Home » Wordpress » Update WordPress 3.1.1

Update WordPress 3.1.1

6 Apr. 201137 comments
Update WordPress 3.1.1

Update lagi Update lagi, huch begini ini yang sering bikin saya repot kalau ada update yang terlalu cepat. Inilah kelebihan wordpress sekaligus kekurangannya, dengan adanya update ini berarti ada temuan/masalah/bug yang perlu diperbaiki supaya kinerjanya semakin powerfull dan aman. Kekurangannya yaaa jadi bikin capek penggunanya untuk melakukan update apalagi wordpress punya saya ini sudah saya custom dalemannya, walhasil kalau mau update harus dicustom dulu secara manual satu persatu sebelum diupload ke server.

Untuk Update WordPress 3.1.1 ini ada perbaikan di versi databasenya (bagian wp-options) yaitu menjadi 17516 (db_version in wp_options) changed to 17516.  Perbaikan database ini dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan wordpress yang digunakan dengan rincian sebagai berikut :

  • Security hardening to media uploads
  • Prevent potential PHP crashes caused by complex hyperlinks
  • Correct minor XSS flaw on database upgrade screens
  • Fixed 26 tickets. A breakdown of bug fixes by component can be found on

Daftar file perbaikan :

wp-includes/admin-bar.php
wp-includes/taxonomy.php
wp-includes/post.php
wp-includes/version.php
wp-includes/js/tinymce/tiny_mce.js
wp-includes/js/tinymce/wp-tinymce.js.gz
wp-includes/functions.php
wp-includes/query.php
wp-includes/link-template.php
wp-includes/wp-db.php
wp-includes/formatting.php
wp-includes/rewrite.php
wp-includes/canonical.php
wp-includes/css/admin-bar.css
wp-includes/css/admin-bar.dev.css
wp-includes/script-loader.php
wp-includes/meta.php
readme.html
wp-admin/network.php
wp-admin/includes/class-wp-ms-sites-list-table.php
wp-admin/includes/dashboard.php
wp-admin/includes/class-wp-upgrader.php
wp-admin/includes/update-core.php
wp-admin/includes/media.php
wp-admin/media-upload.php
wp-admin/network/settings.php
wp-admin/network/admin.php
wp-admin/upgrade.php
wp-admin/user/admin.php

Karena bukan update total untuk mempercepat proses updatenya anda bisa pakai cara manual dengan mendownload WordPress 3.1.1, kemudian anda extrak di komputer lokal, anda seleksi dan pilih hanya file-file perbaikan tersebut di atas untuk anda upload ke server hosting wordpress anda via FTP. Setelah itu buka brwoser ketikkan http://domainanda.com/wp-admin/update-core.php.

Keterangan : ganti yang saya beri warna merah dengan nama domain anda.
Jangan lupa backup terlebih dahulu database anda sebelum melakukan proses update wordpress anda.  Download WordPress 3.1.1

Mudah-mudahan artikel tentang Update WordPress 3.1.1 ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. WordPress 2.9.1 is available! Please update now
  2. Cara Membuat WordPress Page Number Tanpa Plugin
  3. Update WordPress 3.1.3
  4. Cara setting domain di co.cc
  5. WordPress 2.9.1 Beta 1 Released, Fixes Bugs in WordPress 2.9
  6. Twenty Eleven, Theme Default WordPress 3.2
  7. Update WordPress ke versi 2.9 (terbaru)
  8. Menampilkan Smilies Atau Emoticon Kaskus Di Kotak Komentar
  9. Update WordPress 3.2.1
  10. WordPress 3.0 Released
  1. 6-4-2011 at 15:36 | #1

    nuhun master…
    nuhun pisan…..

    Reply

  2. 6-4-2011 at 16:12 | #2

    kang alwi OOT niy,
    cara menghilangkan kalimat :
    “You may use these HTML tags and attributes:
    gimana yaa…?
    punten kang

    Reply

    Alwi Reply:

    Yg dimana nih kang Aming

    Reply

  3. 6-4-2011 at 20:25 | #3

    ane ntaran aja deh mas… hehe..

    Reply

  4. 6-4-2011 at 20:28 | #4

    makasih banyak atas infonya kang…

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Saya jarang update, sudah lama nggak buka dashboard makanya baru tahun dari sini.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Saya harus ikuti petunjuk, jangan sampai terulang seperti Metrolisa kemarin Kang.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Apa kekurangannya kalau pake update otomatis kang?

    Reply

    Alwi Reply:

    Karena hanya update parsial (bukan total) akan lebih efektif kalau pakai cara manual (hanya file revisi aja yg kita update) cara ini akan lebih efektif dan efisien, kalau pakai otomatis kadang suka putus ditengah jalan dan malah menyebabkan wordpress kita jadi error karena harus mendownload semua file master wordpress secara utuh, nah kadang2 ditengah proses download ada file2 yg belum terdownload semuanya secara utuh apalagi kalau koneksi yg dipakai kurang stabil wah seringnya malah error deh, makanya saya gak pernah pakai cara otomatis

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Makasih banyak atas infonya Kang.

    Reply

  5. 6-4-2011 at 21:05 | #5

    Wah saya belum bisa ikutan upgrade nih mas… server masih down..

    Reply

  6. 6-4-2011 at 22:11 | #6

    Nah ini kadang yang jadi masalah buat saya. Update, malah jadi bermasalah….

    Reply

  7. 6-4-2011 at 22:13 | #7

    Kalau mau backup database itu cara yang paling gampang dan simple bagaimana bung ALwi ?

    Reply

    Alwi Reply:

    lewat cpanel – php myadmin select a database – Check All – export – save as type klik “zipped” klik Go button simpan

    Reply

  8. 6-4-2011 at 23:38 | #8

    Waduh, saya udah keburu upgrade tanpa tahu folder/file mana saja yang sebenarnya diperbaiki oleh pengembang wordpress. Jadilah saya repot-repot lagi mengedit beberapa file di root direktori. Untung saya sebelumnya membackup file-file yang harus diedit kembali usai proses upgrade.

    Nanti kalau ada update lagi, saya harus cari tahu file mana saja yang diperbaiki, biar nggak terlalu buang waktu dalam mengedit ya mas.

    Reply

    Alwi Reply:

    Kalau hanya update yg sifatnya tambalan saya biasa pakai cara itu Mas Is, saya inventarisir lebih dulu file2 mana yg direvisi (kalau hanya patch biasanya ada listnya di wordpress), untuk kita sesuaikan dg daftar file2 yg telah kita custom, jadi gak harus custom semuanya, jadinya lebih efektif dan efisien

    Reply

  9. 7-4-2011 at 14:58 | #9

    saya nunggu update 3.1.2 aja mas,itupun kalo ada..

    Reply

  10. 7-4-2011 at 16:33 | #10

    msh bingung kalo pake wordpress

    Reply

    Ahmad Safar Reply:

    belajar aja di blognya kang rohman > http://idtutorial.com/

    Reply

Comment pages
3+7=? (Wajib diisi)