Home » Info » Online Satu Jam Per Hari Tingkatkan IQ

Online Satu Jam Per Hari Tingkatkan IQ

17 Jan. 2010325 comments
Online Satu Jam Per Hari Tingkatkan IQ

pengaruh internet terhadap kecerdasanBerbagai kebiasaan di era digital seringkali membuat khawatir akan berdampak buruk pada perkembangan otak. Namun nyatanya, hasil penelitian terbaru menyebutkan kegiatan berinternet rutin selama satu jam bisa meningkatkan taraf kecerdasan atau IQ dan juga daya ingat.

Para ilmuwan di University of California, Los Angeles membandingkan otak partisipan yang tergolong orang dewasa berusia paruh baya yang jarang menggunakan internet dengan kondisi otak mereka setelah bermain internet selama satu jam sehari.

Setelah lima hari, area otak yang disebut prefrontal cortex yang mengontrol kemampuan dalam membuat keputusan dan mengintegrasikan informasi rumit terlihat jauh lebih aktif.

Area ini sebelumnya kurang aktif ketika belum dilakukan percobaan,” kata pemimpin studi ilmiah ini, Gary Small.  Namun setelah lima hari, area otak itu sama aktifnya dengan otak milik mereka yang rutin berinternet. Ini menunjukkan bahwa fungsi otak dapat berubah dan meningkat dengan penggunaan internet,” ujarnya. Melalui studi ini, diketahui pula bahwa rata-rata tingkat IQ meningkat secara perlahan seiring dengan perkembangan kultur digital. Kemampuan mengolah informasi dengan cepat dan melakukan banyak tugas tanpa kesalahan juga terus meningkat.

Bahkan kegiatan yang dianggap cukup membosankan pun seperti memeriksa dan memilih email dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat suatu keputusan. Kegiatan rutin memilih email dalam inbox setiap hari membantu mengembangkan kemampuan menyaring informasi dalam jumlah lebih besar dengan cepat. Kita pun dilatih untuk memutuskan mana yang penting dan mana yang tidak, tegas Small. Sumber Daily Mail.

Setujukah anda kalau judul di atas saya ganti menjadi “Blogging Satu Jam Perhari Tingkatkan Kecerdasan IQ ???”.

Mudah-mudahan artikel tentang Online Satu Jam Per Hari Tingkatkan IQ ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Tips dan Trik Cara Cepat Menguasai Google Chrome
  2. Cara Setting GPRS Telkomsel Secara Otomatis
  3. Yahoo Makin Terintegrasi dengan Facebook
  4. Internal Server Error
  5. Sony Corp Somasi Blogger Indonesia
  6. Add On Pemantau Gempa
  7. Tips Tetap Sehat Dan Bugar Selama Berpuasa
  8. Selamat Jalan Gus Dur, Kiai, Cendekiawan, Politisi, dan Guru Bangsa
  9. Penerimaan CPNS 2010 Prov. Jawa Tengah
  10. Bau-bau Yang Paling Disukai Pria Dan Wanita
  1. 6-7-2010 at 10:56 | #1

    Carr, pakar teknologi informasi berargumen bahwa kemudahan mesin pencari online tersebut membatasi kemampuan individu berkonsentrasi.

    Reply

  2. 6-7-2010 at 10:57 | #2

    Tak ada lagi ruang tenang untuk berkontemplasi karena disibukkan aktivitas browsing dan skimming.

    Reply

  3. 6-7-2010 at 10:57 | #3

    Judul tulisan Carr itu jadi salah satu pertanyaan dalam survei bertajuk The Future of the Internet IV.

    Reply

  4. 6-7-2010 at 10:57 | #4

    Pew Internet yang menyelenggarakan riset itu memilih 900 orang sebagai respondennya yang diwawancarai melalui surat elektronik, Twitter atau Facebook.

    Reply

  5. 6-7-2010 at 10:58 | #5

    Mereka terdiri dari ilmuwan, pengusaha, dan pengembang teknologi. Perusahaan ini ingin mengetahui pandangan responden tentang pengaruh Internet saat ini dan 10 tahun mendatang.

    Reply

  6. 6-7-2010 at 10:58 | #6

    Hasil survei ternyata berkebalikan dengan penilaian Carr. Internet malahan memperbaiki aktivitas membaca dan menulis guna memahami keseluruhan pengetahuan.

    Reply

  7. 6-7-2010 at 10:58 | #7

    Tiga dari empat responden mengatakan pemakaian internet meningkatkan kecerdasan manusia. “Dua pertiga-nya berpendapat aktivitas itu meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan memahami pengetahuan,” kata Janna Anderson, salah seorang peneliti dan Direktur Imaging the Internet Center dalam pernyataannnya.

    Reply

  8. 6-7-2010 at 10:59 | #8

    Anderson mengakui masih ada orang yang mengkritik Google, Wikipedia, dan media online lainnya.

    Reply

  9. 6-7-2010 at 10:59 | #9

    Namun banyak yang tidak setuju dengan premis bahwa browsing dan membaca sekilas melalui situs menurunkan kemampuan berkonsentrasi.

    Reply

  10. 6-7-2010 at 11:04 | #10

    Ada yang menyebut Google membuat kita lebih banyak dapat informasi dan kreatif. Sebaliknya ada pula yang menulis situs-situs seperti Google membuat kita malas secara intelektual.

    Reply

Comment pages
0+4=? (Wajib diisi)