Home » Optimasi Wordpress » Daftar Plugin Yang Saya Gunakan Di Blog Ini

Daftar Plugin Yang Saya Gunakan Di Blog Ini

10 Jan. 2012106 comments
Daftar Plugin Yang Saya Gunakan Di Blog Ini

Salah satu kelebihan Wordpres (khususnya yang self hosting) adalah banyaknya ketersediaan plugin (jumlahnya ribuan) yang bisa digunakan secara gratis dalam rangka untuk meningkatkan kinerja wordpress, baik untuk urusan SEO, performa, tampilan dan juga beberapa fungsi yang lainnya.

Walau sebenarnya untuk meningkatkan performa dan fungsionalitas wordpress bisa dilakukan dengan tanpa menggunakan plugin, misalnya dengan memanfaatkan beberapa fungsi yang ada di PHP dan wordpress itu sendiri (conditional tag, file functions.php dll), namun pada beberapa fungsi dengan bantuan plugin hasilnya akan lebih baik dan lebih mudah serta praktis dalam menunjang aktifitas blogging yang dilakukan. Misalnya untuk masalah performa, di samping ada beberapa bagian yang saya optimasi secara manual, saya juga masih memanfaatkan plugin W3 Total Cache.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, cukup banyak pertanyaan dari para pengunjung blog ini tentang plugin apa saja yang saya gunakan di blog ini, tapi mohon maaf baru kali ini bisa menjawabnya dalam sebuah postingan. Ini murni karena masalah teknis dan kesempatan, tidak ada maksud untuk merahasiakannya karena memang tidak ada yang perlu dirahasiakan. Dengan melihat source code sebenarnya bisa diketahui plugin apa saja yang ada di blog ini.

Berikut ini beberapa plugin yang saya gunakan di blog ini :

1. Dagon Design Sitemap Generator
Fungsi plugin ini untuk membuat daftar isi secara otomatis (tutorialnya ada di postingan ini : Cara Membuat Daftar Isi dengan Sitemap Generator). Walaupun sebenarnya untuk membuat daftar isi bisa saya buat tanpa menggunakan plugin tapi sampai saat ini saya masih suka dengan model daftar isi yang dihasilkan dari plugin ini (daftar isi diurutkan berdasarkan kategori).

2. Google XML Sitemaps
Plugin ini fungsinya untuk membuat sitemap dalam format XML yang berisi link hasil postingan, tag, kategori atau halaman yang akan membantu search engines seperti Google, Yahoo, Bing dan Ask.com dalam mempercepat pengindex-an postingan blog, tag, kategori atau lainnya. Untuk hasil yang maksimal kita harus menyesuaikan pengaturan plugin ini dengan pengaturan yang ada di plugin Platinum SEO Pack kemudian submit sitemap dalam format XML (sitemap.xml) tersebut di Google Webmaster Tool.

3. Platinum SEO Pack
Untuk urusan SEO sampai saat ini blog ini masih mengandalkan plugin ini. Dulu pernah menggunakan All In One SEO Pack kemudian beralih ke plugin ini karena fiturnya lebih lengkap dan hasilnya (menurut saya) lebih baik.

Fiturnya antara lain : automatically do 301 redirects ketika ada pergantian permalink, pengaturan home, post atau page title format, home/post description, home/post keywords, canonical urls, rewrite titles, category title format, custom taxonomy title format, pengaturan index kategori atau tag, use noindex for comment pages of posts dan masih banyak lagi.

4. SEO Auto Links & Related Posts
Sesuai namanya plugin ini berfungsi untuk membuat internal link (internal link building) antar postingan dengan merefer keyword yang mempunyai kesamaan tema atau topik bahasan. Untuk blog ini saya tidak mengaktifkan fitur auto link yang ada di plugin ini (bisa memberatkan server hosting), sebagai gantinya saya lebih memilih secara manual dalam membuat internally link.

Untuk plugin ini saya hanya memanfaatkan fitur Related Posts untuk halaman search (halaman hasil pencarian) agar hasil pencarian artikel lebih akurat karena di samping melakukan pencarian terhadap judul postingan plugin ini juga akan menelusuri isi postingan categori dan tag.

5. SEO SearchTerms Tagging 2
Salah satu plugin wordpress yang sangat mumpuni untuk mendatangkan traffic yaitu SEO SearchTerms Tagging 2 atau biasa disebut STT2. Dengan plugin ini keyword atau kata kunci hasil pencarian dari search engine akan direkam oleh database dan dimasukkan secara otomatis di dalam postingan. Dengan penambahan keyword tersebut di dalam postingan, maka akan semakin memperkuat SEO on page pada postingan tersebut.

