Home » Google » Tips Menarik Untuk Pengguna Google Chrome

Tips Menarik Untuk Pengguna Google Chrome

11 Mei. 2010184 comments
Tips Menarik Untuk Pengguna Google Chrome
Google Chrome

Logo Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah web browser open source yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek open source-nya sendiri dinamakan Chromium. Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa.

Dari sisi penampilan, Google Chrome memang dirancang dengan tampilan yang sederhana untuk efisiensi dan kemudahan penggunaan. Walaupun sederhana dari sisi penampilan, namun Google Chrome dirancang agar berjalan secepat mungkin, cepat dimulai dari desktop, memuat halaman web dalam sekejap, dan menjalankan aplikasi web yang rumit dengan cepat.

Untuk lebih memaksimalkan penggunaan Google Chrome, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, semacam Tweak Google Chrome gitu lah, seperti Tweak Mozilla Firefox yang pernah saya posting sebelumnya.

1. Google Chrome shortcuts

Seperti browser lain, anda juga dapat menggunakan cara pintas (shortcut) pada keyboard untuk menghemat waktu. Gunakan [Ctrl]+[Shift]+[B] untuk selalu menampilkan bookmark bar, [Shift]+[Esc] untuk membuka Chrome’s Task Manager dan [Ctrl]+[J] untuk membuka jendela Download, F11 untuk Full Screen. Pindahkan kursor tanpa menggerakkan mouse Anda dengan menggunakan [Ctrl]+[L] untuk beralih ke address bar dan [Ctrl]+[K] untuk memindahkan kursor ke kotak pencarian.

Ada juga jalan pintas untuk mempercepat surfing anda, di antaranya : [Ctrl]+[T] untuk membuka tab baru, [Ctrl]+[N] akan membuka jendela baru, [Ctrl]+[Shift]+[T] pengelolaan bookmark, [Ctrl]+[Tab] kembali ke tab yang terbuka sebelumnya, [Ctrl]+[W] untuk menutup tab saat ini.

2. Pencarian lebih cepat

Google dengan salah satu produknya “Google Chrome” bertujuan untuk membuat pencarian semudah mungkin. Anda dapat mencari halaman web/konten yang dinginkan dengan hanya mengetikkan sebuah istilah/keyword ke dalam kotak pencarian, atau anda dapat mencari situs tertentu dengan memasukkan domain dan kemudian menekan [Tab]. Anda juga dapat menggunakan kata kunci tertentu untuk melakukan pencarian menggunakan mesin pencari tertentu, caranya klik kanan di address bar dan pilih ‘Edit Mesin Pencari (Edit Search Engines)’ untuk menambah atau menghapus mesin pencari dan menetapkan kata kunci untuk mereka.

3. Customised home tab

Seperti Opera, Chrome juga memiliki fitur yang akan menampilkan tab dari situs yang paling sering anda kunjungi ketika anda membuka tab baru. Anda dapat membuat kustomisasi untuk tab-tab tersebut sesuai keinginan anda.

4. Multiple homepages

Anda mempunyai situs favorit yang dikunjungi setiap harinya? Chrome juga menyediakan fitur untuk membuka situs favorit anda dalam tab tersendiri ketika anda memulai browser. Buka menu Options dan di bawah Basics tab, centang tombol untuk ‘Open the Following pages’ kemudian tambahkan situs mana yang ingin anda buka pada saat startup. Di samping itu anda juga dapat membuka sebuah halaman baru tanpa harus menunggu sampai selesai loading halaman sebelumnya.

5. Easy downloading

Hampir semua browser mempunyai fasilitas untuk menyimpan file hasil download pada folder tertentu, demikian juga dengan Chrome. Untuk mengubah lokasi default folder penyimpanan hasil download, masuk ke Options, klik pada tab Minor Tweaks dan tetapkan lokasi kustom download baru. Alternatif lainnya anda juga bisa melakukan “drag and drop” lokasi downloads dari status bar langsung ke desktop anda atau jendela Explorer.

6. Install Theme

Antarmuka Chrome memang terkesan sangat minimal, namun anda dapat dengan mudah mengubah tampilan yang sederhana tersebut dengan menggunakan tema pilihan. Klik pada perkakas spanner, pilih ‘Personal options’ kemudian klik ‘Get themes’. Setelah anda menemukan theme yang anda suka, klik ‘Apply theme’.

7. Create shortcuts

Anda dapat menggunakan Chrome untuk membuat shortcuts di desktop anda untuk aplikasi web favorit Anda seperti Google Mail, Flickr, Twitter dan sebagainya. Kunjungi situs yang anda inginkan untuk dibuatkan shortcutnya, buka menu Page dan pilih ‘Create application shortcuts’, anda akan memiliki pilihan untuk menyimpan shortcut ke desktop, menu Quick Launch bar atau Start menu.

