Home » SEO » Pengertian Dofollow dan Nofollow, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Dofollow dan Nofollow, Kelebihan dan Kekurangannya

3 Jul. 201042 comments
Pengertian Dofollow dan Nofollow, Kelebihan dan Kekurangannya

Dalam dunia blogging istilah dofollow dan nofollow sudah tidak asing lagi. Sebuah blog yang disetting dofollow untuk link sang komentator maka ia akan  menginformasikasikan kepada search engine agar memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya.  Jadi bila anda memberikan komentar di sebuah blog, maka link anda akan ditelusuri lebih lanjut oleh mesin pencari atau link anda akan dianggap sebagai sebuah backlink dari blog tersebut.

Pengertian Nofollow adalah atribut kode HTML yang digunakan untuk merintahkan search engine agar tidak memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian mesin pencari dan mencegah indexing spam.  Secara default setting komentar sebuah blog adalah nofollow.

Kelebihan dan Kekurangan blog dofollow (sebagian saya kutip dari blognya OOM dengan sedikit editing di sana sini :

Kelebihan blog dofollow :

  • Biasanya akan sering dikunjungi oleh blogger lain, karena siapa yang berkunjung dan meninggalkan komentar pada blog dofollow akan secara otomatis mendapatkan backlink yang sangat berguna untuk menaikkan pagerank blog bersangkutan.
  • Traffic akan lebih cepat meningkat, seperti yang pernah saya terapkan di blog ini, apalagi jika anda pengguna WordPress  self hosting dan menggunakan plugin CoomentLuv, maka anda akan mendapat lonjakan trafik dari search engine.
  • Akan mendapat komentar yang banyak di hampir semua postingan, sehingga blog tersebut terkesan ramai pengunjung. Dengan banyaknya komentar tersebut, akan memberikan semangat bagi pemilik blog untuk terus mengupdate blognya.
  • Alexa Rank akan lebih cepat langsing, karena traffic dan pageview meningkat.
  • Biasanya akan ada banyak pengunjung setia yang selalu mengunjungi blog tersebut, terutama para pencari backlink.
  • Sang empunya blog akan dinilai sebagai blogger yang baik hati karena telah memberikan backlink secara gratis.
  • Jumlah pelanggan feed akan bertambah, karena pelanggan ingin selalu mengikuti update blog anda
  • Blog menjadi semakin terkenal apabila blog tersebut sebelumnya telah populer dengan keadaan nofollow.
  • Mendapat trafik yang stabil walaupun blog jarang diupdate
  • Menghargai para komentator yang telah bersusah payah memberi komentar, sehingga memotivasi mereka untuk memberi komentar yang lebih baik lagi.

Kekurangannya :

  • Banyak komentar yang agak berbau spam (komentar asal-asalan) dengan tujuan hanya mencari backlink semata.
  • Pemilik blog akan kewalahan mengurus banyaknya komentar (seperti yang pernah saya alami).
  • Pagerank blog bisa cepat turun jika tidak imbang antara link keluar (outbound link) dan link masuk (inbound link).
  • Kesempatan untuk menjual link akan berkurang karena para advertiser dapat memanfaatkan blog anda yang dofollow.
  • Apabila backlink-backlink tersebut masih satu tema dengan blog anda, mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah, namun jika blog tersebut jauh dari tema blog anda, maka bisa jadi search engine akan menganggap blog anda hanyalah junk blog, atau anda akan dianggap beternak link (link farm).
  • Untuk pengguna WordPress dengan hosting sendiri, bisa jadi bandwidth akan lebih cepat habis karena terlalu banyak page impression dikarenakan para pengunjung ingin meninggalkan komentar di hampir semua postingan.
  • Kalaupun ada sebuah komentar yang berkualitas, namun jika terlalu banyak link akan kurang bagus di mata search engine.

Dengan kelebihan dan kekurangan tersebut semua keputusan kembali kepada sang pemilik blog, tergantung tujuannya. Namun jika ada yang ingin menjadikan blognya menjadi dofollow caranya pernah saya posting di sini pada paragraph terakhir (untuk WordPress). Untuk Blogspot caranya ada di postingan ini (paragraph terakhir).

biasanya akan sering dikunjungi oleh blogger lain. Hal ini karena siapa yang berkunjung dan meninggalkan komentar pada blog dofollow akan secara otomatis mendapatkan backlink yang sangat berguna untuk menaikkan Pagerank blog bersangkutan.
Mudah-mudahan artikel tentang Pengertian Dofollow dan Nofollow, Kelebihan dan Kekurangannya ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Tips Atau Cara Menulis Yang Baik Di Blog
  2. Konten Berkualitas Versi Google
  3. Optimasi Internal Link Building WordPress
  4. Cara Mengoptimasi Halaman Kategori
  5. SEO dan Sejarahnya
  6. Cara Membuat Breadcrumb Di WordPress
  7. Membuat Blog Bersahabat dengan Search Engine
  8. Strategi Optimasi SEO Di Tahun 2011
  9. Cara meningkatkan peringkat di TopSeratus.com
  10. Cara Mencegah Duplicate Content Di Google Webmaster Tools
  1. 8-3-2016 at 23:45 | #1

    wah begitu ya gan. masih takut nih mau merubah jadi dowfollow. tapi kayaknya asik ya dofollow, jadi ramai pengunjung gitu ga kaya blogku, sepi abis.
    kunbal ya gan, berikan masukan buat blogku.
    makasih sebelumnya

    Reply

Comment pages
1 3 4 51968
2+4=? (Wajib diisi)