Home » Info » Tips atau Panduan Memilih Web Hosting

Tips atau Panduan Memilih Web Hosting

7 Mar. 201080 comments
Tips atau Panduan Memilih Web Hosting

Salah satu faktor penting untuk menjaga reputasi dan eksistensi sebuah website atau blog  terutama yang  menggunakan hosting  sendiri (self hosting) di antaranya adalah pemilihan jasa penyedia hosting yang tepat dan berkualitas.  Jika server sering down pasti akan mengecewakan dan merugikan pemilik website atau blog tersebut, baik dari SEO, traffic dan reputasi.

Saya sendiri sampai saat ini cukup puas dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan tempat saya hosting blog ini. Uptime 24 jam, server cukup stabil dan cepat tanggap bila ada hal-hal yang saya butuhkan. Cuma ada satu hal yang belum memuaskan saya yaitu, server tempat saya hosting blog ini tidak mengaktifkan module deflate, walau saya sudah memintannya tapi ditolak dengan alasan keamanan karena harus setting ulang server dan juga karena menggunakan shared hosting alias digunakan rame-rame dengan pengguna yang lain. Termenung sejenak, “apa harus beli server sendiri yaaaa ….” gak dulu dech, atau pindah hosting …??? males juga untuk transfer database, file dan set up ulang (cape dech).

Chat Transcript with admin server
Billy: Selamat Malam Alwi, dengan Billy , ada yang bisa kami bantu?
Alwi: Mo tanya Ttg moful deflate, kok gak aktif yaaa
Billy: Maksudnya moful deflate apa pak?
Alwi: Yg di Apache Handler Loaded Module, dah saya cek dg PHP info tapi gak aktif
Billy: Nama domain anda apa?
Alwi: m-alwi.com
Billy: Untuk modul2 tertentu memang tdk diaktifkan dgn alasan securitas, dan hal tersebut merupakan otoritas sepenuhnya dari admin server kami
Alwi: Kalau minta diaktifin bisa gak yaaa
Billy: Kami tidak yakin bisa Pak, karena untuk shared hosting setting atas fungsi2 di servernya terbatas
Alwi: Kalau mengaktifkan Loaded Module deflate memang bisa mengganggu security ya Pak
Billy: Iya
Alwi: Kalau tujuan saya untuk http compression biar loading blog cepat dan irit bandwidth..?
Billy: Begini Pak, mohon maaf sebelumnya karena yg bapak gunakan adalah shared hosting, maka untuk fungsi atau fitur2 tertentu tidak diaktifkan untuk keamanan
Billy: Itulah batasannya untuk shared hosting, jadi setting server mengikuti apa yg sudah ter-setup pada server tersebut
Alwi: Kalau umpama saya tambah biaya untuk minta disetup juga gak bisa ya Pak
Billy: Maaf Pak, tidak bisa :), karena hal tersebut nantinya akan mempengaruhi setup pada server
Alwi: Ok Pak, terima kasih ….
Billy: Baik Pak, terima kasih kembali, selamat malam.

Padahal menurut saya module deflate atau gzip itu sangat penting dalam rangka untuk meningkatkan kecepatan loading blog dan untuk mengirit jatah bandwidth yaitu dengan metode http compression. Dari beberapa referensi yang saya baca bahkan sangat direkomendasikan oleh Google dan Yahoo. Dus karena module deflate yang di server tidak aktif akhirnya terpaksa menggunakan module deflate dengan kombinasi Plugin WP Super Cache dan DB Cache Reloaded, walau kata beberapa teman bisa mempengaruhi SEO apalagi jika expire cachenya diset terlalu lama. Lain waktu mungkin akan saya bahas tentang penggunaan Plugin WP Super Cache.

So, ini ada sedikit tips atau panduan dalam memilih web hosting (kalau ada yang kurang mohon bisa ditambahkan di komentar) secara garis besar adalah :

