Home » Google » Google Apps, Layanan Untuk Office Online atau Kantor Virtual

Google Apps, Layanan Untuk Office Online atau Kantor Virtual

5 Feb. 201075 comments
Google Apps, Layanan Untuk Office Online atau Kantor Virtual

Sebuah produk office suite yang sudah sejak lama dikenal seperti Microsoft Office atau Open Office, bisa dibilang merupakan aplikasi wajib yang harus terinstall di komputer kita. Produk office suite yang paling sering digunakan di antaranya program pengolah kata seperti Ms Word dan spreadsheet seperti Ms Excel. Seiring dengan penggunaan internet yang semakin meluas dan fleksibel,  kegiatan perkantoran tidak hanya bekerja dengan word processor saja ataupun aplikasi lainnya seperti spreadsheet, tetapi juga termasuk aktivitas e-mail, chat, atau browsing.

Salah satu atau sebagian produk Google berikut ini: Gmail, Calendar, Gtalk, Docs, Sites, atau Google Sync mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Terbayang untuk menikmati produk-produk tersebut dengan domain anda sendiri? Kurang lebih inilah yang ditawarkan Google Apps, sebuah layanan yang menyertakan seluruh produk yang telah disebutkan di atas. Layanan ini cukup untuk sebuah office online, sebuah kantor virtual, tidak terbatas waktu dan tempat, juga tidak tergantung sistem operasi yang anda gunakan.

Google Apps hadir dengan Standard Edition, Education Edition, dan Premier Edition. Standard Edition dan Education Edition ( untuk organisasi dibawah 3.000 pengguna) tidak dikenakan biaya alias gratis, Premier Edition mengharuskan pengguna membayar 50 $USD per account/tahun, dengan kelebihan antara lain kapasitas yang lebih besar (25 GB untuk e-mail), layanan support melalui telepon, menyertakan Google Video, dan seterusnya.

Memulai Google Apps

Mungkin anda bertanya-tanya apa bedanya antara menggunakan layanan-layanan dalam Google Apps secara terpisah atau mengapa harus mendaftar Google Apps? Keistimewaannya adalah anda dapat menggunakan domain anda sendiri saat menggunakan layanan-layanan dalam Google Apps. Jadi anda bisa memiliki alamat e-mail xxx@namadomainanda.com yang menggunakan fasilitas Gmail,