Home » Info » Kumpulan Add On Terbaik Sepanjang Masa

Kumpulan Add On Terbaik Sepanjang Masa

17 Oct. 200930 comments
Kumpulan Add On Terbaik Sepanjang Masa

Kumpulan Add On Terbaik Sepanjang Masa

Salah satu kelebihan browser Mozilla Firefox adalah adanya add-ons, yaitu tools atau aplikasi-aplikasi tambahan yang melekat pada browser yang punya banyak manfaat untuk pengguna Mozilla.

Bagi yang biasa browsing mendengar kata Add On mungkin sudah biasa. Apalagi untuk para blogger, beberapa add on malah mungkin menjadi tool yang wajib terinstall di browser seperti Mozilla. Add-ons itu seperti plug-in, semacam tools atau aplikasi tambahan, bukan cuma browser Mozilla Firefox yang punya add-ons, aplikasi lain pun punya seperti Facebook, Linux dsb.

Satu contoh add-ons yang dimiliki Mozilla adalah DownThemAll!, yang memudahkan pengguna untuk mendownload konten dari internet secara massal dan meng-organize-nya. Selain itu ada Boost For Facebook yang memanjakan pengguna untuk bermain-main dengan akun facebook-nya. Dan ada Alexa Statusbar yang berfungsi untuk mengecek rating situs yang sedang kita browsing, eQuake Alert untuk mengingatkan kalau terjadi gempa, dan banyak lagi.

Kalau pada postingan sebelumnya pernah saya tulis tentang Add On Pemantau Gempa, yaitu Add On eQuake Alert yang berguna untuk memantau pusat gempa melalui internet. Dan sudah terbukti ketika tadi sore Jakarta ada gempa, beberapa saat kemudian Browser Mozilla Firefox yang kugunakan langsung bergetar memberi tanda. Setelah dicek di menu Recent Quakes pusat gempa berada di Selat Sunda tepatnya pada lokasi 6.613°S, 105.182°E.

Pada postingan kali ini akan saya tambahkan beberapa add on pilihan, bahkan menurut saya ini adalah add on terbaik sepanjang masa. Info ini saya peroleh dari taushiyahnya sobat Zico Alviandri dengan judul Add On. Menurut si empunya taushiyah boleh disebar luaskan dengan tetap mencantumkan nara sumbernya. Bagi yang pernah mendengar taushiyah ini diulang lagi juga gak apa-apa apalagi terus kasih komenxx (hee..hee ngarep). Untuk yang belum pernah mendengarkan apalagi belum pernah mendownloadnya silahkan dilanjut. Ini dia di antara taushiyahnya :

Hmm.. andai hati kita bisa dipasang add-ons, maka add-ons apa ya yang akan kita pasang? Mungkin bisa dicoba add-ons berikut ini ini :

1. Everytime dzikrullah.
Add-ons ini membuat hati kita untuk selalu berdzikir mengingat Allah SWT setiap saat. Rasulullah pun menginstall add-ons ini. Begitulah pengakuan Aisyah rha. “Adalah Rasulullah ShalAllahu ‘Alaihi Wa sallam selalu berdzikir kepada Allah setiap saat.” (HR. Muslim & Abu Dawud).

Add-ons ini memang bekerja di hati kita. Tapi hendaknya lisan kita pun mengikuti kerja add-ons ini. Karena itu perintah dari junjungan kita Rasulullah SAW “Hendaklah lisanmu selalu basah karena berdzikir kepada Allah.” (Muttafaqun ‘Alaihi dari Hadits Abu Hurairah).

2. Auto Istighfar.
Ketika kita melakukan suatu perbuatan dosa, maka kita akan segera tersadar dan beristighfar kepada Allah SWT. Begitulah fungsi add-ons ini.

Add-ons ini merupakan aplikasi yang tepat agar kita menjadi orang yang bertaqwa. Karena ciri orang yang bertaqwa adalah cepat menyadari kesalahannya dan kemudian bertaubat kepada Allah SWT.

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS 3:135)

3. Ghod-Bash
Aneh atau familiar namanya? Add-ons ini singkatan dari ‘Ghodul Bashar’. Artinya adalah menundukkan pandangan. Cara kerjanya begini: Ketika mata kita menangkap objek yang Allah haramkan untuk dipandang, seketika itu juga add-ons yang berada di hati kita ini bekerja mengirimkan pesan serius pada otak. Pesan itu adalah agar otak memerintahkan mata kita berpaling dari objek terlarang itu.

Add-ons ini sangat berguna untuk mengaplikasikan perintah Allah pada Al-Qur’an surat An-Nur ayat 30-31.

4. eQuake Alert.
Ya memang, add-ons ini beneran ada di dunia nyata. Gunanya untuk mengingatkan kalau ada gempa.

Tapi kalau versi yang terpasang di hati, berfungsi untuk membuat gempa atau getaran di hati ketika terdengar nama Allah SWT. Getaran atau gempa yang ditimbulkan besarnya berbanding lurus dengan kecintaan kita kepada Allah SWT. Makin cinta kita pada Dia, maka makin besar gempa yang terjadi di hati ketika nama Allah terdengar.

Add-ons ini musti terpasang di hati orang mukmin. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” (QS 8:2)

5. Muhasabah.
Add-ons ini berfungsi untuk mengukur fluktuasi ketaatan kita pada Allah swt. Karena iman itu mengalami pasang surut. Kalau kita memiliki add-ons ini, maka kita bisa mengoptimalkan ketaatan kita pada Allah swt. Ketika ketaatan terdeteksi surut, maka kita bisa segera bertaubat dan menyegarkan iman kita, agar ketaatan kembali naik.

Kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk memeriksa grafik ketaatan kita di waktu-waktu khusus. Misalnya akhir tahun, akhir bulan, akhir pekan, atau di akhir hari. Atau kapan saja kita mau.

6. Anti Virus.
Ya, ada juga add-ons seperti ini di hati. Karena hati kita rawan terkena virus. Kalau sudah terkena virus, maka jadilah hati kita hati yang sakit (qalbun maridh). Kalau tidak terobati juga, maka hati pun mati (qalbun mayit).

Jenis-jenis virus yang diobati oleh aplikasi ini adalah: dengki, hasad, dendam, riya’, ujub, ghurur, kibr, dll. Juga ada virus merah jambu (apa tuuh?? hehe…). Silakan lengkapi database antivirus anda dengan membaca buku tazkiyatun nafs karangan Imam Ghozali, sering mendengar taushiyah Aa Gym, dan cara lainnya.

Disarankan untuk rajin men-scan hati anda ketika hendak tidur, mencontoh seorang sahabat yang telah Rasulullah klaim sebagai penghuni surga. Salah satu kerja anti virus ini adalah dengan memaafkan orang yang pernah berbuat salah pada kita sehingga tidak ada dendam.

7. I’m Sorry.
Selain memaafkan, kita juga harus meminta maaf pada orang lain kalau kita berbuat salah. Install-lah add-ons ini agar kita tidak memiliki musuh atau punya kesalahan pada orang. Add-ons ini akan bekerja di hati ketika hati terdeteksi memiliki noda berupa kezoliman pada orang. Add-ons ini memaksa otak untuk segera mengucapkan kata maaf pada orang yang kita zolimi.

8. Anti Nifaq.
Penting untuk tidak menjadi munafik. Kalau tidak, kita akan memiliki musuh di langit dan di bumi. Install-lah add-ons ini di hati kita. Maka kita hati kita akan memiliki karakter shidq (jujur) dan amanah.

9. Syukur, Shobr, dan Ridho
Ketiga add-ons ini bekerja saat menerima segala sesuatu yang telah ditakdirkan pada diri kita. Syukur  aktif saat diri kita mendapatkan kenikmatan dari Allah SWT. Shobr bekerja saat diri kita menerima musibah. Ridho bekerja secara general, apa pun yang terjadi, ridho selalu aktif bekerja.

Add-ons ini membuat pribadi yang meng-install-nya menjadi pribadi ‘ajaib’ yang mengagumkan.

”Sungguh mengherankan perkara orang mukmin itu, sesungguhnya seluruh perkaranya adalah baik baginya. Dan hal itu tidak dimiliki oleh siapapun kecuali orang mukmin. Jika dia diberi sesuatu yang menggembirakan dia bersyukur, maka ia menjadi baik baginya. Dan apabila ia ditimpa suatu madharat, ia bersikap sabar, maka itu menjadi baik baginya.”(HR.Muslim).

10. Ikhlas mode on.
Add-ons ini penting dimiliki oleh hati agar setiap perbuatan baik kita memperoleh pahala. Aktifkan add-ons ini sebelum, ketika, dan sesudah berbuat baik.

Ada pihak ketiga yang tidak ingin add-ons ini aktif, yaitu setan. Ia berusaha menjadi intruder dalam diri kita agar add-ons ini rusak. Maka selalu jagalah add-ons ini! Karena aktif-nya add-ons ini menjadi syarat sahnya amalan baik yang kita lakukan.

*****

Itulah beberapa add-ons yang bisa di-install di hati kita. Ada banyak lagi add-ons yang kita perlukan. Tidak cuma apa yang ada di atas. Pokoknya, semua jenis kebaikan adalah add-ons yang harus terinstall di hati kita.

Mudah-mudahan artikel tentang Kumpulan Add On Terbaik Sepanjang Masa ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kedahsyatan Speed IM2 Broom Unlimited
  2. Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Gairah (Libido)
  3. Cara Bikin Anak Cerdas
  4. Google Perbarui Algoritma Hasil Pencariannya
  5. Yahoo Makin Terintegrasi dengan Facebook
  6. Hati-hati Modus Penipuan Di Sekitar Anda
  7. Cara Mendeteksi Pembohong di Sekitar Anda
  8. Komentar Blog Terpanjang Di Dunia
  9. Tips Agar Berbelanja Bisa Lebih Hemat
  10. 6 Cara Mudah Mengembangkan Otak Bayi
  1. 24-5-2010 at 10:12 | #1

    saluut buat bung alwi….. :)

    Reply

  2. 7-6-2010 at 15:47 | #2

    firefox mantabs lah….

    Reply

  3. 16-7-2010 at 13:11 | #3

    alkhamdulillah…….

    Reply

  4. 2-9-2010 at 09:13 | #4

    syukurlah semuanya berbau islami, di manfaatkan hny untuk para muslim yg ingn taat beragama..

    Reply

  5. suck death
    19-10-2010 at 03:47 | #5

    oraaaaaaaaaa mutu……..

    Reply

  6. 22-6-2011 at 04:20 | #6

    izin nyobak add onya…

    Reply

  7. 5-3-2017 at 18:08 | #7

    Dari dulu hingga sekarang mozilla emang tak terkalahkan..Tambah pengetahuan dan ndak jadi salah penggunaan..maksih kak sharingnya..

    Reply

Comment pages
1 2 31100
2+7=? (Wajib diisi)