6. W3 Total Cache
Untuk urusan performa, baik untuk loading blog ini maupun untuk membantu meringankan kinerja server, sampai saat ini saya masih menggunakan W3 Total Cache. Fiturnya antara lain pengaturan Page Cache, Minify HTML, CSS, Javascript, Database Cache, Object Cache, Browser Cache, User Agent Groups, Referrer Groups, CDN dan masih banyak lagi.

Tanpa menggunakan W3 Total Cache sebenarnya loading blog ini masih sangat cepat (sudah saya test), tapi demi meringankan kerja server hosting (karena visitornya sudah ribuan perharinya) maka plugin ini masih tetap jadi pilihan saya.

7. WordPress Thread Comment
Untuk bagian komentar saya masih sangat menyukai plugin ini. Fiturnya antara lain pengaturan level threaded (nested) comments atau komentar bertingkat, pengelolaan komentar, notification email, Reply komentar melalui Admin Panel dan yang sangat saya sukai yaitu adanya Configuration AJAX di mana ketika seorang komentator mengirim komentarnya tidak perlu reload halaman (efisiensi waktu dan irit bandwidth).

Sebenarnya ada satu plugin lagi yang jadi incaran saya tapi belum saya terapkan di blog ini yaitu WordPress SEO, saat ini sedang saya pelajari dan saya pertimbangkan untuk dipakai di blog ini.

Itulah 7 buah plugin yang masih ngendon di blog ini, beberapa fungsi plugin tersebut sebenarnya bisa saja saya konversi secara manual (tanpa plugin), tapi karena ada beberapa fitur yang masih saya sukai, untuk sementara masih saya biarkan untuk jadi penghuni blog ini.

UPDATE :
Untuk sementara, saat ini saya tidak menggunakan plugin nomor 4. SEO Auto Links & Related Posts dan nomor 5. SEO SearchTerms Tagging 2, alasannya karena ke dua plugin tersebut cukup membebani kinerja server terutama untuk blog dengan traffic tinggi yang menggunakan shared hosting.  Dan gara-gara ke dua plugin ini, blog ini pernah kena suspend dari pihak hosting. Jika nantinya saya jadi pindah hosting luar mungkin akan saya coba gunakan lagi ke dua plugin tersebut.

Mudah-mudahan artikel tentang Daftar Plugin Yang Saya Gunakan Di Blog Ini ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Membuat Spoiler
  2. Cara Melindungi Gambar Dari Pencurian Bandwidth
  3. Optimasi Secret Key pada file wp-config.php
  4. Optimasi Link Komentator WordPress
  5. Membuat WordPress Versi Mobile Dengan W3 Total Cache
  6. Cara Mengoptimasi Halaman Kategori
  7. Cara Mengurangi Jumlah Queri Pada Tampilan Categori WordPress
  8. Cara Membuat WordPress Page Number Tanpa Plugin
  9. Cara Mencegah atau Menghalau Spambot
  10. Cara Membuat Halaman (Pagination) Pada Postingan
  1. 22-6-2014 at 20:48 | #1

    Thanks infonya, cukup berguna bagi saya yg masih dalam tahap pengenalan dengan wp.

    Reply

  2. 3-10-2014 at 02:36 | #2

    plugin untuk memperkuat title namanya apa ya? trima kasih bacaanya keren.. untuk blogdetik ndak ada plugin yang buat google webmaster nihh..

    Reply

  3. 21-11-2014 at 06:53 | #3

    Awalnya saya tertarik utk pasang SEO Auto Links & Related Posts. Sayangnya, plugin tsb ternyata sudah tidak diupdate selama lbh dari 2 tahun. Hmm..

    Reply

  4. 1-1-2015 at 21:06 | #4

    Asslm. Gam saya install STT2 namun might cause with seo yoast.
    Berarti itu harus pilih satu untuk dinonaktifkan ya?

    Reply

  5. 11-1-2015 at 01:26 | #5

    thanks infonya bang, semiga bermanfaat.

    Reply

  6. 26-1-2015 at 21:21 | #6

    terima kasih admin atas informasinya yang membantu saya untuk lebih mengetahui tentang seo

    Reply

  7. 27-1-2015 at 13:16 | #7

    terima kasih banyak sudah banyak membantu dengan infonya, tapi ada satu saran saya kalau mau lebih aman install juga plugin yang bisa merubah url login adminnya yg gak pake ‘wp-admin’ lagi, tapi urlnya kita ganti dan hanya kita yg hafal

    Reply

  8. 29-1-2015 at 21:30 | #8

    nyimak gan, biar pinter atur seo kaya agan… :)

    Reply

  9. 30-1-2015 at 07:12 | #9

    salam kenal ya…
    makasih juga infonya

    Reply

  10. 3-4-2015 at 02:25 | #10

    apa saja yang saat ini plugin yang prlu digunakan yang paling efektif

    Reply

Comment pages
2+7=? (Wajib diisi)