8. Get Chrome extensions

Seperti Firefox, Chrome juga mendukung penggunaan plug-in, meskipun belum sebanyak plugin/add on untuk Firefox. Cara mengetahui plugin apa saja yang terinstall, ketik about:plugins di address bar. Atau anda bisa mendownload Chrome Extensions (semacam add on) seperti : AdBlock, Proxy Switchy!, Google Mail Checker, Google Dictionary, Google Reader Notifier, Google Translate, FastestChrome dan lain-lain di sini.  Jika anda ingin membangun ekstensi anda sendiri, anda bisa berkunjung ke sini.

9.  Explore the program

Ingin tahu fitur apa saja yang ada di dalam Chrome?  Caranya pada address bar ketik ‘about:’ (tanpa tanda petik) kemudian enter. Anda akan melihat beberapa informasi dasar tentang Chrome, seperti V8 JavaScript Engine (mesin JavaScript yang lebih andal yang dibuat untuk bisa menjalankan aplikasi web yang rumit secara lebih cepat), versi webkit, user agent dan lain-lain.

Untuk mengetahui fitur Chrome secara lebih detail tambahkan kode tertentu setelah ‘about’. Contoh about:dns kemudian enter, perintah ini akan memperlihatkan bagaimana fungsi DNS pada browser Chrome.  Untuk kode lain silahkan ditweek sendiri yaaaa dah malam nih heee … mo istirahat dulu.

Update :
Lebih lengkap tentang Google Chrome bisa dibaca di postingan ini :
Tips dan Trik Cara Cepat Menguasai Google Chrome

Mudah-mudahan artikel tentang Tips Menarik Untuk Pengguna Google Chrome ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Download Edisi Baru Google SEO Starter Guide 2010
  2. Google Adsense Sudah Support Bahasa Indonesia
  3. Gajian Pertamaku Dari Google Adsense
  4. Animasi Google Earth Day 2011
  5. Mendapatkan Kiriman PIN Google Adsense
  6. Cara Pasang Google Adsense Di Tengah Postingan Tanpa Plugin
  7. Google Memperkenalkan Format Video WebM
  8. Google Doodle, Tarian Martha Graham
  9. Perpindahan AdSense untuk Penelusuran Seluler ke AdSense untuk Konten
  10. Google Apps, Layanan Untuk Office Online atau Kantor Virtual
  1. 13-5-2010 at 20:30 | #1

    saya masih bertahan dengan mozilla

    Reply

    citromduro Reply:

    ada opera yang jarang dipakai

    Reply

    munir ardi Reply:

    opera biasa aku pake opera mini di hp wk wk

    Reply

    citromduro Reply:

    mau install chrome harus online
    sementara koneksi payah tidak jadi ah

    salam dari pamekasan madura

    Reply

    munir ardi Reply:

    begitukah kemarin aku instal nggak online mas

    Reply

    munir ardi Reply:

    aku punya maxthon

    Reply

    munir ardi Reply:

    avant browser dan browser aneh lainnya

    Reply

  2. 14-5-2010 at 07:49 | #2

    saya pake firefox + chrome
    namun chrome emang lebih ringan sih .

    Reply

    Hendri Reply:

    saya pake semua bang.. .

    Reply

    munir ardi Reply:

    masa make semua

    Reply

    kompunetsa Reply:

    yup chrome lebih ringan

    Reply

  3. 15-5-2010 at 13:47 | #3

    saya pake comet bird … lumayan bagus mas… file masternya cuma 8 mb lebih kecil dari pada yang laennya … thx infonya …

    Reply

    munir ardi Reply:

    baru denger sob comet bird

    Reply

    kompunetsa Reply:

    apaan tuh??
    baru denger saya….

    Reply

  4. 17-5-2010 at 14:19 | #4

    The files in your registry contain instructions for every program and application in your computer. When they become corrupted with errors or go missing, the computer will have a hard time running the programs, and crash as a result. It is highly recommended that you do not attempt to fix the registry yourself.

    Reply

    munir ardi Reply:

    ngomong apa iki

    Reply

    kompunetsa Reply:

    curcol ya mas??
    wkwk…..

    Reply

  5. 19-5-2010 at 14:47 | #5

    ada tidak dukungan plugin untuk chrome seperti di Firefox ?

    Reply

    Hendri Reply:

    iya ya ada gak ya??? .

    Reply

  6. 20-5-2010 at 05:04 | #6

    tapi sayangnya ane gak pke chrome

    Reply

    Hendri Reply:

    Napa om? pake aja… hehehe .

    Reply

  7. 21-5-2010 at 10:44 | #7

    nagkring dimari ah… . sekedar baca2..

    Reply

  8. 21-5-2010 at 19:51 | #8

    i like chrome, but i love firefox

    Reply

  9. 22-5-2010 at 13:17 | #9

    Cara Mempercepat Loading WordPress Dengan HTTP Compression, Plugin WP Super Cache, dan Plugin DB Cache Reloaded sudah saya sampaikan, sekarang giliran saya sharing plugin lain yang saya gunakan untuk […] Continue Reading…

    Reply

  10. 22-5-2010 at 19:24 | #10

    pake chrome emg nyenengin bgt. tampilannya sederhana dan bikin leluasa untuk nampilin halaman website. tp yg bikin terkesan adalah loadingnya yg cpt bgt..

    Reply

Comment pages
4+3=? (Wajib diisi)