dan pianis yang bernama George Gershwin.

Cukup banyak perubahan di dalam versi 3.2 ini, antara lain : halaman admin menggunakan tampilan baru yang lebih fresh dan tidak terlalu banyak grafis sehingga terasa lebih ringan diakses, default Theme menggunakan “Twenty Eleven“, ada fitur Full Screen Editor baik untuk mode visual atau HTML, sebelumnya hanya ada di mode visual. Kemudian ada beberapa penambahan fitur pada Admin Bar seperti Visit Site, add new > post, page, media, link dll, ada tambahan submenu theme di bawah menu Appearance dan masih banyak lagi.

Untuk WordPress 3.2 ini harus menggunakan PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0.15 atau yang lebih tinggi. Untuk keamanan yang berkaitan dengan browser yang digunakan juga telah ditambahkan di versi ini, yakni adanya sebuah notifikasi jika browser yang digunakan sudah kadaluwarsa bin usang bin jadul seperti ketika menggunakan IE 6, maka akan ada pesan bahwa IE 6 sudah tidak support (Drop Internet Explorer 6 support). Dan masih buuuuuaaannnyyyaaaak lagi fitur yang lainnya (saking banyaknya), silahkan dibaca-baca di sini : codex.wordpress.org/Version_3.2.

Untuk blog ini juga baru ada kesempatan untuk mengupdatenya (update total) ke versi terbaru kemarin sore. Di samping karena alasan banyak pekerjaan yang harus diselesaaikan juga karena ini adalah update total, maka ada beberapa file yang harus saya sesuaikan (oprek) terlebih dahulu (kurang lebih ada 10 buah file baik yang ada di root direktori, wp-admin dan wp-includes) sebelum diupload ke server hosting. Update manual yang biasa saya lakukan selalu sukses, entah kenapa untuk versi 3.2 ini sempat mengalami error terutama saat saya mau membuka halaman login alias tidak bisa login.

Akhirnya saya coba menonaktifkan semua plugin lewat sql database, namun hasilnya tetap sama saja. Saya coba perbaiki lewat Cpanel juga sami mawon. Karena kebetulan saya mau ada acara dan tidak ingin berlama-lama membiarkan blog ini dalam keadaan error, akhirnya saya pakai jurus pamungkas yang sangat gampang dan mudah yakni telpon admin hosting blog ini untuk membereskannya. Sejam kemudian setelah acara saya selesai, saya coba cek untuk login ternyata sudah bisa. Walhasil sekarang saya sudah bisa menikmati fitur-fitur baru yang ada di wordpress 3.2 ini, dan alhamdulillah semua plugin yang saya gunakan kompatible dengan versi terbaru ini.

Catatan :

  • Jika anda ingin update WordPress 3.2 ini,  jangan lupa tanyakan ke admin hosting apakah servernya sudah menggunakan PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0.15 atau yang lebih tinggi.
  • Jangan lupa untuk backup database WordPress anda.
  • Karena banyak sekali perubahan serta penambahan fitur-fitur baru di versi 3.2 ini yang kadang ada beberapa error di beberapa server tertentu baik karena perubahan versi baru atau karena tidak kompatible dengan beberapa plugin yang ada, maka jangan lupa backup juga file master wordpress anda yang ada di hosting untuk berjaga-jaga jika anda ingin kembali ke versi sebelumnya.
  • Jika ingin melakukan update jangan lupa nonaktifkan terlebih dahulu semua plugin yang digunakan.
  • Terakhir, jangan lupa berdoa semoga berhasil dan gak nemuin error heeee …
Mudah-mudahan artikel tentang Update WordPress 3.2 ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Memasang Widget Top Komentator
  2. WordPress 3.0 Siap Dirilis Mei 2010
  3. Update WordPress 3.1
  4. Update WordPress 3.3.1
  5. Upgrade Blog WP ke WordPress 2.8.2 (versi terbaru)
  6. Cara Membuat Daftar Isi di WordPress dengan Sitemap Generator
  7. Twenty Eleven, Theme Default WordPress 3.2
  8. Anti Spam Dengan Plugin Akismet
  9. Update WordPress 3.1.2
  10. WordPress 3.0 Release Candidate
  1. 11-7-2011 at 16:34 | #1

    belum sempeettt….
    thanks sarannya mas,
    *nelepun yg punya hosting…

    Reply

  2. 12-7-2011 at 02:12 | #2

    Saya sukses update secara manual lewat Filezilla. Saya cuma menimpa/mereplace satu per satu file maupun folder induk WP. Bahkan saya tidak menonaktifkan satu pun plugin yang saya gunakan selama proses update manual tersebut. Hasilnya, tidak ada error sama sekali dan tetap sukses.

    Cuma, saya juga melakukan revisi/editing beberapa file-nya. Termasuk juga untuk menutupi celah keamanan pada file tertentu. Ternyata WP 3.2 ini masih mengandung bug yang sama dengan versi sebelumnya. Contoh saja pada file wp-settings.php yang dikombinasikan dengan nama domain. Heran juga, kenapa pengembang WP membiarkan bug-bug yang sama seperti versi sebelumnya.
    ==================================
    Biasanya saya juga begitu, tanpa menonaktifkan plugin dan sukses, tapi entah kenapa kali ini sempat error padahal setelah saya aktifkan kembali plugin2 yg ada semuanya kompatible gak ada yg crash, berarti permasalahan bukan di plugin. Untuk bug memang nampaknya selalu ada di setiap versi, entahlah apakah ini sengaja dibiarkan supaya pemakai dituntut kreatif karena open source atau memang terlewat (tapi kayaknya gak mungkin mereka gak tahu hal ini) atau malah dianggap kurang penting (kalau menurut saya sich penting diperbaiki)

    Reply

    Nurul Imam Reply:

    Mungkin itu di karenakan agar kita dapat mempelajari CMS tersebut. Jadi kita jangan cuma asal make doank tanpa mengetahui seluk beluknya.

    Reply

  3. 12-7-2011 at 04:54 | #3

    Hehehhe Sami Mawon. Saya juga sempet error dikit karena bentrok dengan plugin yang belum saya matiin. Setelah di matiin lewat SQL alhamdulillah berjalan dengan lancar.

    Reply

  4. 13-7-2011 at 05:28 | #4

    Baru aja Upgrade kemarin lusa ke 3.2 eh tadi pagi udah nongol lagi yang 3.2.1 ada apa dengan WordPress??

    apakah seperti yang 3.1 dulu yg begitu cepat melakukan upgrade

    Reply

  5. 13-7-2011 at 11:53 | #5

    makasih banyak y kawan Info nya dah share…
    sangt bermanfaat buat saya…

    Reply

  6. 18-7-2011 at 13:54 | #6

    Punya saya sampai sekarang masih saya diamkan error bung alwi…:(

    Reply

  7. 28-7-2011 at 06:17 | #7

    Wah terimakasih mas saya masih pikir pikir karena pernah nyoba pada blog lain eror…

    Reply

  8. 11-9-2011 at 12:24 | #8

    punya saya tiap kali mau update plugin kada error pada pllugin2 tertentu gan.:((

    Reply

  9. 31-5-2012 at 22:03 | #9

    Sekarang yang terakhr updatean berapa mas?

    Reply

  10. 31-5-2012 at 22:03 | #10

    Udah lebih dari 3.2yah sekarang?

    Reply

Comment pages
1+5=? (Wajib diisi)