Home » Religi » Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza

Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza

5 Aug. 201189 comments
Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza

Berawal dari postingan saya tentang manfaat, keutamaan dan kekuatan do’a, di akhir postingan tersebut saya menuliskan kalimat Jazakumullah khairan katsiran. Wa jazakumullah ahsanal jaza. Kalimat itu saya cantumkan sebagai ungkapan rasa terima kasih saya kepada teman-teman yang telah ikut mensupport untuk ikut mendoakan ibu saya yang sedang sakit waktu itu dan semoga Allah SWT akan membalas kebaikan mereka semua dengan balasan yang lebih baik lagi.

Rupanya kalimat itu banyak dicari oleh para netter di search engine, terutama arti atau maknanya. Dan banyak netter yang kesasar ke postingan manfaat, keutamaan dan kekuatan do’a, dan di sana belum saya jelaskan makna dan artinya dan mungkin banyak yang kecewa karena apa yang mereka cari tidak ditemukan walau saya tidak bermaksud begitu. Oleh karenanya di kesempatan ini saya ingin menjelaskan arti dari tulisan Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza.

Jazaa = semoga memberi/menambah/membalas, ka = engkau (lelaki tunggal), Allah = Allah. Jazakallah (جَزَاكَ اللهُ) artinya “semoga Allah akan memberi/menambah/membalasmu”, ini digunakan sebagai ungkapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikannya (tunggal / kamu).

Jazaa = semoga memberi/menambah/membalas, kum = kalian (jamak), Allah = Allah. Jazakumullah (جَزَاكُمُ اللهُ) artinya “semoga Allah akan memberi/menambah/membalas kalian”, ini digunakan sebagai ungkapan terima kasih atas kebaikan seseorang/sekelompok orang, dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikan mereka (jamak/orang banyak).

Penggunaan hanya dengan kalimat Jazakallah atau Jazakumullah menurut saya masih kurang lengkap (kurang tepat) walaupun makna dan maksudnya sudah bisa dipahami sebagai ungkapan terima kasih dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikanya/mereka. Untuk lengkapnya setelah Jazakallah atau Jazakumullah harus ada penyebutan dalam hal apa Allah akan membalasnya. Jadi setelah Jazakallah atau Jazakumullah perlu ada kalimat berikutnya sebagai penjelasan yakni kalimat Khairan Katsiran (خَيْرًا كَثِيْرًا).

Khairan artinya kebaikan, sedangkan Katsiran artinya banyak, jadi Khairan Katsiran artinya kebaikan yang banyak. Sedangkan Ahsanal Jaza artinya balasan yang terbaik. Jadi arti dari “Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza” (جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا وَجَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء) adalah semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan kebaikan yang banyak dan semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan balasan yang terbaik.

Hadit berikut ini mungkin bisa sedikit menjelaskan tentang dasar dari penggunaan istilah tersebut di atas. Dari Usamah bin Zaid r.a bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

من صُنِعَ إليه مَعْرُوفٌ فقال لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ الله خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ في الثَّنَاءِ

Artinya “Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan “jazaakallahu khaeron (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.” (HR.At-Tirmidzi (2035), An-Nasaai dalam Al-kubra (6/53), Al-Maqdisi dalam Al-mukhtarah: 4/1321, Ibnu Hibban: 3413, Al-Bazzar dalam musnadnya:7/54. 

Update :

Ada pertanyaan dari pengunjung (sdr Awe) : Thanks atas sharingnya Bang Alwi. ada 1 pertanyaan, apakah biasanya yang bisa diucapkan oleh orang yang telah menerima kalimat “Jazakallahu khairan katsiran”? apakah cukup dengan kata “amin?”.


Cara Menjawabnya : Menurut fatwa dari Syaikh Abdul Muhsin al-Abbad al-Badr :
Yang lebh utama dalam menjawab kalimat yang ini ialah dg mengulang kalimat tersebut (membalasnya dengan mengatakan : “وجزاكم الله خيرا” atau yang semisalnya. Jika misalnya membalasnya hanya dg ucapan “وإياكم” dan yang semisalnya adalah boleh-boleh saja, namun yang lebih utama adalah membalas dengan mengulang lafadz doa tersebut.
Pertanyaan:

السؤال: هل هناك دليل على أن الرد يكون بصيغة (وإياكم)؟

فأجاب: لا , الذي ينبغي أن يقول :(وجزاكم الله خيرا) يعنى يدعى كما دعا, وإن قال (وإياكم) مثلا عطف على جزاكم ,يعني قول (وإياكم) يعني كما يحصل لنا يحصل لكم .لكن إذا قال: أنتم جزاكم الله خيرا ونص على الدعاء هذا لا شك أنها أوضح وأولى
(مفرغ من شريط دروس شرح سنن الترمذي ,كتاب البر والصلة ,رقم:222)

Apakah ada dalil bahwa membalasnya (ucapan jazakallohu khoiron) adalah dengan ucapan “wa iyyakum”?

Beliau menjawab:
“Tidak ada dalilnya, namun sepantasnya dia juga mengatakan “wa jazakumullohu khoiron” (dan semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan), yaitu didoakan sebagaimana dia mendoakan, dan seandainya ia mengucapkan semisal “wa iyyakum” (mengikuti) atas ucapan “Jazakum”, yakni ucapan “wa iyyakum” bermakna “sebagaimana kami mendapat kebaikan, semoga kalian juga”.

Akan tetapi jika ia membalasnya dengan ucapan “antum jazakumulloh khoiron” dan mengucapkan dengan lafadz do’a tersebut, tidak diragukan lagi bahwa ini lebih jelas dan lebih utama. Wallahu’alam

Catatan : Mohon dikoreksi jika penjelasan saya tentang arti dari kalimat “Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza” masih kurang pas atau kurang tepat.

