Home » Wordpress » Update WordPress 3.2

Update WordPress 3.2

10 Jul. 201123 comments
Update WordPress 3.2

Update WordPress 3.2 sebenarnya sudah tersedia sejak tanggal 4 Juli yang lalu, karena berbagai kesibukan saya baru ada kesempatan untuk membuat postingannya saat ini. Untuk WordPress 3.2 ini dengan kode “Gershwin” didedikasikan untuk seorang composer dan pianis yang bernama George Gershwin.

Cukup banyak perubahan di dalam versi 3.2 ini, antara lain : halaman admin menggunakan tampilan baru yang lebih fresh dan tidak terlalu banyak grafis sehingga terasa lebih ringan diakses, default Theme menggunakan “Twenty Eleven“, ada fitur Full Screen Editor baik untuk mode visual atau HTML, sebelumnya hanya ada di mode visual. Kemudian ada beberapa penambahan fitur pada Admin Bar seperti Visit Site, add new > post, page, media, link dll, ada tambahan submenu theme di bawah menu Appearance dan masih banyak lagi.

Untuk WordPress 3.2 ini harus menggunakan PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0.15 atau yang lebih tinggi. Untuk keamanan yang berkaitan dengan browser yang digunakan juga telah ditambahkan di versi ini, yakni adanya sebuah notifikasi jika browser yang digunakan sudah kadaluwarsa bin usang bin jadul seperti ketika menggunakan IE 6, maka akan ada pesan bahwa IE 6 sudah tidak support (Drop Internet Explorer 6 support). Dan masih buuuuuaaannnyyyaaaak lagi fitur yang lainnya (saking banyaknya), silahkan dibaca-baca di sini : codex.wordpress.org/Version_3.2.

Untuk blog ini juga baru ada kesempatan untuk mengupdatenya (update total) ke versi terbaru kemarin sore. Di samping karena alasan banyak pekerjaan yang harus diselesaaikan juga karena ini adalah update total, maka ada beberapa file yang harus saya sesuaikan (oprek) terlebih dahulu (kurang lebih ada 10 buah file baik yang ada di root direktori, wp-admin dan wp-includes) sebelum diupload ke server hosting. Update manual yang biasa saya lakukan selalu sukses, entah kenapa untuk versi 3.2 ini sempat mengalami error terutama saat saya mau membuka halaman login alias tidak bisa login.

Akhirnya saya coba menonaktifkan semua plugin lewat sql database, namun hasilnya tetap sama saja. Saya coba perbaiki lewat Cpanel juga sami mawon. Karena kebetulan saya mau ada acara dan tidak ingin berlama-lama membiarkan blog ini dalam keadaan error, akhirnya saya pakai jurus pamungkas yang sangat gampang dan mudah yakni telpon admin hosting blog ini untuk membereskannya. Sejam kemudian setelah acara saya selesai, saya coba cek untuk login ternyata sudah bisa. Walhasil sekarang saya sudah bisa menikmati fitur-fitur baru yang ada di wordpress 3.2 ini, dan alhamdulillah semua plugin yang saya gunakan kompatible dengan versi terbaru ini.

Catatan :

  • Jika anda ingin update WordPress 3.2 ini,  jangan lupa tanyakan ke admin hosting apakah servernya sudah menggunakan PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0.15 atau yang lebih tinggi.
  • Jangan lupa untuk backup database WordPress anda.
  • Karena banyak sekali perubahan serta penambahan fitur-fitur baru di versi 3.2 ini yang kadang ada beberapa error di beberapa server tertentu baik karena perubahan versi baru atau karena tidak kompatible dengan beberapa plugin yang ada, maka jangan lupa backup juga file master wordpress anda yang ada di hosting untuk berjaga-jaga jika anda ingin kembali ke versi sebelumnya.
  • Jika ingin melakukan update jangan lupa nonaktifkan terlebih dahulu semua plugin yang digunakan.
  • Terakhir, jangan lupa berdoa semoga berhasil dan gak nemuin error heeee …
Mudah-mudahan artikel tentang Update WordPress 3.2 ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Anti Spam Dengan Plugin Akismet
  2. WordPress Untuk iPhone / iPad
  3. Update WordPress 3.2.1
  4. Cara Membuat Daftar Isi Di WordPress.com
  5. Update WordPress 3.1.2
  6. Update WordPress 3.3.1
  7. Cara Membuat Dan Menampilkan Favicon Di WordPress
  8. Download WordPress 3.0.1
  9. Cara Membuat Daftar Isi di WordPress dengan Sitemap Generator
  10. Upgrade WordPress ke versi 2.8.5
  1. 17-5-2014 at 01:29 | #1

    Ada bahasan tentang update terbaru wordpress 3.9nya ya? Banyak fitur baru dan banyak yang berubah. Trims

    Reply

  2. 4-5-2015 at 11:47 | #2

    makasih banyak, infonya sangat bermanfaat

    Reply

Comment pages
1 2 32423
0+3=? (Wajib diisi)