Home » Bisnis Internet » Google » Glosarium (Daftar Istilah) Dalam Google Adsense

Glosarium (Daftar Istilah) Dalam Google Adsense

27 Jun. 201247 comments
Glosarium (Daftar Istilah) Dalam Google Adsense

Google Adsense Untuk SelulerPepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Demikian pula dalam hal Google Adsense, jika kita serius untuk menggeluti Google Adsense, maka kita harus mengenal seluk beluk Google Adsense termasuk istilah-istilah yang ada di dalamnya. Berikut ini beberapa istilah (Glosarium) yang ada di Google Adsense yang perlu kita ketahui :

Publisher

Publisher adalah pemilik situs web atau blog yang sudah terdaftar dan sudah disetujui oleh pihak Google Adsense untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Publisher yang menayangkan iklan Google disebut publisher Google Adsense. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua situs web mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense.

PIN Google Adsense

PIN Google Adsense adalah sebuah kode (angka) yang dikirimkan oleh Google ke alamat pemilik akun adsense melalui pos biasa beberapa hari setelah saldo akun mencapai ambang verifikasi untuk pertama kalinya (setelah earning mencapai $10). Dan nantinya PIN ini harus digunakan pemilik akun untuk melakukan verifikasi alamat (memasukkan PIN ini dalam akun). PIN ini juga sebagai sarana agar penghasilan Adsense bisa dicairkan. Lihat lebih lengkap tentang cara mendapatkan PIN Google Adsense.

Klik

Untuk iklan konten biasa, Google Adsense menghitung klik bila pengguna mengklik iklan.

Untuk unit tautan, Google Adsense menghitung klik bila pengguna mengeklik iklan di halaman iklan, setelah memilih tautan di unit tautan.

Cost-per-click (CPC) / Biaya per klik (BPK)

Biaya per klik (BPK) adalah jumlah yang Anda peroleh setiap kali pengguna mengeklik iklan Anda. BPK untuk iklan ditentukan oleh pengiklan; sebagian pengiklan mungkin bersedia membayar lebih per klik daripada pengiklan lainnya, tergantung pada apa yang diiklankan.

Recent Earnings (Penghasilan Terkini)

Persentase penghasilan total yang baru-baru ini dihasilkan iklan dalam kategori ini.

Recent Ad Impressions (Tayangan Iklan Terkini)

Persentase tayangan iklan total yang baru-baru ini dihasilkan iklan dalam kategori tertentu.

Apakah itu iklan BPS? (CPM ads)

BPS adalah singkatan dari “biaya per seribu tayang”. Pengiklan yang menjalankan iklan BPS menetapkan harga yang diinginkan per 1000 kali penayangan iklan, memilih penempatan iklan tertentu untuk menampilkan iklan, dan membayar setiap kali iklan tampil.

Untuk penayang, hal ini berarti penghasilan di akun setiap kali iklan BPS ditayangkan pada halaman. Iklan BPS bersaing dengan iklan bayar per klik (atau BPK, biaya per klik) dalam lelang iklan, sehingga hanya iklan berkinerja terbaik akan ditayangkan pada halaman. Pengiklan harus menawar BPS lebih tinggi daripada BPK yang ada untuk menampilkan iklan.

Iklan BPS dapat berupa iklan teks atau gambar, dan selalu bertarget penempatan. Iklan teks BPS akan diperluas untuk menempati seluruh unit iklan. Iklan teks diperluas ini dapat ditampilkan pada halaman Format Iklan.

API

API atau antar muka pemrograman aplikasi merupakan antar muka yang dapat digunakan aplikasi atau sistem komputer untuk mengakses kumpulan fungsi atau program dari pihak ketiga. Lebih khusus, AdSense API adalah layanan beta gratis yang dapat digunakan pengembang situs Web untuk mengintegrasikan AdSense ke penawaran situs Web. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://code.google.com/apis/adsense/.

Bagi Hasil

Setiap penayang AdSense akan menerima persentase biaya yang dibayarkan pengiklan untuk klik pengguna atau tayangan pada iklan mereka. Persentase ini disebut sebagai bagi hasil, dan ditampilkan dalam akun AdSense.

Cakupan

Cakupan adalah persentase permintaan iklan yang menampilkan setidaknya satu iklan. Umumnya, cakupan dapat membantu Anda mengetahui pada situs mana saja AdSense tidak mampu menyediakan iklan bertarget.

