Home » Wordpress » Update WordPress 3.2

Update WordPress 3.2

10 Jul. 201123 comments
Update WordPress 3.2

Update WordPress 3.2 sebenarnya sudah tersedia sejak tanggal 4 Juli yang lalu, karena berbagai kesibukan saya baru ada kesempatan untuk membuat postingannya saat ini. Untuk WordPress 3.2 ini dengan kode “Gershwin” didedikasikan untuk seorang composer dan pianis yang bernama George Gershwin.

Cukup banyak perubahan di dalam versi 3.2 ini, antara lain : halaman admin menggunakan tampilan baru yang lebih fresh dan tidak terlalu banyak grafis sehingga terasa lebih ringan diakses, default Theme menggunakan “Twenty Eleven“, ada fitur Full Screen Editor baik untuk mode visual atau HTML, sebelumnya hanya ada di mode visual. Kemudian ada beberapa penambahan fitur pada Admin Bar seperti Visit Site, add new > post, page, media, link dll, ada tambahan submenu theme di bawah menu Appearance dan masih banyak lagi.

Untuk WordPress 3.2 ini harus menggunakan PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0.15 atau yang lebih tinggi. Untuk keamanan yang berkaitan dengan browser yang digunakan juga telah ditambahkan di versi ini, yakni adanya sebuah notifikasi jika browser yang digunakan sudah kadaluwarsa bin usang bin jadul seperti ketika menggunakan IE 6, maka akan ada pesan bahwa IE 6 sudah tidak support (Drop Internet Explorer 6 support). Dan masih buuuuuaaannnyyyaaaak lagi fitur yang lainnya (saking banyaknya), silahkan dibaca-baca di sini : codex.wordpress.org/Version_3.2.

Untuk blog ini juga baru ada kesempatan untuk mengupdatenya (update total) ke versi terbaru kemarin sore. Di samping karena alasan banyak pekerjaan yang harus diselesaaikan juga karena ini adalah update total, maka ada beberapa file yang harus saya sesuaikan (oprek) terlebih dahulu (kurang lebih ada 10 buah file baik yang ada di root direktori, wp-admin dan wp-includes) sebelum diupload ke server hosting. Update manual yang biasa saya lakukan selalu sukses, entah kenapa untuk versi 3.2 ini sempat mengalami error terutama saat saya mau membuka halaman login alias tidak bisa login.

Akhirnya saya coba menonaktifkan semua plugin lewat sql database, namun hasilnya tetap sama saja. Saya coba perbaiki lewat Cpanel juga sami mawon. Karena kebetulan saya mau ada acara dan tidak ingin berlama-lama membiarkan blog ini dalam keadaan error, akhirnya saya pakai jurus pamungkas yang sangat gampang dan mudah yakni telpon admin hosting blog ini untuk membereskannya. Sejam kemudian setelah acara saya selesai, saya coba cek untuk login ternyata sudah bisa. Walhasil sekarang saya sudah bisa menikmati fitur-fitur baru yang ada di wordpress 3.2 ini, dan alhamdulillah semua plugin yang saya gunakan kompatible dengan versi terbaru ini.

Catatan :

  • Jika anda ingin update WordPress 3.2 ini,  jangan lupa tanyakan ke admin hosting apakah servernya sudah menggunakan PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0.15 atau yang lebih tinggi.
  • Jangan lupa untuk backup database WordPress anda.
  • Karena banyak sekali perubahan serta penambahan fitur-fitur baru di versi 3.2 ini yang kadang ada beberapa error di beberapa server tertentu baik karena perubahan versi baru atau karena tidak kompatible dengan beberapa plugin yang ada, maka jangan lupa backup juga file master wordpress anda yang ada di hosting untuk berjaga-jaga jika anda ingin kembali ke versi sebelumnya.
  • Jika ingin melakukan update jangan lupa nonaktifkan terlebih dahulu semua plugin yang digunakan.
  • Terakhir, jangan lupa berdoa semoga berhasil dan gak nemuin error heeee …
Mudah-mudahan artikel tentang Update WordPress 3.2 ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Membuat Daftar Isi Di WordPress.com
  2. Cara Membuat Halaman Maintenance dengan .htaccess
  3. Cara Mengembalikan Postingan Yang Hilang, Terhapus, Rusak Dll
  4. WordPress 2.9.1 is available! Please update now
  5. Free WordPress Theme Mobile
  6. Upgrade WordPress 3.0 Final
  7. Cara Membuat Daftar Isi di WordPress dengan Sitemap Generator
  8. WordPress 3.0 Siap Dirilis Mei 2010
  9. Download WordPress 3.0.1
  10. Upgrade Blog WP ke WordPress 2.8.2 (versi terbaru)
  1. 10-7-2011 at 18:22 | #1

