Home » Alexa Rank » Google » My Google Page Rank And Alexa Rank

My Google Page Rank And Alexa Rank

4 Jul. 2011117 comments
My Google Page Rank And Alexa Rank

Kalau biasanya saya sajikan posting-posting yang berisi tutorial, kali ini isinya bukan tentang tutorial melainkan hanya sekedar catatan perkembangan Google Page Rank dan Alexa Rank blog ini.

Alexa Rank, Page Rank dan Traffic adalah tiga hal yang masih sering diburu dan dikejar oleh para blogger atau pemilik sebuah website apalagi jika blog atau websitenya ditujukan untuk keperluan bisnis, maka memiliki Page Rank yang tinggi dan Alexa Rank yang bagus merupakan suatu modal awal yang cukup signifikan. Beberapa advertiserpun masih mensyaratkan blog yang ingin jadi publisher harus mempunyai Page Rank dan Alexa Rank pada kisaran angka tertentu.

Setelah hampir satu minggu tidak bisa online, dan begitu membuka blog ini ternyata ada yang berubah, Page Rank-nya mengalamani penurunan dari sebelumnya PR 3 saat ini menjadi PR 2, tapi ada peningkatan pada semua halaman blog ini seperti halaman about me, daftar isi, daftar link dan bisnis-net semuanya menjadi PR 2. Akan tetapi penurunan ini (untuk home) alhamdulillah tidak terlalu merisaukan saya, lhoo … turun kok alhamdulillah, ya tetap alhamdulillah karena ada blog yang turun dari PR 3 ke PR 1, malah ada yang lebih parah lagi dari PR 3 tiba-tiba terjun bebas ke PR 0 (nol). Tidak terlalu merisaukan saya karena naik atau turunnya PR itu hal biasa, hampir sama seperti di kehidupan nyata, roda itu berputar, adakalanya di atas di samping atau di bawah. Lagian PR itu bukan satu-satunya cara untuk mempengaruhi hasil pengindekan di SERP (cmiiw), kenyataanya banyak sekali blog atau sebuah postingan dengan PR lebih rendah bisa mengalahkan postingan dengan PR yang lebih tinggi di hasil SERP. Walau demikian blog dengan PR tinggi pada umumnya akan mempunyai kesempatan yang lebih baik untuk hasil pengindekan.

Secara teknis penyebab turunya PR karena jumlah backlink yang menuju blog ini sedikit mengalami penurunan, ini disebabkan mungkin karena setahun belakangan ini saya jarang submit ke beberapa social bookmark, kurang blogwalking, beberapa blog penyumbang backlink (daftar pertukaran link) saat ini blognya sudah almarhum, dll.

Walaupun Page Rank mengalami penurunan alhamdulillah Alexa Rank blog ini terus pengalami peningkatan alias angkanya semakin mengecil, saat ini ada di kisaran 43.795. Satu tahun yang lalu sempat berada di kisaran angka 48.488 seperti yang pernah saya sampaikan di postingan ini Alexa Rank Unik, setelah itu secara perlahan angkanya terus membengkak sampai menyentuh angka 80.000 padahal traffic blog ini terus mengalami peningkatan. Dan dibutuhkan waktu satu tahun untuk mengembalikan alexa rank seperti satu tahun yang lalu. Beberapa blog teman saya yang alexa ranknya sempat berada di angka yang bagus saat ini malah belum bisa kembali ke semula, padahal saya lihat trafficnya juga terus meningkat.

Apa saja upaya saya untuk mengembalikan dan meningkatkan Alexa Rank blog ini seperti tahun yang lalu, bahkan saat ini angkanya lebih kecil lagi?

  1. Karena Alexa Rank sangat berkaitan dengan traffic maka salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan jumlah kunjungan ke blog ini, saya berusaha untuk terus membuat postingan atau konten yang dibutuhkan pengunjung secara konsisten (sampai saat ini sudah ada 327 post).
  2. Memaksimalkan penggunaan tag dalam postingan. Jika di tahun pertama saya tidak memasukkan tag dalam postingan ke dalam index search engine, maka di tahun berikutnya saya mencoba memasukkan tag dalam postingan ke dalam index search engine, dan hasilnya cukup signifikan dalam peningkatan jumlah kunjungan blog ini terutama yang berasal dari search engine.

Catatan : supaya hasilnya maksimal maka buatlah tag dalam sebuah postingan yang se-SEO mungkin karena nantinya akan diindex seperti halnya pengindekan sebuah postingan, jangan terlalu pendek dan jangan terlalu panjang dan jangan sama dengan judul postingan, tak kalah pentingnya untuk diperhatikan (tag ini juga bisa sebagai keyword) jangan memaksakan kehendak dengan membuat tag secara berlebihan. Untuk setting yang lebih bagus anda bisa menggunakan bantuan plugin All in One SEO atau Platinum SEO, XML Sitemap Generator dan STT2 (save popular search terms as post tags).

  1. Optimasi Kecepatan Loading Blog. Seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya di postingan ini : Strategi Optimasi SEO Di Tahun 2011, bahwa kecepatan loading sebuah blog juga akan mempengaruhi hasil pengindekan di SERP terutama Google. Maka yang saya lakukan adalah terus meningkatkan kecepatan loading blog ini, hasilnya cukup signifikan, untuk membuka halaman depan hanya membutuhkan waktu 1 – 3 detik saja, sedangkan untuk halaman postingan waktu yang dibutuhkan rata-rata 5 – 7 detik, sehingga catatan di Google Webmaster Tool pada bagian kinerja situs, blog ini rata-rata hanya memerlukan 4 detik untuk dimuat.
  2. Menggunakan Plugin STT2 (SEO SearchTerms Tagging 2) buatan Kang Purwedi. Plugin ini saya akui sangat mumpuni untuk mendatangkan traffic. Dengan plugin ini keyword atau kata kunci hasil pencarian dari search engine akan direkam oleh database dan dimasukkan secara otomatis di dalam postingan. Dengan penambahan keyword tersebut di dalam postingan, maka akan semakin memperkuat SEO on page pada postingan tersebut.

Catatan : Walaupun plugin ini cukup ampuh untuk mendatangkan traffic, saya tidak menggunakannya secara berlebihan. Jumlah maksimal keyword yang direkam (Max number of search) hanya saya set ke angka 30, tujuannya supaya tetap aman dari kemungkinan kena penalti Google karena dianggap memasukkan keyword secara berlebihan apalagi jika keywordnya tidak relevan dengan tema postingan, semua pasti tahu kalau saat ini Google sedang rajin bersih-bersih web atau blog yang dianggap berpotensi spam.

Upadate (18-7-2011) Saat ini blog ini sudah kembali ke Page Rank 3, apakah Google melakukan update minor? atau update sebelumnya ada kesalahan? entahlah.

Mudah-mudahan artikel tentang My Google Page Rank And Alexa Rank ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Alexa Rank Dan Top Komentator Unik
  2. Alexa Rank Ala Kang Rohman
  3. Cara Meningkatkan Alexa Rank
  1. 20-5-2015 at 20:22 | #1

    mantaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaap…………….

    Reply

  2. 20-6-2015 at 09:27 | #2

    saya bingung mau daftar alexa, sekarang kok bayar

    Reply

  3. 27-2-2016 at 21:40 | #3

    Pengen banget antara Alexa Rank dengan Pagerank untuk blog ane sendiri bisa naik gan

    Reply

  4. 15-4-2016 at 09:21 | #4

    Alexa Rank memang penting untuk mengukur trafik web kita
    Thanks

    Reply

Comment pages
1 10 11 122421
1+7=? (Wajib diisi)