Home » Religi » Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

10 Aug. 201040 comments
Marhaban Ya Ramadhan

Alhamdulillahirobbil’alamin, bulan suci Ramadhan sudah di hadapan kita, bulan yang dipenuhi dengan berbagai macam keberkahan dan keutamaan. Marilah kita sambut kedatangannya, menghormatinya sebagai mana menghormati tamu. Sebab Rasulullah SAW telah bersabda :

لو تعلم امتى ما فى رمضان لتمنوا أن تكون السنة كلها رمضان

Artinya : “Jika ummatku mengetahui nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, pasti mereka berkeinginan supaya semua bulan dalam setahun terdiri dari Bulan Ramadhan seluruhnya”.

Marhaban Ya Ramadhan, selamat datang Ramadhan. Engkau adalah tamu kami yang agung. Engkau datang membawa berkah bagi kami. Kami bahagai dengan kedatanganmu. Kami bangga karena dengan kehadiranmu ruhani kami menjadi tersirami.

Inilah bulan ketika kita diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Di bulan ini nafas kita menjadi tasbih, tidurpun bernilai ibadah, amal-amal ibadah kita insya Allah diterima, permohonan dan doa kita diijabah. Mari bersihkan diri, sucikan hati, raih kemenangan dalam indahnya Ramadhan.

Mari kita sambut Ramadhan dengan kegembiraan, Rasulullah SAW telah berpesan kepada ummatnya : “Akan segera datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan. Allah SWT bersama kalian pada bulan itu, maka diturunkanlah rahmat, diampuni dosa-dosa dan dikabulkan do’a dan permintaan. Allah melihat kalian berlomba-lomba dalam kebaikan, lalu diikutkan bersama kalian malaikat-malaikat. Maka tunjukkanlah kepada Allah kebaikan diri kalian, sesungguhnya orang yang rugi adalah mereka yang tidak mendapatkan rahmat Allah”

Terlalu sayang kalau kita lewatkan hikmah dan keutamaan bulan suci Ramadhan, apalagi hukumnya wajib bagi ummat Islam demi terciptanya kesempurnaan keimanan dan ketaqwaan kepada sang Kholik, sebagaimana telah disebutkan di dalam Al Quran Surat Al-Baqarah ayat 183 :

ِِيَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian menjadi orang-orang yang bertaqwa”.

Oh Ramadhan, kaulah bulan yang penuh barakah, karena kehadiranmu pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan karenamu jua pintu neraka ditutup serapat-rapatnya.

Oh Ramadhan, karena engkaulah setan-setan dibelenggu. Karena kehadiranmu ada satu malam yang keutamaan beramal di dalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan di bulan lain, yakni malam Lailatul Qadr.

Karenamu setiap hari ada malaikat yang menyeru menasehati siapa yang berbuat baik agar bergembira dan yang berbuat ma’shiyat agar menahan diri.

Karenamu semoga bisa menutup dan menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Dan karenamu semoga siapa yang bisa mengambil hikmahnya, akan meraih predikat Muttaqin sehingga bisa mendapatkan pintu khusus yang bernama BabuRayyaan sebagai sarana untuk Daholal Jannah, khoolidiinaa fiihaa abadan. Amin.

Tak lupa mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan, dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi ummat Islam.

Mudah-mudahan artikel tentang Marhaban Ya Ramadhan ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Doa Sujud Tilawah
  2. Ceramah Gus Mus Sesudah Tahlilan Mbah Zainal
  3. Tips Agar Tetap Tegar Ketika Tertimpa Musibah
  4. Pondok Pesantren Darul Muttaqien Parung Bogor
  5. Selamat Idul Fitri 1431 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin
  6. Tips Tetap Sehat Dan Bugar Selama Berpuasa
  7. Para Penghuni Surga
  8. Doa Bepergian Dan Di Atas Kendaraan
  9. Beberapa Hukum Yang Berkaitan Dengan Puasa
  10. Kumpulan Do’a Untuk Calon Penganten (Arab, Indonesia)
  1. 19-8-2010 at 12:38 | #1

    hari ini kok rasanya berat ya…. lain sama kemarin-kemarin… :(

    Reply

  2. 20-8-2010 at 14:18 | #2

    semoga kita semua medapat berkah dan rahmat dari allah..

    Reply

  3. 1-9-2010 at 10:08 | #3

    selamat menjalankan ibadah puasa..

    Reply

  4. 30-7-2011 at 00:06 | #4

    Semoga puasanya lancar ya Mas, saya mohon maaf kalau ada salah tulis/kata biar puasa saya tidak ada beban.

    Reply

Comment pages
1 2 31999
0+8=? (Wajib diisi)