Home » Kopdar » Kopdar Pertamaku di Ragunan

Kopdar Pertamaku di Ragunan

3 May. 201090 comments
Kopdar Pertamaku di Ragunan

Istilah Kopdar atau kopi darat di dunia blogging bukan hal yang asing lagi. Kopdar adalah acara kumpul-kumpul dan pertemuan para blogger secara langsung dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi yang biasanya hanya dilakukan di dunia maya. Acara kopdar biasanya diisi dengan kegiatan saling berkenalan secara langsung, sharing atau berbagi pengalaman tentang dunia blogging, foto-foto, ramah tamah, makan-makan dan lain-lain.

Pada hari Minggu, tanggal 18 April 2010 bertempat di Kebun Binatang Ragunan Jakarta Selatan (dekat kandang gajah), alhamdulillah untuk pertama kalinya sejak aktif di dunia blogging, saya bisa mengikuti acara Kopdar atas undangan Kang Isro Machfudin,  kebetulan lokasinya tidak jauh dengan tempat tinggal saya yaitu Pondok Labu Jakarta Selatan. Yang diundang sebenarnya cukup banyak, namun karena berbagai kesibukan, jarak dan lain-lain, yang bisa hadir kurang lebih ada 11 orang.

Ini dia daftar pesertanya saya absen satu persatu :

  1. Kang Isro Machfudin (Inisiator Kopdar)
  2. Alwi (saya sendiri)
  3. Kang Atma
  4. Kang Adit
  5. Kang Dasir
  6. Kang Didot
  7. Bang Haris Ahmad
  8. Kang Iksa Menajang
  9. Mbak Farida
  10. Mbak Nunik
  11. Mbak Wigati

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 dan berakhir kira-kira pukul 16.00, saya sendiri baru sampai di lokasi sekitar pukul 12.00 lewat, karena sebelumnya ada acara di tempat lain. Kejadian yang sedikit unik, karena belum pernah bertemu dengan para peserta sebelumnya, Kang Isro selaku tuan rumah (Inisiator) harus menjemput satu persatu para peserta menuju lokasi yang telah ditentukan sebelumnya yaitu di dekat kandang gajah.

Yang paling unik cerita Kang Isro yang sampai salah orang ketika akan menjemput salah satu peserta yaitu Mbak Wiwi (Mbak Wigati) yang saat itu ditelpon mengatakan berbaju pink. Dan di Ragunan siang itu banyak sekali yang berbaju pink, sehingga bila diperhatikan masing masing cewek berbaju pink. Ketika ditelpon lagi beliau katanya ada di loket tiket Bendi. “Nah kebetulan ketika dilihat ada wanita berdiri di dekat loket tiket Bendi, langsung saja saya hampiri dan langsung saya julurkan tangan sambil menyebut Mbak Wiwi ya”, kata Kang Isro, eh tuh cewek langsung kabur sambil bilang bukaaaaaan. (maaf nih Kang Isro, saya kutip satu paragraf).

Setelah peserta berkumpul terlebih dahulu diharuskan mengisi buku tamu atau daftar hadir, kemudian dilanjutkan berkenalan dengan peserta yang lain, foto-foto dan ngobrol-ngrobrol. Karena yang berkumpul adalah para blogger, tema pembicaraan juga tidak jauh-jauh dari seputar blogging. Dari mulai platform blog yang digunakan WordPress atau Blogspot serta kelebihan dan kekurangannya, Traffic, Alexa Rank, Page Rank, Monetize dan lain-lain. Bahkan sampai membicarakan ciri khas masing-masing blogger dalam memberikan komentarnya seperti “Pertamax”, “Maaf izin mengamankan pertama”, “Salam Takdzim”, “Salam Chayank I Love U Fulllll” dan sebagainya.

Kesan saya tentang Kopdar, pokoknya asyik, menyenangkan bisa dijadikan ajang untuk bersilaturahmi dan berkenalan langsung dengan para sahabat blogger yang selama ini hanya berjumpa lewat dunia maya. Selain itu, karena kebetulan tempatnya di Ragunan  yang banyak pepohonan bisa sekalian berwisata dan berolah raga menghirup udara segar.

Mohon maaf postingan ini mungkin agak telat, karena setelah kopdar saya langsung ada acara ke luar kota (Jogja) kurang lebih selama satu minggu, begitu sampai di Jakarta langsung dapat tugas beruntun, dan baru bisa membuat reportasenya saat ini (siaran tunda).

Keterangan Foto atas, dari kiri ke kanan :  Alwi, Kang Isro, Kang Dasir, Bang Haris, Istri Bang Haris (maaf lupa namanya), Kang Didot, Kang Atma, Kang Iksa.

Keterangan Foto bawah, dari kiri ke kanan :  Alwi, Kang Dasir, Kang Isro, Bang Haris, Istri Bang Haris, Mbak Farida, Kang Adit, Putrinya Mbak Farida, Mbak Wigati (Mbak Wiwi), Mbak Nunik.

Kopdar berikutnya rencananya akan diadakan di bulan Juli 2010, tempat Kebun Raya Bogor.

Mudah-mudahan artikel tentang Kopdar Pertamaku di Ragunan ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Pesta Blogger Plus 2010
  2. Cara Sukses Bikin Kopdar
  1. 18-5-2010 at 06:46 | #1

    jadi kangen selalu ke WP nya tapi kayak blog nggak berpenghuni

    Reply

  2. 18-5-2010 at 06:47 | #2

    Salam hormat selaalu kang

    Reply

  3. 21-5-2010 at 19:54 | #3

    pengen donk klo ada lagi ikutan.

    Reply

  4. 22-5-2010 at 13:35 | #4

    Mmm….. asyik juga ya kopdar terus. Pasti lain rasanya kalau ketemu via darat. Berkenalan, makan, bercanda, … kapan ya saya bisa ikut :|

    Reply

  5. 2-6-2010 at 10:28 | #5

    wah wah… pengen juga neh ikutan kopdar, kan bisa nambah sodara

    Reply

    yayah Reply:

    wah ada barajakom lagi

    Reply

  6. 8-6-2010 at 09:08 | #6

    tambah 1 lagi ah…

    Reply

  7. 23-11-2013 at 18:50 | #7

    Menyenangkan sekali bisa berkumpul dan berwisata dengan orang-orang terdekat . . .

    Reply

Comment pages
1 3 4 51834
2+8=? (Wajib diisi)