  1. Perhatikan target pengunjung blog/website anda, jika menginginkan traffic anda sebagian besar dari dalam negeri, maka pilihlah server di Indonesia ( IIX ), tujuannya adalah kecepatan akses situs akan lebih baik. Jika target pengunjung dari luar negeri, maka sebaiknya menggunakan server yang berlokasi luar negeri (USA).
  2. Periksa fitur-fitur yang ditawarkan seperti script auto installer, email account, FTP,  subdomains, parked domains dan lain-lain dan kapasitas yang ditawarkan oleh penyedia hosting, apakah sesuai dengan kebutuhan anda dan mampu beradaptasi sejalan dengan perkembangan situs anda. Banyak penyedia hosting yang menawarkan fitur dengan kapasitas serba bombastis dan hanya taktik pemasaran, atau harga yang murah dengan fitur terbatas yang akhirnya malah memaksa anda untuk membayar jauh lebih mahal saat anda membutuhkan upgrade.
  3. Besaran Quota Disk Space yang diberikan. Disk Space adalah kapasitas pada server hosting yang diberikan untuk anda, untuk menyimpan file-file website anda. Pilihan terbaik adalah paket hosting yang memberikan Disk Space yang sesuai dengan kebutuhan.
  4. Besaran Bandwidth yang diberikan. Bandwidth adalah kapasitas akses perbulan yang diberikan untuk mengakses website anda. Setiap orang yang membuka website atau mendownload file dari website anda agar bisa ditampilkan pada browser  seperti Mozilla Firefox atau Internet Explorer, hal tersebut akan memakan bandwidth. Jadi pilih besaran Bandwidth sesuai kebutuhan anda. Dan kapasitas pemakaian bandwidth ini akan direset setiap awal bulan.
  5. Domains Allowed. Jumlah domain yang bisa digunakan dalam sebuah paket hosting. Anda bisa menggunakan 1 buah paket hosting untuk semua domain anda bila paket hosting tersebut memberikan akses untuk itu, dan anda juga perlu mempertimbangkan besarnya disk space maupun bandwiidth yang diberikan, apakah cukup untuk menjalankan domain-domain anda.
  6. Jumlah Database yang diijinkan. Contoh untuk Linux, berapa banyak jumlah database MySQL yang diijinkan.
  7. Periksa harga yang ditawarkan oleh penyedia hosting, seringkali harga berbanding lurus dengan kualitas.
  8. Jaminan Uptime dan Data Anda. Profesionalisme menuntut tranparansi. Periksalah apakah sebuah hosting memberikan jaminan pada data anda yang didukung oleh perjanjian layanan dan kompensasi jika tidak terpenuhi atau semacam TOS (Terms of Service). Banyak penyedia hosting yang hanya menyebutkan uptime besar tanpa didukung fasilitas untuk memeriksa dan perjanjian untuk keamanan anda. Sebagai sebuah usaha jasa, layanan konsumen memegang peranan penting dalam web hosting. Sebelum memilih sebuah penyedia hosting sebaiknya anda mengajukan beberapa pertanyaan mengenai hal teknis dan non-teknis tentang hosting tersebut untuk menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Karena ada beberapa blog kena banned gara-gara memasang plugin tertentu. Bahkan sampai dibuatkan postinganya oleh Pak Marsudiyanto di blognya dengan judul Fatwa Haram Untuk Plugin Tertentu?
  9. Pelayanan. Web hosting adalah bisnis yang berhubungan dengan jasa, dan jasa berarti pelayanan. Anda pasti akan merasa jengkel jika anda mempunyai kesulitan atau permasalahan dengan web hosting lalu anda mencoba menghubungi Customer Support namun tidak ada tanggapan atau responnya sangat lama. Untuk itu sebelum membeli web hosting, pastikan Anda memilih perusahaan web hosting yang mempunyai Customer Support yang memberikan pelayanan yang terbaik. Anda bisa mengetesnya pada  layanan Customer Support-nya, baik melalui telpon, chat dan-lain-lain.

 

Update :

Bagi server hosting yang tidak mengaktifkan module deflate anda bisa menerapkan ZLIB Compression dengan fungsi kompresi yang hampir sama dengan module deflate. Cara mengaktifkannya silahkan baca postingan ini :  Mempercepat Loading WordPress dengan Zlib Compression.

Mudah-mudahan artikel tentang Tips atau Panduan Memilih Web Hosting ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Mengenal lebih Dekat Data Center Milik Google
  2. Download Firefox 4 Beta 1
  3. Tips Mudik Lebaran Dengan Aman Dan Nyaman
  4. Pengalaman Menggunakan Beberapa Jenis Koneksi Internet
  5. 8 situs menarik untuk dikunjungi
  6. Heboh, Video Dua Jet Tempur Mengejar UFO
  7. Alamat Palsu : Ayu Ting Ting
  8. Wanita Lebih Mengenang Sepatu Ketimbang Ciuman Pertama
  9. Ketoprak Paling Enak Di Pondok Labu Jakarta (Ketoprak Pak Toto)
  10. Yahoo Makin Terintegrasi dengan Facebook
  1. 9-3-2011 at 06:13 | #1

    Informasi yang bermanfaat, salam kenal dari http://sagaranten.com mas. minta kunjungannya.. trims!

    Reply

  2. huda
    24-4-2011 at 17:45 | #2

    salam sore… mas bro,.. saya sedang cari web hosting yg bagus,.. dan saya lihat blog anda cepat banget,.. saya minta tolong,.. dikasih tau,.. anda pakai hosting apa?… target visitor indonesia,..

    trmkasih atas info selanjutnya,.. ditunggu,.. tolong emailkan ke email saya: cakhuda@ymail.com

    salam sejahtera,…

    ————————————————————————————————————————————————–
    kalau masalah cepetnya loading tidak hanya karena hostingnya tapi juga faktor lainnya seperti penerapan kompresi baik html, css, javascript, php, gambar, cache, header expired, meminimalkan http, queri database dll. Sebagian dah saya buatkan tutorialnya terutama di kategori Optimasi WordPress, dg cara tsb blog saya untuk halaman depan (home) rata2 bisa diakses hanya dlm waktu 1 s/d 3 detik dan akan tetap bisa dg mudah diakses walaupun dg koneksi GPRS. Sebelum saya optimasi waktu loadingnya lebih dari 10 detik. Tapi saya akui server hosting blog ini lumayan kenceng. saya hosting di mana? ntar saya kirim via email

    Reply

  3. 18-8-2011 at 20:01 | #3

    bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui informasi perkembangan hosting di indonesia, bisa mengunjungi http://dikusiwebhosting.com dimana para hoster berkumpul

    salam

    Reply

  4. 26-9-2011 at 14:23 | #4

    brmnfaat lg.wah trnyata bnyk tips2 wordpress dsni.

    Reply

  5. ochi
    10-12-2011 at 01:54 | #5

    malem gan…. nice info nih…

    gan,pake hosting apa…saya lagi cari web hosting yg bagus..targetnya luar negri..

    tolong kirim ke email saya ya gan

    thanx…salam sukses :)

    Reply

  6. 30-1-2016 at 20:17 | #6

    informasi panduan webhosting pak alwi sangat bermanfaat

    Reply

  7. 4-4-2016 at 20:06 | #7

    Urgen mas Hosting yang terbaik apa sekarang mas bisa di kirim lewat email Hosting saya banyak kendala kayanya…tolong ya infonya.
    Rekomen hosting terbaik
    thk.

    Reply

Comment pages
1 4 5 61740
0+5=? (Wajib diisi)