Home » Bisnis Internet » Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya

Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya

17 Jun. 201227 comments
Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya

pengalaman pengguna web

Di pesan masuk akun Google Adsense, saya telah dikirimi 3 buah artikel tentang cara-cara peningkatan sebuah web yaitu : saran mengenai konten berkualitas (versi Google), tata letak situs web yang efektif dan navigasi yang mudah, dan yang terakhir tentang aspek yang juga cukup penting yang akan menentukan keberhasilan sebuah web yaitu tentang pengalaman pengguna.

Kalau melihat gambar di atas, ada 5 hal yang perlu dilakukan oleh pemilik/pengelola sebuah situs yaitu :

1. Untuk siapa situs dibuat?

Buatlah situs untuk manusia, jangan membuat sebuah situs/web hanya untuk mesin pencari (search engine). Boleh saja kita mengoptimasi blog agar SEO Friendly, tapi tetap harus diingat bahwa tujuan akhir dari SEO adalah pengunjung (manusia), jadi jangan berlebihan dalam menerapkan SEO, Google juga kurang suka dengan web/blog yang berlebihan dalam menerapkan SEO.

Dalam skala yang lebih spesifik, kita bisa membuat situs untuk target yang telah ditetapkan sebelumnya, misalnya khusus untuk pengunjung lokal Indonesia, atau khusus untuk kalangan tertentu berdasarkan “niche” atau topik bahasan tertentu misalnya olah raga, kesehatan, kuliner dan lain-lain.

Secara teknis, dengan tool khusus seperti Google Analytic dan sejenisnya kita bisa menganalisa tipikal pengunjung blog dan semua sumber traffic dan lalu lintas blog sehingga kita akan lebih mudah untuk menentukan “goal” dari sebuah situs/web/blog yang kita buat.

2. Apa yang pengguna harapkan?

Mintalah masukan-masukan dari pengunjung supaya bisa langsung menganalisa apa yang menjadi kebutuhannya, memberikan input, masukan, saran, pendapat bahkan kritikan demi kemajuan perkembangan sebuah website/situs/blog.

3. Apa saja kebutuhan pengguna?

Ini hampir sama dengan poin ke 2 di atas, kita juga bisa berinteraksi dan berdialog dengan pengunjung tentang hal-hal apa saja yang perlu ada di sebuah website/situs/blog. Hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh pengunjung, bisa tentang artikelnya, tampilannya (design), navigasi dan lain sebagainya.

4. Apakah mudah untuk melakukan sesuatu dalam situs?

Ini berkaitan dengan pembahasan sebelumnya tentang navigasi (Make your site easier to navigate). Buat situs Anda lebih mudah untuk dinavigasikan – ini penting karena dengan adanya navigasi yang baik akan dapat membantu pengunjung untuk menemukan konten yang mereka inginkan dengan lebih cepat.

5. Seberapa cepat pengguna dapat membuka situs anda

Ini berkaitan dengan kecepatan loading sebuah situs/web/blog. Semakin cepat loadingnya maka akan semakin membuat nyaman kepada pengunjung. Search engine juga suka dengan situs/web/blog yang loadingnya cepat. Beberapa tips dan trik cara mempercepat loading blog khususnya wordpress telah banyak saya bahas silahkan telusuri khususnya di bagian kategori Optimasi WordPress dan CSS.

Semua aspek-aspek tersebut di atas dilakukan untuk satu hal yaitu memberikan kepuasan dan Added Value (nilai tambah) kepada pengunjung (memberikan pengalaman yang terbaik untuk pengunjung). Kepuasan dan nilai (value) yang dirasakan pengunjung akan membentuk sebuah opini yang positif, dalam tingkatan selanjutnya akan melahirkan sebuah brand yang sangat kuat melekat di hati para pengunjungnya. Meminjam istilah orang marketing, kita harus bisa melaksanakan slogan “kepuasan pelanggan adalah segalanya”.

