Home » Google » Google Gunakan Sistem Index Baru

Google Gunakan Sistem Index Baru

11 Jun. 2010434 comments
Google Gunakan Sistem Index Baru

Beberapa waktu yang lalu saya pernah membuat postingan tentang Google Caffeine Search Engine. Caffeine, algoritma baru Google ternyata telah memberikan hasil pencarian yang lebih banyak dan jauh lebih baik. Konten yang dihasilkan juga jauh lebih baik. Dengan memasukkan kata kunci yang dicari, Google akan mengeluarkan lebih banyak hasil pencarian dibandingkan dengan engine lama.

Saat ini Google telah memulai menerapkan sistem pengindekan baru, seperti yang saya kutip dari Webmaster Central Blognya Google, 06/08/2010 :

Today, we’re announcing the completion of a new web indexing system called Caffeine. Caffeine provides 50 percent fresher results for web searches than our last index, and it’s the largest collection of web content we’ve offered. Whether it’s a news story, a blog or a forum post, you can now find links to relevant content much sooner after it is published than was possible ever before.

Perubahan web indexing system ini dilakukan untuk kenyaman pelanggan, dengan hasil pencarian yang lebih baru. Pasalnya, Caffeine menyediakan sekira 50 persen hasil pencarian yang lebih baru dibandingkan index Google sebelumnya.

Nantinya, hasil pencarian tidak hanya didapatkan melalui portal berita maupun situs, melainkan juga mengikutsertakan blog dan postingan forum. Bahkan pengguna akan mendapatkan hasil pencarian yang relevan dengan konten dan dengan waktu postingan yang lebih baru.

Sebelumnya, sistem index Google diambil dengan mengambil bagian-bagian kecil dari web setiap harinya, meng-index-kannya untuk kemudian memunculkan ke dalam hasil pencarian. Dengan Caffeine, Google menjelajahi seluruh web dan menemukan informasi baru, untuk kemudian di-index-kan sesegera mungkin.

Index lama Google terdiri dari beberapa tingkatan. Sebagian level diperbaharui dengan cepat daripada tingkatan lainnya, sedangkan tingkatan utama akan di update setiap beberapa minggu sekali. Untuk memperbaharui tingkatan dari index lama, Google akan menganalisa seluruh web. Artinya, akan ada jeda dalam waktu yang signifikan untuk menemukan halaman hasil pencarian hingga memunculkannya ke hadapan pengguna.

Dengan Caffeine, Google menganalisa web dalam ukuran yang kecil dan meng-update index pencariannya secara berkesinambungan. Ketika Google menemukan halaman atau informasi baru maka hal itu akan langsung diarahkan untuk muncul ke index.

New Google Caffeine Index

Saat ini mungkin perbedaannya belum begitu terasa, namun untuk beberapa minggu, bulan dan tahun berikutnya baru akan terasa perbedaannya. Setiap detik, Caffeine memproses ratusan hingga ribuan halaman secara paralel. Caffeine membutuhkan sekira 100 juta gigabytes storage dalam satu database dan menambahkan informasi baru dengan kapasitas ratusan hinggan ribuan gigabytes per harinya.

Beberapa waktu yang lalu Google juga mempertimbangkan untuk menerapkan kecepatan loading suatu website atau blog terhadap hasil pengindekan mesin pencarinya. Oleh karenanya para webmaster atau pemilik website/blog harus mempertimbangkan untuk mulai meningkatkan kecepatan loadingnya, kemudahan navigasi dan lain-lain untuk peningkatan hasil pengindekan yang lebih baik.

Referensi :

  • http://mashable.com/2010/06/08/google-rolls-out-its-new-and-improved-search-index
  • http://googleblog.blogspot.com/2010/06/our-new-search-index-caffeine.html
Mudah-mudahan artikel tentang Google Gunakan Sistem Index Baru ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Google Caffeine Search Engine
  2. Google Peringati Hari Bumi
  3. Google Prioritaskan Konten Berkualitas
  4. Perpindahan AdSense untuk Penelusuran Seluler ke AdSense untuk Konten
  5. Google Webmaster Tools : HTML Suggestions
  6. Mendapatkan Kiriman PIN Google Adsense
  7. Download Edisi Baru Google SEO Starter Guide 2010
  8. Google Doodle Art Clokey’s 90th Birthday Animation
  9. Gajian Pertamaku Dari Google Adsense
  10. Glosarium (Daftar Istilah) Dalam Google Adsense
  1. 14-10-2010 at 05:01 | #1

    yak. sya juga merasakan ada perubahan pada webmaster tools nya mbah google

    Reply

  2. 9-4-2011 at 13:26 | #2

    Sepertinya implementasinya udah sukses di jalankan google ya mas? memang terlihat perbedaannya walaupun kalo saya ngerasa cuma sedikit..

    Reply

  3. 7-5-2011 at 17:35 | #3

    saya juga merasakan perbedaan yang sangat besar mas.

    Reply

  4. 29-9-2011 at 08:20 | #4

    Mendapatkan link ke blog orang lain tidaklah mudah, terlebih lagi blog/web orang tersebut memiliki PR di atas 3. …

    Reply

  5. 17-10-2011 at 18:19 | #5

    thank’s for share friend … :)

    Reply

  6. 22-10-2011 at 16:50 | #6

    makasih infonya mas,, sukses selalu ya,,,

    Reply

  7. 17-2-2012 at 15:11 | #7

    Hayo Semangat supaya terindex di halaman pertama.

    Reply

  8. 18-1-2013 at 22:15 | #8

    info yang sangat menarik gan

    Reply

  9. 17-4-2014 at 13:02 | #9

    sangat bagus websate nya

    Reply

  10. 13-7-2015 at 22:11 | #10

    Google semakin maju dan berkembang

    Reply

Comment pages
1 7 8 91887
0+6=? (Wajib diisi)