Rumus:
Cakupan = (Permintaan iklan yang menampilkan iklan / total permintaan iklan) * 100

Misalnya, bila Anda memiliki 3 unit iklan dalam satu halaman, Anda akan menghasilkan 3 permintaan iklan. Bila dua dari unit iklan tersebut menayangkan iklan dan sisanya tidak, maka cakupan halaman ini akan menjadi 66,67%. Begitu pun, bila Anda memiliki kotak telusur, cakupan sebesar 80% berarti bahwa rata-rata 1 dari 5 kueri tidak menampilkan iklan bersama hasil penelusuran.

Untuk unit iklan, cakupan mencerminkan jumlah unit tautan yang menampilkan iklan setelah pengguna mengeklik istilah di unit iklan. Cakupan untuk halaman yang menampilkan unit tautan biasanya jauh lebih rendah daripada unit iklan jenis lainnya, karena melibatkan klik pengguna. Ini juga berarti Anda akan melihat jumlah yang lebih tinggi untuk permintaan iklan yang tidak cocok.

Cakupan tinggi yang mendekati 100%, menunjukkan bahwa Google mampu menyediakan iklan untuk sebagian besar permintaan. Cakupan yang lebih rendah menandakan bahwa Google tidak mampu menyediakan iklan yang sesuai dengan halaman Anda sehingga tidak menampilkan iklan atau hanya menampilkan iklan cadangan iklan cadangan yang telah ditentukan. Untuk memaksimalkan cakupan Anda, sebaiknya tinjau kemungkinan penyebab cakupan rendah.

Filter Tayangan yang Tidak Terlihat

Filter penayangan yang tidak terlihat adalah fitur AdWords yang memungkinkan pengiklan mencegah iklan muncul pada unit iklan di Jaringan Display Google yang tidak terlihat atau diklik oleh pengguna, walau banyak kesempatan. Ini mencakup unit iklan pada situs web penayang AdSense.

Maksud dari filter tayangan tidak terlihat adalah untuk membuat iklan pada Jaringan Display Google lebih menarik pengiklan yang berfokus merek, yang ingin iklannya dilihat oleh sebanyak mungkin pengguna di seluruh jaringan Google Adsense. Dengan menarik lebih banyak pengiklan baru dan meningkatkan pengeluaran pengiklan saat ini akan meningkatkan pendapatan penayang.

Untuk memaksimalkan pendapatan AdSense Anda, Google Adsense menyarankan kita untuk menempatkan iklan di area yang memiliki visibilitas tinggi. Pelajari selengkapnya tentang menemukan lokasi optimal untuk iklan Anda untuk memastikan bahwa iklan terlihat oleh pengguna.

Format Iklan

Ukuran iklan yang ditampilkan pada situs, misalnya pilar 120×600 piksel. Semua format dapat dilihat di halaman Format Iklan Google Adsense.

Format iklan yang berbeda dapat mendukung jenis iklan yang berbeda, misalnya iklan teks, gambar, atau video. Jumlah iklan individu yang ditampilkan tiap-tiap format iklan juga berbeda. Misalnya, format iklan spanduk akan menampilkan maksimal 2 iklan pada halaman secara horizontal, dan format pilar akan menampilkan maksimal 4 iklan secara vertikal.

Iklan Bergambar

Mencakup semua jenis iklan berbasis gambar, seperti spanduk, multimedia, dan iklan video. Agar iklan bergambar muncul pada halaman, Anda harus memilih untuk ikut menampilkan iklan bergambar pada ruang iklan.

Iklan Cadangan

Iklan cadangan adalah warna, gambar, atau URL yang dapat ditetapkan untuk muncul bila Google tidak memiliki iklan bertarget.

Iklan Gambar

Iklan gambar adalah iklan grafis yang ditawarkan dalam beberapa format iklan. Contoh iklan gambar tersedia di halaman Format Iklan.

Iklan Gambar Dinamis

Iklan gambar animasi adalah gambar grafis yang dinamis, yang dapat muncul di unit iklan jika Anda telah mengaktifkan iklan gambar.

Iklan HTML

Iklan HTML adalah situs mini yang diubahsuaikan dan interaktif yang dapat ditampilkan sebagai iklan Google pada situs menggunakan AdSense untuk konten. Iklan HTML adalah salah satu jenis iklan multimedia.

