Home » Google » Optimasi Wordpress » Mengoptimalkan Kinerja Situs Web/Blog

Mengoptimalkan Kinerja Situs Web/Blog

4 Oct. 2012104 comments
Mengoptimalkan Kinerja Situs Web/Blog

Beberapa hari yang lalu saya dapat sebuah pesan email dari Google. Isi pesannya adalah berupa tips atau saran dari Google tentang pentingnya mengoptimalkan kinerja situs web/blog untuk meningkatkan pengalaman pengguna/pengunjung. Dan saran ini menurut saya adalah hal yang harus dilakukan oleh pemilik situs/blog karena halaman web/situs/blog yang cepat dan dioptimalkan akan menghasilkan pengalaman pengguna/pengunjung yang lebih baik, akan meningkatkan keterlibatan pengguna yang lebih tinggi, dan akan meningkatkan konversi.

Menurut Google, situs yang lebih cepat loadingnya akan meningkatkan pengalaman yang baik bagi pengguna. Berdasarkan data dari Google sekitar 49% pengguna/pengunjung telah meninggalkan situs yang susah diakses (loadingnya lama) dan beralih ke situs pesaing atau situs yang lain dengan akses yang lebih mudah (loadingnya cepat). Jadi menurut Google kecepatan akses sebuah situs bukan hanya penting untuk mempertahankan pengguna tetapi juga akan memainkan peran penting pada hasil peringkat penelusuran di Google (hasil SERP).

Untuk membantu peningkatan kinerja sebuah situs, para developer Google telah menawarkan sebuah tool online yang bernama PageSpeed Insights. Tool ini akan sangat membantu dalam menganalisis sebuah situs dan cara untuk meningkatkan kinerjanya (meningkatkan kecepatan loadingnya dll) sesuai dengan tagline tool ini : PageSpeed Insights, Make your web site faster. PageSpeed juga bisa digunakan di browser Chrome dalam bentuk extension atau PageSpeed dalam bentuk Add-0ns untuk browser Mozilla Firefox.

Untuk hasil terbaik menurut saya lebih baik menggunakan PageSpeed dalam bentuk Add-0ns untuk browser Mozilla Firefox digabung dengan Add-ons Firebug dan YSlow. Add-ons ini menurut saya cukup detail dan lengkap dalam menganalisa performa loading sebuah website atau blog dan langsung akan memberikan informasi bagian-bagian mana saja yang perlu dibenahi, seperti jumlah ukuran halaman, jumlah recources atau jumlah http request, ukuran gambar, file css, javascript, cache, kompresi dan masih banyak lagi. untuk lebih detailnya bisa dilihat di postingan saya terdahulu : Cek Performa Blog Dengan Firebug Dan Page Speed.

Alhamdulillah dari dahulu saya telah menerapkan tips dan saran yang diberikan oleh Google ini dan hasilnya sangat bagus untuk peningkatan kinerja blog ini. Efeknya pengguna/pengunjung merasa nyaman saat mengakses blog ini dan secara SEO juga membawa pengaruh yang sangat signifikan di SERP.

Hasil test di GTmetrix.com :

hasil Gtmetrix

Hasil test di PageSpeed Insights :

Hasil test Pagespeedinsights

Mudah-mudahan artikel tentang Mengoptimalkan Kinerja Situs Web/Blog ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Google Perbarui Algoritma Hasil Pencariannya
  2. Glosarium (Daftar Istilah) Dalam Google Adsense
  3. Alwi ‘s Blog Mendapatkan Sitelinks
  4. Google Adsense Sudah Support Bahasa Indonesia
  5. My Google Page Rank And Alexa Rank
  6. Animasi Google Earth Day 2011
  7. Tips Menarik Untuk Pengguna Google Chrome
  8. Google Doodle Art Clokey’s 90th Birthday Animation
  9. Google TV, bukan Televisi Biasa
  10. Google Gunakan Sistem Index Baru
  1. 11-8-2014 at 14:43 | #1

    boleh tuh dicobain …

    Reply

  2. 28-8-2014 at 06:24 | #2

    tapi saya tidak faham dengan istilah di suggestion yang ada di pagespeed..terus gimana dunk?

    Reply

  3. 9-10-2014 at 12:46 | #3

    untuk cara kompres css yang benar bagaimana Pak? saya masih bingung.

    Reply

    jual jok mobil Reply:

    pakai bantuan gtmetrix aja neng

    Reply

  4. 7-11-2014 at 17:07 | #4

    kalau ada contoh thema dengan performa yang bagus, boleh donk di share….ane tunggu

    Reply

    harga mobil bekas Reply:

    bagi pengguna blog premium dapat menggunakan theme frontier, cukup bagus dan responsiv

    Reply

  5. 7-11-2014 at 21:19 | #5

    perlu di coba, semoga denang artikel diatas dapat bermanfaat buat saya.

    Reply

  6. 8-11-2014 at 11:36 | #6

    wajib coba
    moehammadsyafiq.blogspot.com

    Reply

  7. 24-12-2014 at 17:59 | #7

    kenapa ya gambar yang kita hapus masih terindek

    Reply

  8. 24-12-2014 at 18:07 | #8

    pada dasarnya setiap pengalaman tentang blogging sangat diperlukan, bahkan dua blog yang menggunakan theme sama dan seo sama persispun dapat menghasilkan kinerja yang berbeda. Mbah google menerapkan lebih dari 200 peraturan untuk peringkat website

    Reply

  9. 16-1-2015 at 15:59 | #9

    wowow… ulasannya lengkap banget, makasih banyak gan, akhirnya saya menemukan artikel seperti ini yang dapat saya terapkan pada wp sederhana saya, salam kenal n ijin share ulang di blog sederhana saya….

    Reply

  10. 17-1-2015 at 22:09 | #10

    Saya udah nyoba berbagai cara supaya hasil gtmetrix bisa sempurna kaya blog m-awli.com ini, tapi belum berhasil juga. Jadi pengen beli theme aja yang gtmetrixnya udah perfect. Ada gak ya?

    Reply

Comment pages
1 6 7 8 9 10 2793
4+6=? (Wajib diisi)