Home » Lain-lain » Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda

28 Okt. 201079 comments
Sumpah Pemuda
Naskah Sumpah Pemuda versi orisinal :
Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Hari ini Kamis tanggal 28 Oktober 2010 adalah bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke 82. Kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Allah SWT, bahwasanya pemuda Indonesia terus tumbuh berkembang mengisi hari ini dan membangun masa depan bangsa dengan karya, kreativitas, serta semangat kemajuan dan kebersamaan. Oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 oktober ini sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia.

Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas di bawah kekuasaan kaum kolonialis penjajah pada saat itu. Kondisi ketertindasan inilah yang kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup bangsa Indonesia. Tekad dan semangat tersebut kemudian menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia sehingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Makna Peringatan Sumpah Pemuda

Eksistensi pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting, karena merekalah yang memiliki potensi untuk mewarnai perjalanan sejarah sebuah bangsa dan umat manusia pada umumnya.

Bagi kaum muda Indonesia, Hari Sumpah Pemuda selalu memicu inspirasi dan motivasi baru untuk memajukan bangsa Indonesia. Setiap tahun kita berkesempatan merasakan kembali tekad, semangat, dan harapan pemuda-pemudi di zaman pergerakan itu akan Indonesia yang bersatu: Satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa Indonesia.

Cita-cita luhur itu telah merajut kemajemukan menjadi suatu keutuhan yang bertujuan merdeka dan bebas dari kekangan untuk menentukan masa depan sendiri. Para pemuda-pemudi saat itu juga sangat sadar bahwa tuntutan mereka mensyaratkan tanggung-jawab bersama yang terus-menerus untuk membuktikan kemampuan bangsa ini mewujudkan harapan-harapan rakyatnya. Kekuatan tekad dan semangat mereka ini adalah dasar dari karakter bangsa Indonesia, khususnya para pemuda, yang harus terus kita kembangkan.

Tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 tahun ini : “Bangun Karakter Pemuda Demi Bangsa Indonesia Yang Maju dan Bermartabat” mengandung pesan bahwa langkah menuju Indonesia yang maju dan bermartabat sangat bergantung pada karakter pemuda yang kokoh di atas semangat persatuan dan kesatuan Indonesia. Karakter yang kokoh ini bercirikan semangat patriotik, jiwa nasionalis, jati diri yang mengakar, wawasan luas, kecerdasan yang mencerahkan, kepedulian yang merekatkan, serta keteguhan untuk bersatu yang semuanya dinaungi oleh nilai-nilai Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemuda Indonesia dengan kepribadian Indonesia yang tertanam dalam jiwanya akan mampu berpengaruh besar dalam menentukan arah dan langkah bangsa ketika menghadapi persoalan-persoalan kini dan di masa depan. Untuk itu, pemuda Indonesia harus terus-menerus mempersiapkan diri, baik secara individu maupun bersama-sama, untuk memupuk, memelihara, dan memperkokoh kepribadian Indonesia.

Di era digital berbasis IT seperti sekarang ini sebuah informasi sudah menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup. Untuk itu peran dan kontribusi kaum muda sangat dibutuhkan, dalam kontek ini peran serta para blogger yang notabene sebagian besar adalah para kaum muda menjadi sangat urgen dan strategis. Sebagai seorang blogger mudah-mudahan bisa berperan dan berkontribusi untuk bisa senantiasa membuat konten-konten yang bersifat membangun, konstruktif dan positif dan bermanfaat (internet sehat) untuk kemajuan bangsa dan negara ini. Majulah bangsaku, bangkitlah negeriku.

