Home » Security » Kilas balik, sejumlah virus yang bikin repot sepanjang 2009

Kilas balik, sejumlah virus yang bikin repot sepanjang 2009

25 Des. 2009115 comments
Kilas balik, sejumlah virus yang bikin repot sepanjang 2009

virus yang bikin repot sepanjang 2009Untuk melengkapi postingan sebelumnya tentang Ancaman internet yang siap menerjang di Tahun 2010, yuk … sejenak kita kilas balik untuk melihat jenis-jenis virus apa saja yang sempat bikin heboh dan bikin repot sepanjang tahun 2009 ini. Seperti yang pernah saya alami,  komputer saya pernah kena virus Conficker dan bikin repot. Kalau “Virus”nya Slank sich enak dinikmati.

Sepanjang tahun 2009 ini, dunia maya tak henti-hentinya dijejali gelontoran program jahat (malware). Ada yang ganas, namun ada pula yang cuma sekadar numpang lewat. Sang pembuat virus sendiri memiliki cara unik untuk mengelabui korban. Nama yang digunakan tentu yang memancing rasa penasaran. Misal ‘Sandra Dewi‘, siapa yang tak tertarik dan tergelitik jika dikirimi email dengan bertuliskan ‘Sandra Dewi Bugil‘?. Padahal sebenarnya, itu tak lebih dari sekadar alat pancingan agar calon korban memakan umpan si pembuat virus. Selanjutnya, tentu saja bukan kepuasan birahi yang didapat malah gelontoran program jahat yang menjajah komputernya.

Itu baru satu virus, masih banyak sejatinya cara-cara licik yang dijalankan penjahat cyber untuk menjerumuskan pengguna internet. Berikut ini adalah sejumlah virus sepanjang 2009 yang sempat bikin heboh dan repot namun patut diwaspadai.

1. Januari 2009 – Conficker

Program jahat ini mulai menyerang pada bulan Januari 2009. Apa saja ciri-ciri komputer yang terserang conficker?

  • Username Login di Active Directory (AD) Windows terkunci berulang-ulang. Jadi meskipun sudah terkunci (loc