Mudah-mudahan artikel tentang Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Hukum Transaksi via Elektronik
  2. Selamat Idul Fitri 1433 H / 2012 M, Mohon Maaf Lahir dan Batin
  3. Doa Untuk Kemudahan Melahirkan
  4. Hikmah dan Manfaat Sholat Berjamaah
  5. Dalil-dalil Bacaan Tahlil
  6. Tips Tetap Sehat Dan Bugar Selama Berpuasa
  7. Wahai Dunia
  8. UU No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat
  9. Melihat Ibadah Haji Lewat Streaming YouTube
  10. Tips Agar Tetap Tegar Ketika Tertimpa Musibah
  1. 5-8-2011 at 04:38 | #1

    afwan ada kalimat yang kurang sempurna yakni الجزآء bukan الْجَزَء ..kurang alif saja..sebetul na sebelum kata jazakallah tu ada kata yang dibuang tapi ana lupa kata na apa..insyaAllah nanti ana cari kata yang dibuang tu..
    _____________________________________________________
    Syukron katsiir … dah ane tambahkan …

    Reply

    ibnu ismadi Reply:

    afwan, pernah belajar imriti dan ajrumiyah toh..malah ana belum pernah belajar kitab2 seperti itu..kalau gitu boleh dunk sharing dan berdiskusi tentang bahasa arab dan ilmu alat ?
    dah brp lama bljr imriti ???salam kenal..
    farihtu bimu’arofatikum..

    ____________________________________
    Belajar nahwu shorof, jurumiyah, al ‘imrithy, alfiyah dll dulu waktu masih SD s/d Tsanawiyah dan ‘Aliyah/PGA, kemudian lanjut di Fak Syari’ah UIN Jogja, tapi dah banyak yg lupa, saya lulus dari UIN tahun 1996

    Reply

    ibnu ismadi Reply:

    idzan antum ustadzul jamiah dunk..ya’ni muallimul jami’ah ??
    OOT ne, kalau pgn menutupi wp-content/themes/nama-themes misal na theme twenty eleven gimana ya ?ana udah mencoba trick na mas Is tp ga cocok dgn thema ana ..
    ______________________________________________________
    Alternatif lainnya coba lihat di postingan ini :
    Cara Mendisable Akses Directory WordPress

    Reply

    ibnu ismadi Reply:

    cara mengalihkan link not found ke link yang falid atau otomatis di alihkan ke home ??ya seperti blog na mas alwi..kan langsung dialihkan ke daftar isi..
    syukron jazilan ala musaadatikum..

    Ummu Bariroh Reply:

    Nambah dikit.. Jazakumulloh ( pake kum ) meskipun yang dituju cuma satu orang kalaw dalam bahasa arab menunjukkan penghormatan. Sama pula dengan kata antum kepada seseoraang meskipun yang diajak ngomong cuma satu..

    Reply

  2. 5-8-2011 at 16:15 | #2

    Wow,, sungguh informasi yang berguna mas Alwi..

    Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza

    ^_^

    Reply

  3. 5-8-2011 at 18:40 | #3

    Saya terkadang Pakai Jazakumullah Khairan Katsir

    Reply

  4. 6-8-2011 at 00:09 | #4

    subhanallah. Bahasa arab memang indah ya

    Reply

  5. 7-8-2011 at 09:19 | #5

    btw komen ana yang tadi masik ga ya ?
    ______________________________________________
    Admin :

    Masuk kok, tapi maaf agak keselip heee … ttg pertanyaan di atas saya jawab di sini aja :

    Untuk mengalihkannya bisa pakai cara mengalihkan halaman error 404 ke halaman yg bisa kita buat sendiri atau bisa dialihkan ke halaman depan atau ke halaman daftar isi kodenya kira2 begini (ditambahkan ke file .htaccess ):

    ErrorDocument 404 /halamancustom.html
    

    Halaman/file halamancustom.html bisa kita buat sendiri sesuai selera.

    Cara lain bisa kita modifikasi halaman 404.php yg ada di theme dg metode “301 Moved Permanently” supaya dialihkan ke halaman yg kita kehendaki, kebetulan saya pakai cara ini dan waktu delay sebelum dialihkan ke halaman lain bisa kita atur waktunya, misalnya 2, 3, 3 detik dst

    Reply

    Beli Notebook Bekas Reply:

    sy punya masalah 404, tutorialnya klo buat template blogspot gimana kang? thxs

    Reply

    reza Reply:

    share dong mas cara membuat halamancustomnya….

    Reply

  6. 9-8-2011 at 11:39 | #6

    ibunya masih sakit kang alwi? semoga lekas diberi kesmebuhan, amin :)

    Reply

  7. 13-8-2011 at 01:59 | #7

    Nyimak Dulu untuk postingan Ini…
    ^__^

    Reply

  8. 1-10-2011 at 13:10 | #8

    dalam hadits disebutkan lafadznya,” jazakallahu khairan.” tidak ada tambahan yang lainnya, baik kata “katsiran” maupun “ahsanal jaza'”… sedangkan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk rosulullah shollallahu alaihi wasallam…

    Reply

  9. 6-12-2011 at 19:02 | #9

    ternyata maknanya bagus bgt, sering denger dari teman2 tapi malu mau tanya artinya apa.

    Reply

  10. iloveAllah
    30-12-2011 at 10:04 | #10

    Assalaamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh
    Terimakasih infonya… saya izin copas…

    Jazakallaah Khairan Katsiiran Wa Jazakallaah Ahsanal Jazaa’

    Wassalaamu’alaikumwarohmatullaahi wabarokaatuh

    Reply

Comment pages
1 2 3 8 2438
4+4=? (Wajib diisi)