Home » SEO » Strategi Optimasi SEO Di Tahun 2011

Strategi Optimasi SEO Di Tahun 2011

17 Apr. 2011101 comments
Strategi Optimasi SEO Di Tahun 2011

Dalam sebuah video di Youtube, Matt Cutts dari Google menjawab pertanyaan berikut “If you were an SEO of a large company, what would you include in your 2011 strategy?” Jika Anda seorang SEO dari sebuah perusahaan besar, strategi apakah yang akan anda lakukan di tahun 2011 ini?”

Menurut Matt Cutts, beberapa strategi optimasi SEO di tahun 2011  yang bisa dilakukan di antaranya, optimasi kecepatan loading website, internal link building dan social media marketing.

Walapun kita bukan pakar SEO dari sebuah perusahaan besar, rasanya tips dari Matt Cutts tersebut masih relevan untuk diterapkan di blog personal apalagi blognya digunakan untuk ladang mencari uang (Cara Monetize Blog).

1. Optimasi Kecepatan Loading Website

Cukup sering saya katakan dalam beberapa postingan sebelumnya, bahwa waktu loading sebuah halaman website atau blog adalah salah satu faktor dalam pemeringkatan Google. Beberapa hasil kajian menunjukkan bahwa kecepatan loading sebuah website/blog juga akan mempengaruhi perilaku pengunjung. Semakin cepat loading sebuah website akan membuat semakin nyaman atau betah pengunjung tersebut dan akan punya nilai lebih. Sebaliknya semakin lambat loading sebuah website juga ada kecenderungan semakin membuat tidak nyaman untuk pengunjung tersebut, dan ujung-ujungnya pengunjung akan menutup halaman website tersebut.

Jika Anda menggunakan WordPress, ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan loading blog anda. Silahkan anda telusuri tulisan saya di kategori Optimasi WordPress. Untuk menganalisa bagian mana saja yang masih perlu untuk dioptimasi anda bisa memanfaatkan add-ons Firebug, Page Speed dan Yslow.

2. Internal link building

Salah satu teknik optimasi SEO yang bisa diterapkan dalam membangun kekuatan SEO dalam website/blog, anda bisa mengoptimalkan internal link building. Internal link building ini bisa anda buat antar posting atau halaman atau lainnya. Dengan memberi link antara konten yang satu dengan yang lainnya akan memperkuat SEO sebuah website/blog.

Internal link dalam blog juga akan membantu meningkatkan ranking blog anda dan akan membantu meningkatkan traffic serta page view, sebab jika orang yang datang ke blog anda sudah tidak ada pilihan lagi untuk dilihat maka mereka akan pergi. Ketika anda menawarkan sebuah link ke postingan anda yang lain ada kemungkinan mereka akan klik link anda dan pengunjung akan tetap di blog anda lebih lama.

Manfaat lainnya ketika kita menyisipkan link pada setiap artikel yang kita buat yaitu manakala ada orang lain yang copy paste mentah-mentah postingan kita, maka kita sudah menanamkan link di dalamnya.

Supaya lebih efektif dalam membangun internal link, selalu gunakan kata kunci (keyword) yang relevan pada anchor teks untuk sebuah link yang akan anda buat dan lakukan secara konsisten.

3. Social Media Marketing

Media sosial atau situs jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, Koprol dan lain sebagainya sudah menjadi lebih dari sekadar ajang berteman. Media sosial juga bisa berfungsi sebagai media membangun kepedulian dan memasarkan produk. Lalu bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk tujuan itu? Walaupun Social Media bukan sebuah Search Engine tapi untuk saat ini trendnya luar biasa, anda bisa menggabungkan keduanya (sinergi).

Penyebaran konten yang baik di Twitter, Facebook, Digg, Reddit, Stumbleupon dll akan menciptakan bangunan link dan jaringan yang alami. Setiap media sosial punya keunikan tersendiri. Jadi cara pemasaran di setiap media sosial mesti memiliki strategi yang berbeda sesuai dengan karakter penggunanya. Twitter misalnya, yang memiliki efek yang diibaratkan dengan penyebaran virus dalam tubuh. Bisnis Anda, jika dikemas dengan menarik, dapat menyebar dengan cepat di komunitas Twitter. Misalnya jika Anda meluncurkan fitur baru di blog Anda dan menarik, lantas kirim ke Twitter sehingga muncul para pengikut. Ada kemungkinan mereka akan menyebarkan berita tersebut.

Dalam skala yang lebih luas, media sosial bisa berfungsi sebagai media untuk melakukan engagement (keterikatan) dengan konsumen. Hal ini berguna untuk mempertahankan relasi dengan konsumen, membangun kepercayaan dan loyalitas produk.

Mudah-mudahan artikel tentang Strategi Optimasi SEO Di Tahun 2011 ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Tips Atau Cara Menulis Yang Baik Di Blog
  2. Konten Berkualitas Versi Google
  3. Optimasi Internal Link Building WordPress
  4. Cara Mengoptimasi Halaman Kategori
  5. SEO dan Sejarahnya
  6. Cara Membuat Breadcrumb Di WordPress
  7. Membuat Blog Bersahabat dengan Search Engine
  8. Cara meningkatkan peringkat di TopSeratus.com
  9. Cara Mencegah Duplicate Content Di Google Webmaster Tools
  10. Cara Setting Plugin Platinum SEO Pack
  1. 8-4-2012 at 18:03 | #1

    pak alwi bagaimana caranya membuat theme kita wus wus ky yg ini? queryny jg dikit bgt..

    Reply

  2. 9-5-2012 at 13:52 | #2

    Ditunggu Tips SEO 2012 dengan algoritma baru yang ditetapkan Oom google. Thks

    Reply

  3. 28-10-2012 at 08:22 | #3

    Setelah membaca dari artikel yang “Optimasi Internal Link Building WordPress” kemudian saya pindah ke artikel yang ini, sedikit ada gambaran tentang internal link

    makasih banyak mas,
    namun, untuk settingan STT2 supaya tidak memberatkan hoting, tapi kinerjanya tetap maksimal, bagimana mas ?

    Reply

  4. 25-4-2013 at 17:23 | #4

    masih pusing gan,tapi tetep berusaha biar daper ranking 1 di google ^_^

    Reply

  5. 15-8-2013 at 17:32 | #5

    dalam strategi SEO sebaiknya menggunakan link building yang berkualitas dan jangan lupakan On Page agar semakin baik dimata google jangan lupakan sosial media juga dalam link building

    Reply

  6. 3-3-2014 at 01:27 | #6

    Artikel-artikel anda sangat membantu sekali bagi para Blogger pemula saperti saya, terima kasih banyak atas informasi yang diberikan dan sangat membantu saya dalam mengembangkan web yang saya kelola.

    Reply

  7. 21-4-2014 at 14:46 | #7

    Kalo untuk tahun 2014 adakah strateginya gan?

    Reply

  8. 28-12-2014 at 13:00 | #8

    sekarang sudah beda mas bro… di tahun ini kita musti hati hati dalam SEO, terutama kalau website kita menggunakan bhs inggris… ada yang menggunakan PBN dll intinya ikut arahan google dan kita akan aman.

    Reply

  9. 25-5-2015 at 21:22 | #9

    kalau sekarang sepertinya main di lokal seo deh mas bro

    Reply

  10. 15-12-2015 at 14:05 | #10

    dapat dipahami dengan mudah

    Reply

Comment pages
1 6 7 82314
0+6=? (Wajib diisi)