Iklan Multimedia

Grup jenis iklan interaktif yang mencakup iklan HTML, Flash, dan video. Anda dapat memilih apakah akan menampilkan iklan multimedia saat membuat atau mengedit unit iklan dan juga menetapkan preferensi jenis iklan bawaan untuk akun Anda.

Iklan Yang Bersaing

Di AdSense, iklan bertarget kontekstual atau iklan berbasis teks dianggap sebagai iklan yang bersaing. Kebijakan program AdSense mengizinkan iklan yang bersaing untuk ditempatkan di halaman yang sama dengan iklan Google, tetapi Google Adsense meminta penayang untuk memastikan bahwa iklan yang bersaing dan iklan Google dapat dibedakan dengan mudah. Anda dapat menggunakan gaya iklan yang berbeda untuk membantu membedakan iklan.

Jenis Iklan

Google menawarkan beberapa opsi berbeda untuk variasi iklan yang mungkin ditampilkan pada halaman dan dalam laporan. Berikut ini yang mungkin Anda lihat :

  • Teks
  • Gambar
  • Multimedia
  • Flash
  • Video
  • Iklan gambar animasi
  • Audio
  • Unit tautan

Anda dapat memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan saat membuat atau mengedit unit iklan dan juga menetapkan preferensi jenis iklan bawaan untuk akun Anda.

Jenis Penargetan

Cara yang digunakan pengiklan untuk menargetkan iklan ke situs web Anda. AdSense menawarkan jenis penargetan berikut:

  • Penargetan kontekstual, berdasarkan kata kunci.
  • Penargetan penempatan, berdasarkan URL situs Anda.
  • Periklanan menurut minat, menargetkan pengguna tertentu pada situs berdasarkan ID kuki mereka.

AdSense for Content

AdSense for Content adalah iklan AdSense yang ditempatkan di dalam suatu halaman. Iklan yang muncul nantinya adalah iklan-iklan yang berkaitan dengan isi halaman tersebut.

Jenis Penawaran

Jenis penawaran merupakan cara pengiklan mengajukan tawaran pada lelang ruang iklan Anda: biaya per klik (BPK) atau biaya per seribu tayangan (BPS).

Kode Iklan

HTML yang ditempatkan pada semua halaman pada situs yang disetujui penayang yang memiliki situs, agar iklan dapat ditampilkan pada halaman tersebut dalam format letak iklan tertentu.

Penempatan Iklan

Penempatan iklan adalah sekumpulan unit iklan tertentu tempat pengiklan dapat memilih untuk menempatkan iklan mereka menggunakan penargetan penempatan. Penempatan iklan dapat berukuran seluas seluruh situs web atau sekhusus satu unit iklan.

Kueri

Dalam laporan Anda, Google Adsense menghitung kueri setiap kali permintaan dibuat pada sistem untuk menampilkan unit iklan. Google Adsense akan menghitung kueri setiap kali unit iklan dalam situs Anda meminta iklan, terlepas apakah iklan yang ditargetkan tampil atau tidak.

Laporan Tersimpan

Laporan tersimpan adalah laporan dengan setelan khusus yang telah Anda ubahsuaikan dan disimpan untuk penggunaan di masa mendatang. Rentang tanggal dan setelan yang Anda gunakan untuk membuat laporan dapat ditetapkan sebagai laporan tersimpan untuk akses cepat nanti.

Penangguh Bayar

Penangguh bayar adalah setelan yang memungkinkan Anda mencegah sementara pengiriman pembayaran kepada Anda. Ketika Anda menetapkan penangguh bayar, iklan Anda akan tetap ditampilkan dan penghasilan Anda akan terus berjalan seperti biasa. Anda dapat menghapus penangguh bayar pada pembayaran Anda setiap saat untuk menerima pembayaran kembali.

Pendapatan Per Seribu Tayangan (RPM)

Pendapatan per 1.000 tayangan (RPM) menunjukkan penghasilan tertaksir yang akan Anda dapatkan untuk setiap 1.000 tayangan yang Anda terima.

RPM tidak menunjukkan penghasilan Anda sebenarnya; namun, jumlah itu dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah tampilan halaman, atau kueri yang Anda terima, kemudian dikalikan 1.000.

