Home » Pernikahan » Kalimat Permohonan Ijin Calon Penganten Wanita

Kalimat Permohonan Ijin Calon Penganten Wanita

4 Nov. 20106 comments
Kalimat Permohonan Ijin Calon Penganten Wanita

Di kalangan masyarakat tertentu sebelum dilaksanakan prosesi ijab dan qobul atau ‘aqd annikah, biasanya ada sebuah tradisi penyampaian permohonan ijin dan do’a restu yang dilakukan oleh calon mempelai wanita kepada orang tuanya (khususnya permohonan ijin untuk menikahkannya). Walaupun prosesi seremonial ini bukan merupakan suatu keharusan, namun menurut hemat penulis, tradisi ini cukup baik untuk dilaksanakan terlebih lagi jika diniatkan sebagai bentuk birrul walidain (sebagai tanda bakti anak kepada orang tuanya).

Jika ada yang membutuhkan berikut ini ada beberapa contoh ucapan, bacaan atau kalimat permohonan ijin calon penganten wanita kepada ayah dan ibundanya (orang tua) :

Bismillahirrahmaannirrahiim, Astaghfirullahal’adzim, Asyhadualla illa ha illallah, Wa asyhadu anna muhammadarrosulullah.

Papa, Mama yang Ananda cintai dan hormati. Ananda menghaturkan permohonan maaf jika selama hidup Ananda ini telah banyak melakukan kesalahan dan kekhilafan baik kata-kata Ananda yang kurang berkenan ataupun perbuatan Ananda yang tidak pantas Ananda lakukan terhadapa Papa dan Mama.

Disaat yang baik ini, Ananda memohon izin, mohon restu untuk dinikahkan dengan kekasih pilihan Ananda, pria yang Ananda cintai, pria yang bernama ………………… bin …………….., dengan mas kawin berupa …………….., dibayar tunai. Ananda setulus hati ikhlas dan ridho, papa dan mama menikahkan Ananda.

Ananda juga mohon doa restu Papa dan Mama, semoga kehidupan rumah tangga Ananda nanti senantiasa rukun, damai, sejahtera sakinah mawaddah wa rahmah dan penuh berkah dari Allah SWT.

Ucapan Ayah :
Ananda ……………………….., papa dan mama memaafkan segala kesalahan dan kekhilafanmu serta mendoakan semoga hidupmu nanti senantiasa rukun, damai, sejahtera dan penuh keberkahan dari Allah SWT.

Ananda ……………………, disaat yang baik ini Insya Allah sebentar lagi papa akan menikahkanmu dengan kekasih pilihanmu bernama ………………… bin …………….., dengan mas kawin berupa …………….., dibayar tunai.. Semoga ridho dan berkah Allah SWT menyertai kita semua. Amiin.

VERSI YANG LAIN :
Calon Mempelai Wanita :
BISMILLAAHIRROHMAANIRROOHIIM
BAPAK DAN IBU YANG SAYA HORMATI, PADA HARI INI AKAN DILAKSANAKAN PERNIKAHAN ANANDA DENGAN CALON SUAMI PILIHAN ANANDA. SEBELUMNYA, ANANDA MOHON MAAF BILA SELAMA INI MELAKUKAN KESALAHAN DAN KEKHILAFAN BAIK YANG DISENGAJA MAUPUN YANG TERLUPA. SEKALIGUS ANANDA MOHON DO’A RESTU BAPAK DAN IBU, DAN MOHON KIRANYA BAPAK BERKENAN MENIKAHKAN ANANDA DENGAN CALON SUAMI PILIHAN ANANDA ______________________________ BIN ___________________________
DI BAWAH BIMBINGAN, DO’A DAN RESTU BAPAK SERTA IBU, SEMOGA PERNIKAHAN ANANDA SENANTIASA DALAM LINDUNGAN DAN RIDHO ALLAH SWT.

Ucapan Ayah :
BISMILLAAHIRROHMAANIRROOHIIM
SEGALA KESALAHAN DAN KEKHILAFAN ANANDA TELAH BAPAK DAN IBU MAAFKAN. DAN APAPUN YANG MENJADI HARAPAN ANANDA, AKAN BAPAK KABULKAN. DO’A RESTU BAPAK DAN IBU SELALU MENGIRINGI LANGKAH ANANDA BERDUA. SEMOGA SENANTIASA MEMPEROLEH
KEBAHAGIAAN DAN KETENTRAMAN SERTA DAPAT MEMBINA RUMAH TANGGA SAKINAH, MAWADDAH WA ROHMAH DALAM LINDUNGAN DAN RIDHO ALLOH SWT. AMIN

Mudah-mudahan artikel tentang Kalimat Permohonan Ijin Calon Penganten Wanita ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Doa Pengantin Kepada Diri Pasangannya
  2. Makna Hidup Dalam Kehidupan Berkeluarga
  3. Syarat-syarat Perkawinan Campuran (Menikah Dengan WNA/Beda Kewarganegaraan
  4. Rukun dan Syarat Nikah
  5. Kumpulan Doa Pernikahan
  6. Google Weddings, Situs Khusus Para Calon Pengantin
  7. Contoh Layout (penataan tempat) Pada Prosesi Akad Nikah
  8. Melihat Calon Isteri Ketika Khitbah (waktu lamaran)
  9. Perjanjian Perkawinan
  10. Kumpulan Do’a Untuk Calon Penganten (Arab, Indonesia)
  1. Reefha
    12-3-2012 at 13:07 | #1

    Thanks.. sangat tepat ini yang saya cari…
    skli lg mksh yaahh..:)

    Reply

  2. shinta
    4-5-2012 at 09:27 | #2

    saya mau tanya apakah kalimat permohonan ijin calon pengantin wanita ini wajib?
    apakah boleh dalam pernikahan calon pengantin wanita tidak ngucapkan kalimat permohonan ijin..???

    Reply

    didi Reply:

    Tidak wajib, sekedar melengkapi alur cerita sebelum Ijab-Kobul

    Reply

  3. 3-5-2013 at 10:56 | #3

    makasih gan info nya

    Reply

  4. 14-5-2013 at 17:22 | #4

    terima kasih atas informasinya,

    Reply

  5. 23-3-2014 at 04:13 | #5

    makasih mas, saya juga masih ujang nih

    Reply

1+8=? (Wajib diisi)