Mudah-mudahan artikel tentang Sumpah Pemuda ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Manfaat, Keutamaan dan Kekuatan Do’a
  2. Selamat HUT RI Ke 65 | Dirgahayu Indonesiaku
  3. “Air”, Tema Global “Blog Action Day 2010”
  4. Mengembalikan Semangat Ngeblog
  5. The Connection Has Timed Out
  6. SMP, Anak SMP dan Masa Remaja
  7. [Puisi Cinta] Cinta Itu Adalah …
  8. Mohon Maaf | Mohon Do’a
  9. Sembilan Oktober Dua Ribu Sebelas (091011)
  10. Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan
  1. 30-10-2010 at 09:42 | #1

    iya mas..juga dah pada lupa, banyak yang ga cinta indonesia

    Reply

    alamendah Reply:

    Saya gak lupa dan masih ingat, lho…

    Reply

  2. 30-10-2010 at 21:58 | #2

    semangat sumpah pemuda yang harusnya menjadi semangat kita sekarang ini

    Reply

    alamendah Reply:

    Mengingatkan kita semua, mengilhami kita semua

    Reply

  3. 31-10-2010 at 10:03 | #3

    Buat background seperti diats gimana kang?

    Reply

  4. 31-10-2010 at 10:06 | #4

    Tampilan blog Kang Alwi tambah keren..

    Reply

  5. 31-10-2010 at 10:07 | #5

    jangan sekali-kali melupakan sejarah. Jangan cuma sekedar memperingati Hari Sumpah Pemuda secara seremonial belaka, namun kita perlu mengambil pelajaran penting dari Sumpah Pemuda untuk Indonesia ke depan. Kita patut berlomba menorehkan prestasi dalam berkarya dan meningkatkan kualitas kehidupan kita agar kita lebih maju dan terhormat di mata negara lain.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Semoga saja dengan Peringatan sumpah pemuda kali ini akan menjadi momentum oleh segenap kaum muda untuk kembali memperbaharui komitmen terhadap idealisme dan cita-cita perjuangan reformasi.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Sumpah pemuda bukan sekedar deklarasi komitmen untuk bertanah air, berbangsa dan berbahasa Indonesia.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Sumpah pemuda adalah sebuah semangat bahwa kepentingan nasional dan kepentingan bangsa harus diletakkan di atas kepenting pribadi, golongan dan kelompok.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Revitalisasi semangat kaum muda untuk bersatu dalam menegakkan sendi-sendi kebenaran yang nyaris terkoyak.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Mari bersama bertekad dengan penuh komitmen dan konsisten untuk merealisasikan apa yang menjadi tujuan kita. Ingat, ACTION is POWER! Sebaik apa pun impian yang kita miliki, namun jika kita tidak pernah mengambil tindakan dengan komitmen dan konsisten, mustahil segala sesuatunya tidak akan pernah terwujud.

    Reply

    Hybrid car Reply:

