Home » Blogspot » Optimasi Link Komentator Blogspot

Optimasi Link Komentator Blogspot

28 Feb. 2010148 comments
Optimasi Link Komentator Blogspot

Kalau pada postingan sebelumnya sudah saya share tips Cara Mengoptimasi Link Komentator WordPress, maka sesuai janji sekarang giliran bagi-bagi tips Cara Mengoptimasi Link Komentator Blogspot. Ini sekaligus mengunjungi rumah lama (blogspot) yang sudah tidak pernah ditengok-tengok selama 7 bulan atau semenjak punya blog ini Alwi’s Blog | m-alwi.com.

Untuk yang belum baca postingan sebelumnya sedikit saya ulang, seperti kita ketahui settingan default URL atau link komentator baik di wordpress maupun di blogspot ketika diklik akan terbuka pada jendela yang sama (Link Properties Will Open in same window). Menurut saya settingan ini kurang baik terutama untuk pemilik blog, karena ketika pemilik blog atau pengunjung mengklik atau membuka URL link salah satu komentator maka blognya akan tertutup dengan blog yang baru dibuka tadi. Disamping itu juga akan mengurangi jumlah waktu kunjungan (Time on Site).

Untuk mengoptimalkannya maka link komentator harus kita setting ketika diklik akan terbuka di tab atau jendela baru (Link Properties Will Open in New Tab). Dengan cara ini blog kita masih tetap terbuka. Cara ini juga akan menguntungkan pemilik blog dan pengunjung. Jadi ketika akan membuka link komentator tidak perlu pakai klik kanan open link in new tab. Manfaat lainnya dengan masih terbukanya blog kita maka akan menambah jumlah waktu kunjungan (Time on Site). Dengan begitu cara ini bagus untuk meningkatkan Alexa Rank, karena salah satu indikator penilaian rangking Alexa di antaranya jumlah waktu kunjungan (Time on Site) pada sebuah blog atau website.

Caranya :

  1. Silahkan login ke Account blogger dengan cara buka URL http://www.blogger.com/home pada browser.
  2. Pilih Tata Letak kemudian pilih Edit HTML, beri centang pada
  3. Backup terlebih dahulu template yang ada untuk berjaga-jaga jika terjadi eror, dengan cara klik Download Template Lengkap atau arahkan mouse ke kotak editor template terus tekan Ctrl+A => Ctrl+C kemudian pastekan ke notepad dan simpan.
  4. Masih di menu editor template cari kode seperti ini : <a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'> Caranya tekan Ctrl+F isikan kode tersebut pad kotak pencarian. Jika tidak ketemu karena mungkin template sudah pernah diubah oleh pembuat template (tapi ini jarang terjadi) coba cari kode ini : <a expr:href='data:comment.authorUrl'> pada kotak pencarian atau cukup ketik data:comment.authorUrl klik tulisan berikutnya untuk menemukan kodenya.
  5. Jika sudah ketemu tambahkan kode target='_blank' setelah rel='nofollow' sehingga kode keseluruhan menjadi seperti ini : <a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow' target='_blank'>
  6. Kemudian simpan template dan lihat hasilnya.

Hampir sama dengan yang di wordpress, inti dari settingan tersebut yaitu dengan menambahkan kode target=’_blank’. Tips tambahan, bagi yang ingin sekalian menjadikan blognya menjadi dofollow silahkan ganti yang ada kata-kata nofollow-nya dengan external. Contoh rel='nofollow' menjadi rel='external', gimana mudah kan ???.

Mudah-mudahan artikel tentang Optimasi Link Komentator Blogspot ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Read More Feature On Blogger
  2. Cara Mengganti Icon Pada Address Bar Blogspot
  3. Post Editor Baru di Blogger.com
  4. Cara Mengganti Background Blog (blogspot)
  5. Aplikasi Blogger Untuk iPhone
  6. Cara Mengganti Judul Blog Dengan Judul Posting (Blogspot)
  7. Cara setting domain di co.cc
  1. 2-10-2014 at 15:15 | #1

    halo gan ,selamt sore

    info dan artikelnya menarik sekali
    terima kasih sudah share info

    Reply

  2. 2-10-2014 at 15:33 | #2

    halo gan

    infonya beguna sekali ……

    Reply

  3. 4-1-2015 at 17:20 | #3

    Oowh iya juga ya..? Kenapa selama ini tidak kepikiran ya? Apa emang saya tidak punya pikiran? :) Terima kasih banyak kang Alwi..

    Reply

  4. 26-8-2015 at 20:51 | #4

    Dari sejak seminggu yang lalu saya mencari tutorial seperti ini, eh ternyata nemunya disini. Terimakasih mas …

    Reply

  5. 20-12-2015 at 00:25 | #5

    Benar Mas Alwi bagaimanapun juga bounce rate sangat penting untuk membangun blog dengan cara tidak menghilangkan link blog post sebelumnya

    Reply

  6. 17-4-2016 at 05:58 | #6

    terima kasih om untuk infonya

    Reply

  7. 26-4-2016 at 06:02 | #7

    ooohhh gitu to caranya…
    mantap nih udah dicoba…
    makasih udah berbagi mas alwi

    Reply

Comment pages
1 8 9 101729
5+5=? (Wajib diisi)