Home » Wordpress » Update WordPress 3.2

Update WordPress 3.2

10 Jul. 201123 comments
Update WordPress 3.2

Update WordPress 3.2 sebenarnya sudah tersedia sejak tanggal 4 Juli yang lalu, karena berbagai kesibukan saya baru ada kesempatan untuk membuat postingannya saat ini. Untuk WordPress 3.2 ini dengan kode “Gershwin” didedikasikan untuk seorang composer dan pianis yang bernama George Gershwin.

Cukup banyak perubahan di dalam versi 3.2 ini, antara lain : halaman admin menggunakan tampilan baru yang lebih fresh dan tidak terlalu banyak grafis sehingga terasa lebih ringan diakses, default Theme menggunakan “Twenty Eleven“, ada fitur Full Screen Editor baik untuk mode visual atau HTML, sebelumnya hanya ada di mode visual. Kemudian ada beberapa penambahan fitur pada Admin Bar seperti Visit Site, add new > post, page, media, link dll, ada tambahan submenu theme di bawah menu Appearance dan masih banyak lagi.

Untuk WordPress 3.2 ini harus menggunakan PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0.15 atau yang lebih tinggi. Untuk keamanan yang berkaitan dengan browser yang digunakan juga telah ditambahkan di versi ini, yakni adanya sebuah notifikasi jika browser yang digunakan sudah kadaluwarsa bin usang bin jadul seperti ketika menggunakan IE 6, maka akan ada pesan bahwa IE 6 sudah tidak support (Drop Internet Explorer 6 support). Dan masih buuuuuaaannnyyyaaaak lagi fitur yang lainnya (saking banyaknya), silahkan dibaca-baca di sini : codex.wordpress.org/Version_3.2.

Untuk blog ini juga baru ada kesempatan untuk mengupdatenya (update total) ke versi terbaru kemarin sore. Di samping karena alasan banyak pekerjaan yang harus diselesaaikan juga karena ini adalah update total, maka ada beberapa file yang harus saya sesuaikan (oprek) terlebih dahulu (kurang lebih ada 10 buah file baik yang ada di root direktori, wp-admin dan wp-includes) sebelum diupload ke server hosting. Update manual yang biasa saya lakukan selalu sukses, entah kenapa untuk versi 3.2 ini sempat mengalami error terutama saat saya mau membuka halaman login alias tidak bisa login.

Akhirnya saya