Home » Gadget » Nokia N8, ponsel pertama Symbian 3

Nokia N8, ponsel pertama Symbian 3

28 Apr. 2010140 comments
Nokia N8, ponsel pertama Symbian 3
Nokia N8

Nokia N8

Nokia Corporation adalah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia dan perusahaan terbesar di Finlandia. Kantor pusatnya berada di kota Espoo, Finlandia, dan perusahaan ini paling dikenal lewat produk-produk telepon genggamnya. Nokia memproduksi telepon genggam untuk seluruh pasar dan protokol utama, termasuk GSM, CDMA, and W-CDMA (UMTS). Nokia juga salah satu produsen ponsel yang paling gencar melahirkan produk dan fitur baru, salah satu produk terbarunya yang akan segera diluncurkan yaitu Nokia N8, salah satu smartphone yang konon bakal diandalkan Nokia di masa depan.

Tidak seperti rumor yang beredar, Nokia ternyata merilis ponsel dengan sistem operasi revolusioner terbaru yang disebut Symbian ^3, sesuai janjinya. Ponsel pertama Symbian ^3 yang diberi nama N8 diumumkan Selasa (27/4/2010), tetapi baru akan tersedia di pasaran pada kuartal tiga dengan kisaran harga 370 euro atau sekitar Rp 4,5 juta.

Symbian ^3 merupakan versi terbaru platform buatan Nokia yang paling populer di dunia saat ini. Peningkatan kemampuan yang disediakan software ini adalah kemampuan sensor lebih sensitif, seperti fitur multitouch, flick scrolling, dan pinch to zoom. Arsitektur grafis 2D dan 3D di dalamnya didesain akan menghasilkan user interface yang responsif. Manajemen penggunaan memorinya juga ditingkatkan sehingga bisa melakukan multitasking dengan lancar.

Pada Nokia N8, kehadiran Symbian ^3 didukung prosesor berkecepatan tinggi 680 MHz dengan OpenGL 2.0 serta layar sentuh OLED 3,5 inci. Kemampuan teknisnya juga tidak setengah-setengah. Kameranya 12 megapixel dengan lensa Carl Zeiss dan Xenon flash.

Kameranya bisa digunakan merekam video dengan kualitas HD (high density) 720p dan bisa langsung diedit dengan software yang telah disertakan. Kualitas audionya juga sangat bagus dan mendukung standar Dolby Digital Plus.

Fitur utama lainnya yang menjadi kekuatan Nokia N8 adalah akses langsung ke web televisi. Nokia N8 disertai aplikasi untuk menyaksikan siaran televisi web dari CNN, E!Entertainment, Paramount, dan National Geographic. Siaran web televisi lokal juga bisa diperoleh melalui konten yang tersedia di OVI Store.

Di samping pengalaman multimedia yang maksimal, Nokia N8 tidak meninggalkan kemudahan mengakses layana jejaring sosial. Update status, berbagi posisi dan foto, serta memantau pesan di Facebook dan Twitter secara Live bisa dilakukan dari sebuah aplikasi tunggal di layar depan. Nokia N8 juga sudah dilengkapi OVi Maps dengan navigasi buat pejalan kaki dan kendaraan.

Yang pasti, Nokia N8 akan menjadi portofolio produk yang juga dipasarkan di Indonesia. Menurut Corporate Communication Manager Nokia Indonesia Regina Hutama Poli, Nokia N8 direncanakan akan dirilis seperti di negara lain yaitu pada kuartal ketiga. Tertariiik …?

Referensi : http://europe.nokia.com/find-products/devices/nokia-n8, http://events.nokia.com/NokiaN8, http://tekno.kompas.com, http://www.youtube.com/watch?v=xrXHXin9Iio

Mudah-mudahan artikel tentang Nokia N8, ponsel pertama Symbian 3 ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Islamic Pocket Guide (IPG)
  2. Fitur Dan Spesifikasi Samsung Galaxy Ace S5830
  3. Nokia introduces Booklet 3G ‘mini laptop’
  4. Samsung Galaxy Note 10.1 | Fitur | Spesifikasi
  5. Fitur Samsung Galaxy Y (Young) GT-S5360
  6. Free Download Firefox 4 Beta 1 For Mobile
  7. N900, Ponsel Linux Pertama Nokia
  8. Wasolim, Jadwal Waktu Shalat Untuk BlackBerry
  9. Backup dan Restore BlackBerry Messenger (BBM)
  10. How to Recover Deleted Text Messages from an Android SIM Card
  1. yan’s goonerette
    21-10-2011 at 15:19 | #1

    udah punya tp bingung cara pake nya……..

    Reply

  2. 9-2-2014 at 10:54 | #2

    Terima kasih banyak gan, kalau dilihat2 dari spesifikasinya sangat mumpuni tapi ngomong2 gak ada dijual yg barunya lagi ya gan ?

    Reply

  3. 17-4-2014 at 12:26 | #3

    info yang aktual banget tuh

    Reply

  4. 16-5-2014 at 22:35 | #4

    hmmm hp ku dlu jga symbian, tpi skrg dh rusak…

    Reply

Comment pages
1 5 6 71832
0+3=? (Wajib diisi)