Sebaliknya pengalaman buruk (kesan yang buruk) yang didapatkan oleh pengunjung dapat membentuk sebuah opini yang negatif yang bisa merusak reputasi sebuah situs web. Oleh karena itu, penting untuk melihat sebuah situs dari perspektif pengunjung, seperti kegunaan, desain dan tampilan, kecepatan loading, kemudahan navigasi, konten yang segar dan informatif, dukungan pengunjug, harapan pengunjung, saran kritik dan juga masukan lainnya.

Sumber gambar : http://image.comms.doubleclick.com/lib/fecb157674650379/i/1/9288fd6b-e.gif

Mudah-mudahan artikel tentang Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Konten Berkualitas Versi Google
  2. Cara Pasang Adsense Di Bawah Judul Postingan
  3. Cara Memanfaatkan Twitter Untuk Blog Anda
  4. Mendapatkan Kiriman PIN Google Adsense
  5. Glosarium (Daftar Istilah) Dalam Google Adsense
  6. Satu-Satunya Pembeda Antara Pemenang dan Pecundang
  7. Perpindahan AdSense untuk Penelusuran Seluler ke AdSense untuk Konten
  8. Cara Mengoptimalkan Adsense Seluler (Adsense Mobile)
  9. 4 Kesalahan Blog Perusahaan
  10. Kiat Pemasaran di Media Sosial
  1. 18-6-2012 at 05:17 | #1

    klo kecepatan loading, terutama halaman home, nggak ada yang secepat m-alwi.com, ah, pak Wandhi menyebutnyanya sebagai yang tercepat sedunia… :D

    Reply

    Ucapan Ulang Tahun Reply:

    Setuju sama mas Sriyono..
    kecepatan loading home m-alwi.com tercepat sedunia… apalagi kalo kita pakek jaringan lemot.. terasa banget perbedaannya dengan blog lain…

    Reply

    Bayu Reply:

    Saya setuju dengan Mas Sriyono dan Mas Ulang Tahun,hehe.
    mskipun saya pakai krtu modem unlimited super lemot tapi masih bisa menikmati load page dgn cpat.,
    mngkin mas Alwi bisa buka rahasianya,.hehe

    Reply

  2. 18-6-2012 at 08:52 | #2

    Setuju Pak Suke saja…

    Reply

  3. 18-6-2012 at 16:21 | #3

    sayang ya GA berat untuk mampir di blog ane..

    Reply

  4. 19-6-2012 at 01:52 | #4

    Seharusnya ya pemilik situs memperhatikan masukan dari pengunjung, kalo gak mau memperhatikan masukan dari pengunjung ya mending ngeblog di localhost aja :D

    Btw, halaman depan (home) blog mas Alwi ini kalo dibuka make Firefox, agak nyandet (nge-lag) gitu mas. Sepertinya sih karena blog mas Alwi make radial-gradient untuk headernya. Kalo dibuka make selain firefox sih aman-aman aja.

    Reply

  5. 19-6-2012 at 09:15 | #5

    infonya bagus sob, untuk penyegaran kembali awal membuat web atau blog memang harus di konsep lebih dahulu sehingga sesuai dengan target atau sasarannya. salam kunjungan

    Reply

  6. 21-6-2012 at 08:14 | #6

    Masih trauma main GA. Teringat saat-saat dulu waktu di banned…hehe…

    Reply

  7. 25-6-2012 at 12:19 | #7

    mantap, jadi intinya kita harus mengetahui target pasar kita terlebih dahulu…

    Reply

  8. 26-6-2012 at 04:21 | #8

    yang penting dalam memperhatikan keupasan pelanggan/konsumen adalah intinya mendahulukan misi spiritual daripada finansial

    Reply

  9. 30-6-2012 at 12:59 | #9

    ok,, bisa diterima,, sipp

    Reply

  10. 28-9-2012 at 00:40 | #10

    terima kasih bos atas info-nya, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi ini, ini sungguh sangat membantu saya untuk memecahkan masalah yang sedang saya hadapi. mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru.
    mungkin si bos juga membutuh kan infomasi dari saya, trick ini akan dengan mudah membuat sebuah blog menjadi lebih maksimal dari yang sebelumnya tips seo blog|belajar seo

    Reply

Comment pages
2+5=? (Wajib diisi)