    ah…wordpress bikin cape..karena sistemnya update bukan versi..kl drupal itu versi..
    wp benar2 bikin cape..gua tungguin aja..males ngapdate,paling bulan depan ada lagi tuh tingkahnya..bagus sih phpnya di update..tpi dah males aja mendingan nungguin lagi aja deh,,ntar juga muncul lagi..

    —————————————————————–
    Ya begitulah wordpress heeee … karena dia open source dan makin populer jadi banyak yg develop habis itu jika ditemukan ada bug dan ketemu solusinya biasanya update lagi Update lagi, mungkin begini ini yang sering bikin repot penggunanya. Inilah kelebihan wordpress sekaligus kekurangannya, dengan adanya update ini berarti ada temuan/masalah/bug yang perlu diperbaiki supaya kinerjanya semakin powerfull dan aman. Kekurangannya yaaa jadi bikin capek penggunanya untuk melakukan update apalagi jika wordpress yg digunakan sudah dicustom spt punya saya ini (termasuk punya Bang Hendro), walhasil kalau mau update harus dicustom dulu secara manual satu persatu sebelum diupload ke server. Tapi secara keseluruhan saya masih suka pakai wordpress

    Reply

  2. 10-7-2011 at 21:35 | #2

    kalau aku masih takut mas mau update blogku yang wp memakai versi 3.0 soalnya dulu juga baru belajar dan belum diotak-atik lagi sejak install. jadi kalau mau upgrade, plugins dan hosting yang kita gunakan harus sudah support juga ya.

    terima kasih untuk infonya.

    Reply

  3. 10-7-2011 at 22:06 | #3

    terimakasih mas, alhamdulillah sudah berhasil upgrade dan gak ada masalah,ada masalah sedikit sama SQL-nya dan alhamdulillah juga sudah bisa diatasi,ternyata banyak perubahan di WP 3.2 ini,jadi semakin cinta sama WordPress

    Reply

  4. 10-7-2011 at 22:07 | #4

    Alhamdulillah Kang punya saya juga sudah diupgrade. Tapi metrolisa belum.

    Reply

  5. 10-7-2011 at 22:32 | #5

    alhamdulillah punya saya juga update
    tapi yang namanya domain baru terbabat habis

    Reply

  6. 10-7-2011 at 22:34 | #6

    he..he… mozilla saya juga diminta update mas
    tapi belum

    Reply

  7. 10-7-2011 at 23:29 | #7

    Master, ijin mencantumkan blog nya disini :
    hxxp://saveblogger.com/top-blog-tutorial-wordpress-indonesia/

    Reply

  8. 11-7-2011 at 08:24 | #8

    kemaren abis tau update, blogku juga langsung aku update.. bener om. langsung bikin fress karena tampilan dashboardnya baru..hihi

    Reply

  9. 11-7-2011 at 09:19 | #9

    nice Post thanks y dah share Info nya…
    salam kenal y kawan

    Reply

  10. 11-7-2011 at 10:06 | #10

    saya suka Dashboard yang baru, lebih catchy gimanaa gitu..
    kaLo saya yang diedit cuma yg berhubungan dengan STT2…

    Reply

Comment pages
1 2 3 2423
2+5=? (Wajib diisi)