Home » Info » Sony Corp Somasi Blogger Indonesia

Sony Corp Somasi Blogger Indonesia

13 Mar. 201077 comments
Sony Corp Somasi Blogger Indonesia

Seperti yang telah diberitakan oleh berbagai media, pihak Sony Corp, raksasa elektronik asal Jepang, diketahui telah melayangkan surat somasi kepada seorang blogger Indonesia. Gara-garanya? Sang blogger (Sony Arianto Kurniawan) telah menggunakan nama domain Sony-AK.com untuk blog pribadinya.

Kata Sony dalam alamat Sony-AK.com konon menurut pihak Sony Corp, melanggar merek dagang yang dimiliki oleh perusahaan asal Jepang tersebut. Akibatnya, Sony AK harus menyerahkan domain Sony-AK.com kepada Sony Corp Jepang.

Padahal blog Sony-AK.com berisi artikel-artikel berbagi ilmu pengetahuan yang dilakukan secara pribadi oleh Sony Arianto Kurniawan. Sony-AK.com pun jelas-jelas merupakan nama sang empunya domain, dengan huruf A dan K merupakan singkatan dari kata-kata Arianto dan Kurniawan pada namanya.

Sony Corp sendiri terbilang cukup agresif untuk urusan nama domain. Beberapa waktu lalu, Sony memenangkan nama domain Walkman.net dalam arbitrase di World Intellectual Property Organization (WIPO). Namun, akhirnya nama domain tersebut dibiarkan terbengkalai.

Walkman sendiri ditemukan Sony pada akhir tahun 70-an, di mana saat itu sampai tahun 90-an, Walkman menjadi nama yang begitu populer untuk perangkat musik portable.

Setelah itu Sony aktif memburu nama-nama domain yang berbau Walkman, termasuk salah satunya adalah Walkman.net. Hingga akhirnya raksasa elektronik Jepang itu memenangkan status kepemilikan atas nama domain tersebut. Pada tahun 2000, perusahaan ini juga memenangkan nama domain Walkman.com melalui arbitrase WIPO. Lantas apa yang dilakukan Sony setelah mendapatkan nama domain itu? Ternyata hingga saat ini, situs dengan nama domain tersebut dibiarkan menganggur. Jika diklik, pengunjung hanya akan menjumpai halaman dengan tulisan ‘under construction’. Selain domain Walkman, Sony Corp juga telah mengantongi kepemilikan nama domain sony.net, sony-bg.com dan sonybg.com.

Perburuan Sony Corp atas nama domain terus berlanjut. Kini raksasa elektronik itu melayangkan somasi pada seorang blogger Indonesia yang bernama Sony Arianto Kurniawan karena menggunakan nama domain Sony-AK.com untuk blog pribadinya.

Para pengamat sudah banyak yang memberikan tanggapannya ada yang pro ada yang kontra, tapi kebanyakan ikut memberikan dukungannya kepada Sony Arianto Kurniawan. Bahkan seorang Roy Suryo yang biasanya sering berseteru dan bertentangan dengan para blogger, kali ini Pokja Kominfo tersebut membela blogger Indonesia Sony Arianto Kurniawan atau yang biasa disebut dengan Sony AK yang dituduh menggunakan merek dagang Sony Corporation sebagai domain dalam blog-nya, sony-ak.com.

Menurut Roy Suryo, “Tindakan Sony Corp mensomasi blogger saya nilai berlebihan. Jika merujuk undang-undang informasi dan transaksi elektronik, apa yang dilakukan Sony sudah benar adanya,”. Menurut Roy, dalam data yang digunakan Sony untuk meregister domain sony-ak.com dianggap sudah cukup sesuai dengan UU ITE, terutama pada bab 6 pasal 23 ayat 1 hingga 3. “Sony sudah memakai nama asli dan tidak berniat negatif terhadap Sony Corp,” tandas Roy.

Dalam bab 6, yang mengatur nama domain, hak kekayaan intelektual dan perlindungan hak pribadi tertulis, disebutkan :

  1. Setiap penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, dan/atau masyarakat berhak memiliki Nama Domain berdasarkan prinsip pendaftar pertama.
  2. Pemilikan dan penggunaan Nama Domain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus didasarkan pada iktikad baik, tidak melanggar prinsip persaingan usaha secara sehat, dan tidak melanggar hak Orang lain.
  3. Setiap penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, atau masyarakat yang dirugikan karena penggunaan Nama Domain secara tanpa hak oleh Orang lain, berhak mengajukan gugatan pembatalan Nama Domain dimaksud.

Berdasarkan pasal-pasal tersebut, Roy Suryo menganggap somasi Sony Corp terhadap Sony AK dinilai berlebihan.

Saat ini di Facebook sudah banyak bermunculan Group yang berisi dukungan terhadap Sony AK, bahkan ada salah satu Grup yang sudah sampai menembus angka 1000 lebih anggota. Saya sendiri baik secara pribadi maupun sebagai seorang blogger ikut memberikan dukungannya kepada Sony Arianto Kurniawan. Bagaimana dengan anda ….???

Referensi : detik.com, okezone.com, baliorange.web.id, icann.org, iana.org, UU ITE

Mudah-mudahan artikel tentang Sony Corp Somasi Blogger Indonesia ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Noordin M Top, Top Yahoo Search Sepanjang 2009
  2. Nikmati Promo Kartu Kredit BCA Bagi Pecinta Kuliner
  3. Mengaktifkan Handwrite (Tulisan Tangan) Di Pencarian Google
  4. Pengalaman Menggunakan Beberapa Jenis Koneksi Internet
  5. Mengenal lebih Dekat Data Center Milik Google
  6. Cara Bikin Anak Cerdas
  7. Komentar Blog Terpanjang Di Dunia
  8. Google Perbarui Algoritma Hasil Pencariannya
  9. Penerimaan CPNS 2010 Prov. Jawa Tengah
  10. Free Emoticons For You
  1. 10-1-2013 at 11:38 | #1

    Somasi yg aneh. mungkin bentar lagi gulung tikar tuh produsen, liat aja produknya sekarang pengekor semua :)
    *ngomong ngawur

    Reply

  2. 27-6-2014 at 23:35 | #2

    wah nama domain saya juga salah satu merek smartphone dunia nih, jangan2 disomasi juga.

    Reply

  3. 1-7-2015 at 18:55 | #3

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Teknologi. Teknologi merupakan suatu ilmu yang sedang berkembang di zaman yang sudah maju sekarang ini. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai Teknologi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    Reply

Comment pages
1 4 5 61747
0+3=? (Wajib diisi)