Home » Google » Info » Mengaktifkan Handwrite (Tulisan Tangan) Di Pencarian Google

Mengaktifkan Handwrite (Tulisan Tangan) Di Pencarian Google

29 Jul. 201214 comments
Mengaktifkan Handwrite (Tulisan Tangan) Di Pencarian Google

Google baru saja memperkenalkan fitur Handwrite (tulisan tangan) di halaman pencariannya khususnya di perangkat ponsel layar sentuh atau tablet, seperti yang disampaikan oleh Rui Ueyama (Software Engineer) di Official Blog Google (27/7/2012).

Dengan fitur baru ini pengguna bisa menuliskannya di mana saja pada layar smartphone atau tablet dengan menggunakan jari atau stylus pen, dan nantinya Google akan langsung menangkap apa yang ditulis dan akan langsung memasukkannya ke dalam kolom pencarian.

Fitur Handwrite ini sendiri tidak akan menghilangkan cara yang lama/sebelumnya yaitu dengan cara mengetik di keyboard/keypad, pencarian dengan suara, dengan gambar dll. Ini adalah cara baru yang akan memudahkan user, karena cara yang lama (mengetik manual di keyboard/keypad) di perangkat layar sentuh kadang malah cukup merepotkan (sering kurang tepat dalam menekan sederet huruf saat dalam keadaan terburu-buru). Kelebihan dari fitur Handwrite ini anda tidak perlu menuliskannya secara keseluruhan kalimat yang akan anda cari, tapi cukup hanya dengan menuliskan kata kunci dengan jari di layar.

Fitur handwrite sementara ini dapat digunakan pada ponsel dengan sistem operasi Apple iOS 5 atau versi di atasnya, Android 2.3 Gingerbread seperti Samsung Galaxy Ace atau versi di atasnya, dan Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau versi di atasnya seperti Samsung Galaxy S III, dan untuk beberapa tablet dalam 27 bahasa.

Cara Mengaktifkan Fitur Handwrite (Tulisan Tangan) Di Halaman Pencarian Google

  • Buka halaman Google.com di browser ponsel Anda.
  • Tekan “Pengaturan/Setelan” di bagian bawah layar dan scroll ke bawah sampai ketemu menu Tulisan tangan, dan pilih opsi aktifkan.
  • Kemudian simpan perubahannya dengan menekan tombol simpan yang ada di bagian bawah. Setelah Anda menyimpan pengaturan mungkin fitur Handwrite ini belum langsung aktif (ikon tulisan tangan belum muncul). Untuk mengaktifkannya anda perlu merefresh homepage.
  • Setelah fitur ini diaktifkan, tekan ikon handwrite di sudut kanan bawah layar Anda untuk mulai melakukan penulisan di mana saja di layar ponsel/tablet.
  • Cukup hanya dengan menuliskan kata kunci dengan jari di layar, selanjutnya Google akan menawarkan beberapa plihan dari kata kunci tersebut (autocompletions).
Mudah-mudahan artikel tentang Mengaktifkan Handwrite (Tulisan Tangan) Di Pencarian Google ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Google Gunakan Sistem Index Baru
  2. Google Adsense Sudah Support Bahasa Indonesia
  3. Cara Pasang Google Adsense Di Tengah Postingan Tanpa Plugin
  4. Mesin Pencari Uang Sergey Brin dan Larry Page
  5. Perpindahan AdSense untuk Penelusuran Seluler ke AdSense untuk Konten
  6. Google Apps, Layanan Untuk Office Online atau Kantor Virtual
  7. Alwi ‘s Blog Mendapatkan Sitelinks
  8. Glosarium (Daftar Istilah) Dalam Google Adsense
  9. Download Edisi Baru Google SEO Starter Guide 2010
  10. Google Webmaster Tools : HTML Suggestions
  1. 1-10-2014 at 15:38 | #1

    terima kasih gan infonya menarik sekali :)

    Reply

  2. 2-10-2014 at 14:35 | #2

    sama sama mas.. semoga bermanfaat

    Reply

  3. 2-10-2014 at 14:39 | #3

    makasih banyak infonya ya mas..

    Reply

  4. 6-10-2014 at 17:11 | #4

    kalau search ngak perlu ngetik lagi ya gan
    tinggal coret lang deh,simpel :D

    Reply

Comment pages
1 22749
2+8=? (Wajib diisi)