Home » Lain-lain » Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda

28 Okt. 201079 comments
Sumpah Pemuda
Naskah Sumpah Pemuda versi orisinal :
Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Hari ini Kamis tanggal 28 Oktober 2010 adalah bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke 82. Kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Allah SWT, bahwasanya pemuda Indonesia terus tumbuh berkembang mengisi hari ini dan membangun masa depan bangsa dengan karya, kreativitas, serta semangat kemajuan dan kebersamaan. Oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 oktober ini sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia.

Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas di bawah kekuasaan kaum kolonialis penjajah pada saat itu. Kondisi ketertindasan inilah yang kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup bangsa Indonesia. Tekad dan semangat tersebut kemudian menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia sehingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Makna Peringatan Sumpah Pemuda

Eksistensi pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting, karena merekalah yang memiliki potensi untuk mewarnai perjalanan sejarah sebuah bangsa dan umat manusia pada umumnya.

Bagi kaum muda Indonesia, Hari Sumpah Pemuda selalu memicu inspirasi dan motivasi baru untuk memajukan bangsa Indonesia. Setiap tahun kita berkesempatan merasakan kembali tekad, semangat, dan harapan pemuda-pemudi di zaman pergerakan itu akan Indonesia yang bersatu: Satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa Indonesia.

Cita-cita luhur itu telah merajut kemajemukan menjadi suatu keutuhan yang bertujuan merdeka dan bebas dari kekangan untuk menentukan masa depan sendiri. Para pemuda-pemudi saat itu juga sangat sadar bahwa tuntutan mereka mensyaratkan tanggung-jawab bersama yang terus-menerus untuk membuktikan kemampuan bangsa ini mewujudkan harapan-harapan rakyatnya. Kekuatan tekad dan semangat mereka ini adalah dasar dari karakter bangsa Indonesia, khususnya para pemuda, yang harus terus kita kembangkan.

Tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 tahun ini : “Bangun Karakter Pemuda Demi Bangsa Indonesia Yang Maju dan Bermartabat” mengandung pesan bahwa langkah menuju Indonesia yang maju dan bermartabat sangat bergantung pada karakter pemuda yang kokoh di atas semangat persatuan dan kesatuan Indonesia. Karakter yang kokoh ini bercirikan semangat patriotik, jiwa nasionalis, jati diri yang mengakar, wawasan luas, kecerdasan yang mencerahkan, kepedulian yang merekatkan, serta keteguhan untuk bersatu yang semuanya dinaungi oleh nilai-nilai Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemuda Indonesia dengan kepribadian Indonesia yang tertanam dalam jiwanya akan mampu berpengaruh besar dalam menentukan arah dan langkah bangsa ketika menghadapi persoalan-persoalan kini dan di masa depan. Untuk itu, pemuda Indonesia harus terus-menerus mempersiapkan diri, baik secara individu maupun bersama-sama, untuk memupuk, memelihara, dan memperkokoh kepribadian Indonesia.

Di era digital berbasis IT seperti sekarang ini sebuah informasi sudah menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup. Untuk itu peran dan kontribusi kaum muda sangat dibutuhkan, dalam kontek ini peran serta para blogger yang notabene sebagian besar adalah para kaum muda menjadi sangat urgen dan strategis. Sebagai seorang blogger mudah-mudahan bisa berperan dan berkontribusi untuk bisa senantiasa membuat konten-konten yang bersifat membangun, konstruktif dan positif dan bermanfaat (internet sehat) untuk kemajuan bangsa dan negara ini. Majulah bangsaku, bangkitlah negeriku.

Mudah-mudahan artikel tentang Sumpah Pemuda ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. SMP, Anak SMP dan Masa Remaja
  2. “Air”, Tema Global “Blog Action Day 2010”
  3. Internal Server Error
  4. Mengembalikan Semangat Ngeblog
  5. Manfaat, Keutamaan dan Kekuatan Do’a
  6. Mohon Maaf | Mohon Do’a
  7. Rehat Sementara dan Segera Akan Kembali
  8. Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan
  9. [Puisi Cinta] Cinta Itu Adalah …
  10. Pesta Blogger Plus 2010
  1. 29-10-2010 at 06:01 | #1

    (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!

    Reply

    alamendah Reply:

    (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Di tengah negeri ini dirundung berbagai bencana dan kerusakan alam dan lingkungan hidup peran, kepemimpinan dan kepeloporan pemuda kita nantikan.

    Ingat; Sejarah mencatat, pemuda selalu menempati peran yang sangat strategis dari setiap peristiwa penting yang terjadi.

    Beberapa fakta diantaranya: Dr. Soetomo mendirikan Budi Utomo (1908) pada usia belum genap 20 tahun, Soewardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara) mendirikan Indische Partij (1914) pada usia 20 tahun, Bung Karno beken di panggung politik pada usia 22 tahun, Bung Hatta mendirikan Perhimpunan Indonesia (1924) di Belanda pada usia 21 tahun.

    Selamat hari Sumpah Pemuda.

    Reply

    alamendah Reply:

    (Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!

    Reply

    alamendah Reply:

    (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!

    Reply

    alamendah Reply:

    (Maaf) izin mengamankan KELIMAAAX dulu. Boleh, kan?!