Rumus :
RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan halaman) * 1.000

Misalnya:

  • Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tayangan halaman, maka BPSe halaman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.
  • Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $180 dari 45.000 tayangan iklan, maka BPSe iklan Anda sama dengan ($180/45.000) * 1.000, atau $4,00.

RPM merupakan nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, dan ini mungkin berguna bagi Anda untuk membandingkan pendapatan di berbagai kanal berbeda.

Penghasilan Tertaksir

Saldo akun Anda untuk jangka waktu yang Anda pilih. Jumlah ini merupakan taksiran yang dapat berubah bila penghasilan Anda diverifikasi untuk akurasi pada akhir setiap bulannya.

Permintaan Iklan

Permintaan iklan dihitung bila situs Anda meminta iklan untuk ditampilkan. Permintaan iklan adalah jumlah unit iklan yang meminta iklan (untuk iklan konten) atau kueri penelusuran (untuk iklan penelusuran). Google Adsense melaporkan permintaan iklan setiap kali permintaan dikirim, meskipun tidak ada iklan yang dikembalikan dan sebagai gantinyaiklan cadangan ditampilkan.

Rasio Klik-Tayang (RKT)

Rasio klik-tayang (RKT) adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan, tampilan halaman, atau kueri yang Anda terima.

RKT = Klik / # dari tayangan, tampilan, atau kueri

Misalnya, jika Anda menerima 7 klik dari 1.000 tampilan halaman, RKT halaman Anda akan menjadi 0,7%.

Ad CTR / RKT Iklan

Untuk iklan standar, RKT iklan Anda adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan iklan individual.

RKT Iklan = Klik / Tayangan iklan

Sebagai contoh, jika iklan Anda menerima 5 klik dari 1.000 tayangan iklan, besar RKT iklan Anda adalah 0,5%.

Untuk unit tautan, RKT iklan adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan halaman tempat iklan muncul saat unit tautan diklik.

RKT Kueri

Rasio klik-tayang kueri (RKT) adalah jumlah klik iklan yang dibagi dengan jumlah kueri yang dilaporkan.

RKT Kueri = Klik / Kueri

Sebagai contoh, jika Anda menerima 7 klik dari 1000 kueri, RKT Kueri sebesar 0.7%.

RKT Halaman

Rasio klik-tayang (RKT) halaman adalah jumlah klik iklan dibagi jumlah tampilan halaman.

RKT halaman = Klik / Tampilan halaman

Misalnya, jika Anda menerima 2 klik untuk 250 tampilan halaman, RKT unit iklan Anda adalah 0,8%. (2/250=.8%)

RKT Permintaan Iklan

Rasio klik-tayang (RKT) permintaan iklan adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlahpermintaan iklan.

RKT permintaan iklan = Klik / Permintaan iklan

Sebagai contoh, jika Anda menerima 7 klik dari 1.000 permintaan iklan, RKT permintaan iklan Anda akan menjadi sebesar 0,7%. (7 / 1.000 = 0,7%)

RPM Kueri

Pendapatan Kueri per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah kueri yang dilaporkan, lalu dikalikan 1000.

RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) * 1000

Sebagai contoh, jika Anda menghasilkan kueri tertaksir $60 dari 15.000 kueri, RPM kueri Anda akan setara dengan ($60 / 15.000) * 1000, atau $4 00.

RPM Halaman

Pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.

RPM halaman = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) * 1.000

Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan halaman, maka BPSe hahalaman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.

RPM Permintaan Iklan

Pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.

RPM permintaan iklan = (Penghasilan tertaksir / Jumlah permintaan iklan) * 1.000

Sebagai contoh, jika Anda memperoleh taksiran $60 dari 15.000 permintaan iklan, RPM permintaan iklan Anda akan setara dengan ($60 / 15.000) * 1.000, atau $4,00.

Tampilan Halaman

Tampilan halaman adalah yang dihitung oleh Google dalam laporan Anda setiap kali pengguna melihat halaman yang menampilkan iklan Google. Google Adsense akan menghitung tampilan halaman, terlepas dari jumlah iklan yang ditayangkan di halaman tersebut.

Misalnya, jika Anda memiliki halaman yang menampilkan tiga unit iklan dan dilihat dua kali, Anda akan menghasilkan dua tampilan halaman.

