Home » Bisnis Internet » Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya

Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya

17 Jun. 201227 comments
Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya

pengalaman pengguna web

Di pesan masuk akun Google Adsense, saya telah dikirimi 3 buah artikel tentang cara-cara peningkatan sebuah web yaitu : saran mengenai konten berkualitas (versi Google), tata letak situs web yang efektif dan navigasi yang mudah, dan yang terakhir tentang aspek yang juga cukup penting yang akan menentukan keberhasilan sebuah web yaitu tentang pengalaman pengguna.

Kalau melihat gambar di atas, ada 5 hal yang perlu dilakukan oleh pemilik/pengelola sebuah situs yaitu :

1. Untuk siapa situs dibuat?

Buatlah situs untuk manusia, jangan membuat sebuah situs/web hanya untuk mesin pencari (search engine). Boleh saja kita mengoptimasi blog agar SEO Friendly, tapi tetap harus diingat bahwa tujuan akhir dari SEO adalah pengunjung (manusia), jadi jangan berlebihan dalam menerapkan SEO, Google juga kurang suka dengan web/blog yang berlebihan dalam menerapkan SEO.

Dalam skala yang lebih spesifik, kita bisa membuat situs untuk target yang telah ditetapkan sebelumnya, misalnya khusus untuk pengunjung lokal Indonesia, atau khusus untuk kalangan tertentu berdasarkan “niche” atau topik bahasan tertentu misalnya olah raga, kesehatan, kuliner dan lain-lain.

Secara teknis, dengan tool khusus seperti Google Analytic dan sejenisnya kita bisa menganalisa tipikal pengunjung blog dan semua sumber traffic dan lalu lintas blog sehingga kita akan lebih mudah untuk menentukan “goal” dari sebuah situs/web/blog yang kita buat.

2. Apa yang pengguna harapkan?

Mintalah masukan-masukan dari pengunjung supaya bisa langsung menganalisa