    Reply

    alamendah Reply:

    (Maaf) izin mengamankan KEENAX dulu. Boleh, kan?!

    Reply

    alamendah Reply:

    (Maaf) izin mengamankan KETUJUX dulu. Boleh, kan?!

    Reply

    alamendah Reply:

    1(Maaf) izin mengamankan KEDELAPAX dulu. Boleh, kan?!

    Reply

    alamendah Reply:

    (Maaf) izin mengamankan KESEMBILAX dulu. Boleh, kan?!

    Reply

    alamendah Reply:

    (Maaf) izin mengamankan DOUBLE KELIMAAAX dulu. Boleh, kan?!

    Reply

    Hybrid car Reply:

    Sekalian sampai ke seratusx bung alam… :D

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    karena mengamankan jadi tersusul

    Reply

    Hybrid car Reply:

    Ngebut lagi bung alam….
    kemana saja ?

    Reply

    alamendah Reply:

    Gak kemana-mana. Nonton aja…

    Reply

  2. 29-10-2010 at 06:02 | #2

    Di tengah negeri ini dirundung berbagai bencana dan kerusakan alam dan lingkungan hidup peran, kepemimpinan dan kepeloporan pemuda kita nantikan.

    Ingat; Sejarah mencatat, pemuda selalu menempati peran yang sangat strategis dari setiap peristiwa penting yang terjadi.

    Beberapa fakta diantaranya: Dr. Soetomo mendirikan Budi Utomo (1908) pada usia belum genap 20 tahun, Soewardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara) mendirikan Indische Partij (1914) pada usia 20 tahun, Bung Karno beken di panggung politik pada usia 22 tahun, Bung Hatta mendirikan Perhimpunan Indonesia (1924) di Belanda pada usia 21 tahun.

    Selamat hari Sumpah Pemuda.

    Reply

    Hybrid car Reply:

    Kalau pemuda sekarang, umur 20 tahun masih belum nyampe kesitu sob…

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    jelas,sekarang jauh berbeda

    Reply

    alamendah Reply:

    sekarang nyampainya ke pacebuk atau malah situs xxx

    Reply

    cah ndeso Reply:

    dan saya mendirikan Blog Muria pada usia 27 tahun (ndak nyambung ya Mas).

    Piiss wes….heheheee

    Reply

    alamendah Reply:

    Wakkaakakak….. Disambung aja pakai rafia.

    Reply

  3. 29-10-2010 at 08:06 | #3

    Sayangnya generasi muda sekarang sudah banyak yang tidak mengerti atau bahkan tidak mau tahu dengan semangat sumpah pemuda. Saling serang, anarkhi menjadi pemandangan sehari-hari…

    Reply

    alamendah Reply:

    Gak anarki katanya gak lelaki…

    Reply

    Hybrid car Reply:

    Weish….itu pandangan yang sama sekali keliru….

    Reply

  4. 29-10-2010 at 10:16 | #4

    saya sebagai pemuda bersumpah akan tetap mencintai pemudi,zxixixi *piss ah kang alwi :)

    Reply

    Hybrid car Reply:

    wakakakak….itu sudah rumus dari dulu sob…

    Reply

    alamendah Reply:

    Mau mencinta sesama pemuda juga boleh, kok

    Reply

  5. 29-10-2010 at 13:46 | #5

    Wew~ nice posting :D kelimaxx ya? *masih pejwan*

    Reply

    alamendah Reply:

    Postingnya selalu nice dong/..!

    Reply

  6. 29-10-2010 at 15:16 | #6

    selamat hari sumpah pemuda,
    pemuda harapan bangsa..

    Reply

    alamendah Reply:

    Selamat hari pemuda pemudi ……….

    Reply

    Hybrid car Reply:

    Bukan harapan pemudi ya bro ?

    Reply

  7. 29-10-2010 at 17:33 | #7

    lama nggak main kesini, tampilannya tambah keren nih

    Reply

    alamendah Reply:

    Tambah ada bintang-biuntangnya segala

    Reply

  8. 29-10-2010 at 17:34 | #8

    Inget pidatonya Bung Karno, “Berikan aku satu pemuda maka akan aku guncang Indonesia, berikan aku sepuluh orang pemuda maka akan aku guncang dunia.”
    Manteb tema Hari Sumpah Pemuda tahun ini, tapi itu hanya akan sekedar tema kalo kita hanya membacanya, mari kita laksanakan petuah mas Alwi..

    Reply

    alamendah Reply:

    Nah itu sudah pada tahu ……………….!

    Reply

  9. 29-10-2010 at 21:03 | #9

    Selamat malam, Mas Alwi…
    saya baru bisa berkunjung lagi..

    Tampilan Web nya makin kinclong ih… :D

    Reply

    Hybrid car Reply:

    Selamat siang mbak….

    Reply

    alamendah Reply:

    Selamat pagi, Mas ………..

    Reply

  10. 30-10-2010 at 08:02 | #10

    blogwalking mas. pemuda sekarang jadi pemuda peniru biasanya mah

    Reply

    alamendah Reply:

    Pemuda sekarang musti rajin blogwalking
    hehehhe

    Reply

    Hybrid car Reply:

    Kliatannya lebih pinter fingerwalking bung alam… :D

    Reply

Comment pages
2+3=? (Wajib diisi)