Home » Informasi Teknologi » Lubang Vulkanik Bawah Laut Ditemukan

Lubang Vulkanik Bawah Laut Ditemukan

17 Apr. 201087 comments
Lubang Vulkanik Bawah Laut Ditemukan

Rahasia dan Fenomena Alam terungkap, sebuah lubang vulkanik bawah laut ditemukan. Sekelompok ilmuwan dari National Oceanographic Centre menemukan lubang vulkanik bawah laut terdalam di dunia. Lubang vulkanik tersebut ditemukan saat mereka menjelajahi Cayman Trough, wilayah perairan Karibia, menggunakan robot laut bernama Autosub6000.

Diketahui, air di sekitar lubang vulkanik memiliki temperatur yang panas. Para ilmuwan berpendapat, hal ini bisa menjadi petunjuk dalam membeberkan teka-teki permulaan kehidupan di bumi dan spesies makhluk hidup laut yang belum pernah diketahui sebelumnya.

“Sangat mengejutkan, mengetahui bahwa di dalam dunia dengan enam miliar lebih penduduk, terdapat bagian dari planet kita yang belum pernah terlihat sebelumnya,” tulis salah satu anggota kapal James Cook dalam situs pribadinya.

Menurut para ilmuwan, lubang vulkanik super panas atau yang dikenal dengan sebutan ‘Black Smokers’, kerap menjadi penuntun para ilmuwan dalam menemukan spesies bawah laut baru. Para ilmuwan menggunakan kapal James Cook untuk menurunkan Autosub6000, yaitu robot yang dikendalikan remote control untuk menjelajahi bawah laut dan menemukan lubang vulkanik.

Seperti dilansir CNN, Selasa (13/4/2010), lubang vulkanik akan retak di dalam kerak bumi yang memungkinkan magma, gas, asap, dan materi lainnya menyembur ke permukaan.Temperatur di wilayah ini bisa mencapai 750 derajat Fahrenheit dan memanaskan air laut hingga temperatur paling ekstrim sebelum memuntahkannya kembali ke laut, yang kemudian terbentuk sebuah erupsi asap.

Para ilmuwan berharap mereka bisa melakukan penjelajahan lebih jauh guna mengidentifikasi makhluk laut baru lainnya, karena makhluk yang dapat bertahan di temperatur ekstrim dapat memberikan petunjuk mengenai asal muasal dimulainya kehidupan di bumi.

Dari fenomena alam tersebut ada sebuah hikmah dan pelajaran untuk manusia. Adalah kewajiban bagi manusia untuk dapat melihat tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Dengan demikian, orang tersebut akan mengenal Sang Pencipta yang menciptakan dirinya dan segala sesuatu yang lain, menjadi lebih dekat kepada-Nya, menemukan makna keberadaan dan hidupnya, dan menjadi orang yang beruntung dunia dan akhirat.

Dalam Al Quran, manusia diseru untuk merenungkan berbagai kejadian dan benda alam, yang dengan jelas memberikan kesaksian akan keberadaan dan keesaan Allah beserta sifat-sifat-Nya (tafakkur-tadabbur-tasyakkur). Dalam Al Quran, segala sesuatu yang memberikan kesaksian ini disebut “tanda-tanda”, yang berarti “bukti yang teruji kebenarannya, pengetahuan mutlak, dan pernyataan kebenaran.” Jadi, tanda-tanda kebesaran Allah terdiri atas segala sesuatu di alam semesta ini yang memperlihatkan dan menyampaikan keberadaan dan sifat-sifat Allah. Orang-orang yang dapat mengamati dan senantiasa ingat akan hal ini akan memahami bahwa seluruh jagat raya tersusun hanya dari tanda-tanda kebesaran Allah (ayat-ayat kauniyah).

Dan katakanlah, “Segala puji bagi Allah, Dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda kebesaran-Nya, maka kamu akan mengetahuinya. Dan Tuhanmu tiada lalai dari apa yang kamu kerjakan.” (QS. An-Naml: 93).

Mudah-mudahan artikel tentang Lubang Vulkanik Bawah Laut Ditemukan ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Service Pack 1 untuk Windows 7 Dipercepat
  2. Cara Mengatasi Anti Klik Kanan (Disable Right Click)
  3. Pengguna internet di Indonesia kurang produktif
  4. Menggunakan Firefox dan Google Sebagai Kalkulator
  5. Tips Menghemat Pemakaian Tinta Printer
  6. Pentingnya Backup Data
  7. Microsoft Office 2010 Segera Dirilis di Indonesia
  8. Persaingan Windows 7 dan XP
  1. 18-4-2010 at 02:27 | #1

    waduh para jawara komeng semakin melejit jauh

    Reply

    citromduro Reply:

    kekuasaan Allah ada dimana-mana, sekarang ini kekuasaan Allah banyak ditampakkan, namun manusia masih belum menyadari dan masih banyak manusia yang menyombongkan dirinya

    Reply

    citromduro Reply:

    benar mas dengan membaca alam maka kita akan semakin yakin akan kekuasaan Allah pencipta Alam semesta in

    salam dari pamekasan madura

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    ya bener mas,Subhanallah!!

    Reply

  2. 18-4-2010 at 12:20 | #2

    Semakin kita mengetahui kehebatan alam, semakin terasa kecilnya manusia. Aku adalah setitik debu digurun sahara.

    Reply

    Muhammad Faisal Aziz Reply:

    bener,nih saya se7

    Reply

    kompunetsa Reply:

    sama, saya juga setuju..

    Reply

  3. 18-4-2010 at 17:39 | #3

    wah berita baru nih ya

    Reply

  4. 23-4-2010 at 22:09 | #4

    betul…. bumi yang kita duduki ini saja belum kita ketahui makluk hidup semuanya… manusia adalah khalifah… pemimpin dan memelihara dengan baik…

    Reply

  5. 23-4-2010 at 22:11 | #5

    Ayo terus… ilmu pengetahuan harus terus ditemukan lagi …

    Reply

  6. 24-4-2010 at 17:33 | #6

    menjelajah ke luar bumi sampai ke planet lain manusia bisa. Tapi kedalaman laut atau ke perut bumi sendiri malah belum bisa semuanya tereksplorasi.

    Reply

  7. 24-4-2010 at 17:36 | #7

    waduh mas alwi, comment-ku kesangkut di akismet ya ?

    Reply

  8. 24-4-2010 at 20:33 | #8

    baca baca lagi

    Reply

  9. 2-6-2010 at 10:56 | #9

    numpang beken aja mas

    Reply

  10. 2-6-2010 at 12:33 | #10

    Allah Maha Mesar…

    salam kenal mas alwi

    Reply

Comment pages
2+5=? (Wajib diisi)