    Jadi ingat jas merahnya bung karno…

    Reply

  6. 3-11-2010 at 06:46 | #6

    Sumpah Pemuda mengingatkan kita semua bahwa Indonesia ini adalah milik kita bersama, tidak peduli dari kalangan agama atau suku yang mana pun, atau dari kalangan aliran politik yang bagaimana pun.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Sumpah Pemuda telah mengikrarkan bahwa kita adalah satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Sumpah Pemuda pula yang mengingatkan bahwa kita dibangun atas pondasi perbedaan baik agama, suku, kebudayaan, kepulauan dan beragam latar belakang perbedaan.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Sumpah Pemuda adalah komitmen kebangsaan yang membuka cakrawala baru menuju pada kemerdekaan.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Dengan Sumpah Pemuda semua perjuangan yang bersifat kedaerahan, sendiri-sendiri disatukan dalam sebuah paham kebangsaan. Dan tonggak penting itu amat berarti dalam Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Dapat dibayangkan ketika proklamasi diucapkan tanpa komitmen penting membangun sebuah rumah bangsa yang besar bernama: Indonesia. Tugas para pemimpin bangsa pun menjadi lebih ringan dengan adanya deklarasi Sumpah Pemuda.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Dengan Sumpah Pemuda, para pendiri bangsa hendak meyakinkan generasi penerusnya bahwa perbedaan yang dimiliki bangsa ini adalah kekuatan dahsyat untuk mengusir penjajah.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Sumpah Pemuda menegaskan ikrar kebangsaan bermuara pada kemerdekaan bangsa. Inspirasi penting Sumpah Pemuda menegaskan perjuangan bernuansa kedaerahan yang terpecah belah tidak akan mampu membulatkan tekad mengusir penjajah.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Untuk pertama kalinya perjuangan yang bersifat etnis kedaerahan menjadi perjuangan kebangsaaan. Dengan demikian Sumpah Pemuda sejatinya pengorbanan para pendiri bangsa yang berani menyingkirkan semua aliran kesukuan, keagamaan, aliran politik ke dalam bingkai satu nusa satu bangsa dan satu bahasa.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Pada titik ini keteladanan para pendiri bangsa relevan digemakan kembali. Ketika bangsa mulai terdapat gejala retak karena korupsi, lemahnya integrasi dan konflik bernuansa etnis keagamaan pengorbanan para pendiri bangsa adalah contoh kuat.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Sumpah Pemuda mengingatkan kita semua, bahwa di Indonesia tidak boleh ada golongan yang merasa ditindas, dianaktirikan, dikucilkan, atau diabaikan.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Sumpah Pemuda harus melahirkan keadilan bagi semua dan tidak ada perbedaan. Sekarang ini, setelah bangsa kita sudah merdeka, Sumpah Pemuda masih menjadi perekat yang ampuh menyatukan segala macam perbedaan.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Sumpah Pemuda adalah inspirasi amat penting para pendiri bangsa mau berkorban untuk masa depan bangsa. Loyalitas sebagai warga bangsa perlu terus ditumbuhsuburkan, Dengan semangat dan jiwa asli Sumpah Pemuda yang dicetuskan dalam tahun 1928, kita perlu berusaha bersama-sama untuk menjadikan Indonesia yang berpenduduk 237 juta orang ini sebagai milik kita bersama.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Kini, di era reformasi ketika semangat kejuangan pemuda layak digugat dan dipertanyakan pengorbanan para pendiri bangsa menemukan relevansinya. Ketika perbedaan atas nama suku, agama dan ras ditonjolkan bahkan dijual untuk komoditas politik kekuasaan.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Ketika perbedaan atas nama agama, etnis semakin ditonjolkan, ketika kekerasan atas nama agama kian berjangkit serta perbedaan kesukuan kian menganga semangat patriotisme kepemudaan layak digelorakan kembali.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Pada saat semangat Sumpah Pemuda yang merupakan pengorbanan para pendiri bangsa terasa pudar maknanya kita membutuhkan perekat persatuan dan kebangsaan yang mampu menyatukan dari beragam perbedaan.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Sumpah Pemuda hanya bisa betul-betul dihayati atau dipatuhi, kalau semua merasa mendapat perlakuan yang adil. Sumpah Pemuda hanya bisa betul-betul diakui atau ditaati secara bersama dengan sepenuh hati, kalau semua merasa dihargai setara. Adalah pengkhianatan terhadap Sumpah Pemuda, kalau ada golongan yang mau memaksakan secara sewenang-wenang faham keagamaannya atau aliran politiknya.

    Reply

    Bang Iwan Reply:

    Indonesia adalah untuk semua golongan, yang merupakan berbagai komponen bangsa. Saatnya pengorbanan besar seperti para pemuda itu dinyalakan kembali. Dengan mengibarkan panji-panji Sumpah Pemuda, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila kita perlu berjuang terus bersama-sama demi kepentingan seluruh rakyat, demi kesejahteraan dan kedamaian berbagai golongan suku, keturunan, agama, dan aliran politik.

    Reply

  7. 3-11-2010 at 06:57 | #7

    Tugas kita sekarang menyalakan api Sumpah Pemuda yang nyaris telah padam.

    Reply

  8. 8-11-2010 at 09:30 | #8

    sumpah pemuda adalh satu bangsa satu tanah air dan satu negara

    Reply

  9. 7-4-2011 at 16:39 | #9

    mari ank muda kita bersatu untuk membangun bangsa

    Reply

  10. sella
    9-10-2011 at 09:21 | #10

    bagaimana pendapat anda ttg kalimat “kami putera puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”? dan bagaimana pendapat anda jika kalimat itu diganti dengan kalimat “putera puteri Indonesia mengaku bebahasa satu, bahasa Indonesia”?

    Reply

Comment pages
5+8=? (Wajib diisi)