Home » Info » Tips Agar Berbelanja Bisa Lebih Hemat

Tips Agar Berbelanja Bisa Lebih Hemat

28 Aug. 2011No comments
Tips Agar Berbelanja Bisa Lebih Hemat

Dalam urusan rumah tangga, tanpa disadari kadang-kadang (malah sering) pengeluaran belanja bisa lebih besar dari pada pendapatan/gaji. Hal ini biasanya disebabkan karena memang kebutuhan atau karena pengeluaran-pengeluaran tak terduga yang tidak diperhitungkan sebelumnya.

Melakukan penghematan adalah langkah yang cukup bijaksana dengan cara membuat daftar anggaran belanja misalnya. Cara ini bisa sangat membantu Anda mengontrol pengeluaran setiap kali Anda berbelanja mingguan maupun bulanan.

Dengan selalu menghitung pengeluaran rumah tangga Anda, itu adalah salah satu cara untuk melakukan penghematan. Belilah semua barang yang benar-benar Anda butuhkan dalam sebulan dan cobalah untuk mengikuti anggaran yang sudah disiapkan.

Dikutip dari Female First, beberapa penelitian yang dilakukan Morrison ‘M savers’ di Inggris, menyebutkan peningkatan pengeluaran untuk biaya hidup telah melampaui pendapatan. Oleh karena itu, disarankan untuk kembali ke teknik dasar penganggaran dan mencoba menyeimbangkan antara pengeluaran dengan pendapatan.

Nah, cara tersebut bisa dilakukan dengan membuat daftar belanja sebagai usaha untuk lebih berhemat.

Sarah Willingham, pakar keuangan mengatakan, “rata-rata rumah tangga akan menghabiskan 11% dari pengeluaran dalam seminggu untuk makanan yang bagi sebagian orang terlihat berlebihan, untuk itu perencanaan adalah kunci penting untuk memulai penghematan. Menetapkan anggaran mingguan dan menghabiskan waktu menulis daftar belanja akan sangat membantu untuk mengurangi pengeluaran.”

Untuk memulai penghematan ketika berbelanja bulanan, Willingham memiliki beberapa tips untuk menekan pengeluaran Anda:

  1. Buat rencana kebutuhan dalam satu bulan.
  2. Pastikan anda selalu membawa daftar belanjaan ketika berbelanja kebutuhan sehari-hari.
  3. Jangan terlalu terpengaruh dengan program diskon untuk kemudian membeli barang-barang diskon tersebut jika anda sendiri tidak membutuhkan barang-barang tersebut.
  4. Ketika berbelanja online, tak ada salahnya untuk cari referensi lain. Barangkali anda bisa mendapatkan barang yang sama/serupa dengan harga yang lebih murah/miring.
  5. Membeli barang dengan jumlah yang lebih banyak (1 duz, lusin, paket dll) akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan membeli secara eceran.
  6. Jangan berbelanja dalam keadaan lapar karena akan lebih membuat konsumtif ketika berbelanja dengan keadaan perut kosong. Mereka cenderung akan membeli makanan atau barang yang sesungguhnya tidak dibutuhkan.
Mudah-mudahan artikel tentang Tips Agar Berbelanja Bisa Lebih Hemat ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Microsoft Gantikan Window Live Space dengan WordPress
  2. Jangan Posting Video Ariel, Luna Maya dan Cut Tari
  3. Cara Bikin Anak Cerdas
  4. Komentar Blog Terpanjang Di Dunia
  5. Alamat Palsu : Ayu Ting Ting
  6. Sony Corp Somasi Blogger Indonesia
  7. UU No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat
  8. Bau-bau Yang Paling Disukai Pria Dan Wanita
  9. Google Weddings, Situs Khusus Para Calon Pengantin
  10. Cara memilih Helm ber-SNI
  1. Belum ada komentar, mau jadi yang pertama?
0+3=? (Wajib diisi)