Tayangan

Umumnya, tayangan berarti pengguna melihat tampilan item tertentu di situs Anda, baik saat pengguna melihat halaman, unit iklan, atau iklan individual. Di AdSense, Anda akan melihat laporan untuk tampilan halaman, tayangan unit iklan, dan tayangan iklan.

Ad impression / Tayangan iklan

Tayangan iklan dilaporkan setiap kali iklan individual ditampilkan di situs web Anda. Format iklan yang berbeda akan menampilkan berbagai jumlah iklan; misalnya, setiap kali spanduk vertikal muncul di situs Anda, Anda akan melihat dua tayangan iklan dalam laporan Anda. Selain itu, harap perhatikan bahwa jumlah iklan dalam unit iklan apa pun dapat bervariasi bergantung pada apakah unit iklan menampilkan iklan teks standar

Ukuran Iklan Dinamis

Dalam laporan ukuran iklan Anda, istilah dinamis merujuk kepada unit produk yang dapat berubah ukuran bergantung pada implementasi produk. AdSense untuk unit iklan umpan, AdSense untuk mesin penelusuran, dan AdSense untuk mesin penelusuran seluler dapat bervariasi ukurannya, dan mungkin terlihat sebagai dinamis dalam laporan Anda.

Unit Iklan

Serangkaian iklan yang ditampilkan karena satu bagian kode iklan AdSense. Anda dapat membuat dan mengubahsuaikan unit iklan di akun AdSense. Anda dapat memberi nama unit iklan dan mengelola setelannya di akun.

Referensi : https://support.google.com/adsense/bin/answer.py?hl=en&answer=65086&topic=19363&rd=1

Mudah-mudahan artikel tentang Glosarium (Daftar Istilah) Dalam Google Adsense ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 4 Kesalahan Blog Perusahaan
  2. Cara Pasang Adsense Di Bawah Judul Postingan
  3. Satu-Satunya Pembeda Antara Pemenang dan Pecundang
  4. Cara Pasang Google Adsense Di Tengah Postingan Tanpa Plugin
  5. Kepuasan Pelanggan Adalah Segalanya
  6. Gajian Pertamaku Dari Google Adsense
  7. Google Adsense Sudah Support Bahasa Indonesia
  8. Cara Memanfaatkan Twitter Untuk Blog Anda
  9. Perpindahan AdSense untuk Penelusuran Seluler ke AdSense untuk Konten
  10. Nikmati Promo Kartu Kredit BCA Bagi Pecinta Kuliner
  1. 17-3-2015 at 13:53 | #1

    wah harus hapal nih, bnyak banget min,,

    Reply

  2. 14-4-2015 at 00:38 | #2

    wah, banyak banget. tapi harus diapalin nih sebagai publisher yang baik… hehe

    Reply

  3. 19-5-2015 at 21:13 | #3

    Bener Mas kalo sudah sayang pasti lama-lama berantem, (curcol) menjadi publisher adsense adalah menjadi dambaan setiap blogger. Padahal saya udah sayang banget neh, tapi masih bertepuk sebelah tangan. :)

    Reply

  4. 11-6-2015 at 21:53 | #4

    Mas, numpang tanya. Barusan saya buka akun adsense yang baru berusia 2 mingguan. Di sana ada notifikasi, “Pembayaran anda saat ini ditangguhkan karena Anda belum memverifikasi alamat. Data yang tertea Saldo berjalan U$ 106,29. Apakah itu jumlah yang kita hasilkan (akan kita dapatkan dari GA)? Terima kasih atas penjelasannya.

    Reply

  5. 6-9-2015 at 05:06 | #5

    baru sy mudeng maksud dari permintaan iklan, memang istilahnya banyak yang harus dihapal agar mudah dalam mereview performa sebuah unit iklan, utk bisa meningkatkan earning dg jumlah visitor yang sama.

    Terima kasih

    Reply

  6. 22-10-2015 at 23:56 | #6

    Kalo tampilan aktif dapat dilihat versi pelaporan beta maksudnya apa min ya? ane masih gagal paham.

    Reply

  7. 7-12-2015 at 02:18 | #7

    wah, banyak banget. tapi harus diapalin nih sebagai publisher yang baik… hehe

    Reply

Comment pages
1 3 4 52730
1+8=? (Wajib diisi)