Home » Bisnis Internet » Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya

Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya

17 Jun. 201227 comments
Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya

pengalaman pengguna web

Di pesan masuk akun Google Adsense, saya telah dikirimi 3 buah artikel tentang cara-cara peningkatan sebuah web yaitu : saran mengenai konten berkualitas (versi Google), tata letak situs web yang efektif dan navigasi yang mudah, dan yang terakhir tentang aspek yang juga cukup penting yang akan menentukan keberhasilan sebuah web yaitu tentang pengalaman pengguna.

Kalau melihat gambar di atas, ada 5 hal yang perlu dilakukan oleh pemilik/pengelola sebuah situs yaitu :

1. Untuk siapa situs dibuat?

Buatlah situs untuk manusia, jangan membuat sebuah situs/web hanya untuk mesin pencari (search engine). Boleh saja kita mengoptimasi blog agar SEO Friendly, tapi tetap harus diingat bahwa tujuan akhir dari SEO adalah pengunjung (manusia), jadi jangan berlebihan dalam menerapkan SEO, Google juga kurang suka dengan web/blog yang berlebihan dalam menerapkan SEO.

Dalam skala yang lebih spesifik, kita bisa membuat situs untuk target yang telah ditetapkan sebelumnya, misalnya khusus untuk pengunjung lokal Indonesia, atau khusus untuk kalangan tertentu berdasarkan “niche” atau topik bahasan tertentu misalnya olah raga, kesehatan, kuliner dan lain-lain.

Secara teknis, dengan tool khusus seperti Google Analytic dan sejenisnya kita bisa menganalisa tipikal pengunjung blog dan semua sumber traffic dan lalu lintas blog sehingga kita akan lebih mudah untuk menentukan “goal” dari sebuah situs/web/blog yang kita buat.

2. Apa yang pengguna harapkan?

Mintalah masukan-masukan dari pengunjung supaya bisa langsung menganalisa apa yang menjadi kebutuhannya, memberikan input, masukan, saran, pendapat bahkan kritikan demi kemajuan perkembangan sebuah website/situs/blog.

3. Apa saja kebutuhan pengguna?

Ini hampir sama dengan poin ke 2 di atas, kita juga bisa berinteraksi dan berdialog dengan pengunjung tentang hal-hal apa saja yang perlu ada di sebuah website/situs/blog. Hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh pengunjung, bisa tentang artikelnya, tampilannya (design), navigasi dan lain sebagainya.

4. Apakah mudah untuk melakukan sesuatu dalam situs?

Ini berkaitan dengan pembahasan sebelumnya tentang navigasi (Make your site easier to navigate). Buat situs Anda lebih mudah untuk dinavigasikan – ini penting karena dengan adanya navigasi yang baik akan dapat membantu pengunjung untuk menemukan konten yang mereka inginkan dengan lebih cepat.

5. Seberapa cepat pengguna dapat membuka situs anda

Ini berkaitan dengan kecepatan loading sebuah situs/web/blog. Semakin cepat loadingnya maka akan semakin membuat nyaman kepada pengunjung. Search engine juga suka dengan situs/web/blog yang loadingnya cepat. Beberapa tips dan trik cara mempercepat loading blog khususnya wordpress telah banyak saya bahas silahkan telusuri khususnya di bagian kategori Optimasi WordPress dan CSS.

Semua aspek-aspek tersebut di atas dilakukan untuk satu hal yaitu memberikan kepuasan dan Added Value (nilai tambah) kepada pengunjung (memberikan pengalaman yang terbaik untuk pengunjung). Kepuasan dan nilai (value) yang dirasakan pengunjung akan membentuk sebuah opini yang positif, dalam tingkatan selanjutnya akan melahirkan sebuah brand yang sangat kuat melekat di hati para pengunjungnya. Meminjam istilah orang marketing, kita harus bisa melaksanakan slogan “kepuasan pelanggan adalah segalanya”.

Sebaliknya pengalaman buruk (kesan yang buruk) yang didapatkan oleh pengunjung dapat membentuk sebuah opini yang negatif yang bisa merusak reputasi sebuah situs web. Oleh karena itu, penting untuk melihat sebuah situs dari perspektif pengunjung, seperti kegunaan, desain dan tampilan, kecepatan loading, kemudahan navigasi, konten yang segar dan informatif, dukungan pengunjug, harapan pengunjung, saran kritik dan juga masukan lainnya.

Sumber gambar : http://image.comms.doubleclick.com/lib/fecb157674650379/i/1/9288fd6b-e.gif

Mudah-mudahan artikel tentang Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Satu-Satunya Pembeda Antara Pemenang dan Pecundang
  2. Cara Pasang Adsense Di Bawah Judul Postingan
  3. Cara Pasang Google Adsense Di Tengah Postingan Tanpa Plugin
  4. Perpindahan AdSense untuk Penelusuran Seluler ke AdSense untuk Konten
  5. Glosarium (Daftar Istilah) Dalam Google Adsense
  6. Cara Mengoptimalkan Adsense Seluler (Adsense Mobile)
  7. Konten Berkualitas Versi Google
  8. 101 Tips Cara Monetize Blog
  9. Kiat Pemasaran di Media Sosial
  10. Google Adsense Sudah Support Bahasa Indonesia
  1. 31-12-2012 at 15:32 | #1

    Ia ni bila pelanggan kita puas maka bisa jadi ia akan tetap menggunakan jasa kita dan begitu pula dengan blog, ia akan tetap mengakses blog kita sebab bermanfaat
    terima kasih atas ulasannya, sangat membantu

    Reply

  2. 18-1-2013 at 22:17 | #2

    sip bos kepuasan pelangan adalah no 1, seperti blog ini yang gak ada popup nya, jadi lebih nyaman baca artikelnya

    Reply

  3. 19-1-2013 at 22:19 | #3

    memang pelanggan nomor 1, namun banyak pelanggan yang ga bersahabat..

    Reply

  4. 19-1-2013 at 22:27 | #4

    trims… pencerahannya
    makasih salam kenal ya… mas alwi

    Reply

  5. 19-1-2013 at 22:29 | #5

    makasih… pelanggan selalu nomor 1

    Reply

  6. 10-2-2013 at 14:55 | #6

    artikelnya bagus3x(ipin upin).saya jadi betah ber lama2 dsn untuk belajar.

    Reply

  7. 10-5-2013 at 22:26 | #7

    karena pembeli adalah raja

    Reply

  8. 12-3-2014 at 11:48 | #8

    hmm betul sekali pak alwi,

    Reply

  9. 22-3-2014 at 14:53 | #9

    betul sekali dalam dunia bisnis kepuasan pelanggan adalah harga mati. Jangan di bilang pengusaha tidak punya bos, malah untuk pengusaha bosnya banyak banget yaitu pelangan – pelanggannya

    Reply

  10. 13-4-2014 at 14:25 | #10

    wah perlu di kembangkan bagus banget

    Reply

Comment pages
1+5=? (Wajib diisi)