Home » SEO » Category Page, Index or Noindex?

Category Page, Index or Noindex?

26 Oct. 201118 comments
Category Page, Index or Noindex?

Di postingan sebelumnya tentang Cara Setting Robots.txt khususnya di wordpress, ada pertanyaan dari beberapa pengunjung, kenapa Category harus didisallow? dalam konteks yang lain halaman kategori itu apakah harus disetting ke dalam Index (ikut dimasukkan dalam pengindekan search engine) atau sebaliknya, yaitu dibuat/disetting Noindex?

Inilah jawaban saya :
Category dibuat disallow itu sifatnya optional, bisa juga sebaliknya artinya category ikut dimasukkan ke dalam index mesin pencari (seperti yang saya lakukan saat ini). Tapi berdasarkan pengalaman realitanya agak jarang halaman category bisa bersaing untuk mendapatkan posisi yang bagus di SERP (search engine results page) terkecuali mungkin kita mengkhususkan category tertentu untuk dioptimasi, dikasih backlink yang banyak dll.

Dan berdasarkan pengalaman juga malah lebih mudah mendongkrak sebuah halaman/page atau malah tag post untuk bisa bersaing di SERP karena judulnya bisa dibuat sedikit lebih panjang dibandingkan halaman kategori. Dulu saya uji joba halaman category saya buat disallow tapi sudah satu tahun ini saya masukkan category ke dalam index.

Kenapa halaman category agak susah bersaing untuk dapat posisi yang bagus di SERP? karena kebanyakan para blogger dalam membuat judul category sangat pendek, misalkan kategori PHP, Javascript, Tutorial, SEO dll, dan naturalnya memang harus seperti itu (dibuat singkat), jadi jelaslah kalau category itu ikut dimasukkan ke dalam Index dan anggaplah judul halaman kategori itu sebagai sebuah keyword maka akan susah bersaing untuk mendapatkan posisi yang bagus di SERP karena judul halaman kategori (sebagai keyword) sangat pendek atau sangat umum.

Sebagai contoh, jika kita membuat kategori bernama “wordpress”, maka hampir bisa dipastikan kita akan kalah bersaing dengan wordpress.com, wordpress.org dll karena itu arena keyword kelas tinggi (sangat umum dan kurang spesiifik). Dan jika halaman kategori kita buat sedikit lebih spesifik misalkan “Optimasi WordPress” maka kita akan punya kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan posisi yang bagus di SERP (membidik keyword yang lebih spesifik) jika dibandingkan kita membuat kategori bernama “wordpress”.

Kesimpulan :
Halaman Kategori secara default adalah Noindex atau Disallow. Jika kita menghendaki menjadi Index (ingin dimasukkan ke dalam index search engine), kita harus mengoptimalkannya supaya lebih bagus SEO-nya dan bisa bersaing di SERP dengan cara nama atau judul kategori untuk pengunjung kita buat tetap singkat sedangkan title untuk search engine kita buat menjadi lebih spesifik. Yang ke dua kita juga bisa mengoptimalkan URL untuk kategori kita buat menjadi lebih spesifik, karena URL juga masih dinilai sebagai keyword. Contohnya seperti kategori ini : Optimasi WordPress, SEO, CSS, pada bagian tertentu judulnya (nama kategori) tetap pendek, namun jika diklik maka judulnya (dan URL-nya) akan berubah menjadi lebih spesifik.

Jika ada yang bertanya, bagaimana caranya? tunggu saja di postingan berikutnya, karena sore ini sampai Senin depan saya ada acara di luar kota.

Mudah-mudahan artikel tentang Category Page, Index or Noindex? ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara meningkatkan peringkat di TopSeratus.com
  2. Konten Berkualitas Versi Google
  3. Membuat Blog Bersahabat dengan Search Engine
  4. Cara Merubah Tag Heading h1 Untuk Judul Postingan
  5. Cara Setting Robots.txt
  6. Cara Membuat Breadcrumb Di WordPress
  7. Cara Setting Plugin Platinum SEO Pack
  8. SMP, Anak SMP dan Masa Remaja
  9. Cara Pasang Adsense Di Bawah Judul Postingan
  10. Daftar Ping Service WordPress
  1. 11-12-2011 at 04:33 | #1

    sy tunggu info terbarunya dan terus diupdate

    Reply

  2. 29-2-2012 at 21:29 | #2

    makasih pak atas tipsnya, kemaren saya ragu2 untuk milih, setelah lihat sitemap.xml blog ini saya jadi ikutan settingannya… hehe

    Reply

  3. 3-1-2013 at 22:31 | #3

    saya tunggu gan postinganya,
    kamar tidur

    Reply

  4. 29-6-2013 at 18:57 | #4

    mantab gan.. senang bisa berkunjung kesini, semoga bermanfaat .salam kenal, kunjungan baliknya ditunggu

    Reply

  5. 27-9-2013 at 08:17 | #5

    kenapa….di web saya selalu ada masalah dengan robot.txt,…apayang harus di rubah…mohon pencerahannya..terimakasih
    di google muncul seperti ini : Deskripsi untuk hasil ini tidak tersedia karena robots.txt

    Reply

  6. 7-11-2013 at 22:12 | #6

    posting yang lebih bagus lagi sob,.

    karena saya pemula belajar mengenai web..terima kasih

    Reply

  7. 7-12-2013 at 19:36 | #7

    Mas Alwi, berarti kalau category sepertinya gak bisa bersaing, lebih baik didisallow yah?

    Sekalian tanya di luar topik, kalau blacklink yang harus pasang banner itu ngaruh ke SEO gak yah? Saya iseng aja pasang di website (www.terra-image.com), pengen coba-coba.
    Terima kasih


    Tergantung kebutuhan, kalau saya tetap saya masukkan index karena berdasarkan uji coba (setelah mengoptimasi halaman kategori dan tag) banyak sumber traffick dari mesin pencari yg masuknya berasal dari halaman kategori dan tag.

    Ttg banner, bisa berpengaruh asalkan disetting dg benar seperti pemberian title dan ALT pada gambar banner yg dimaksud. Tapi secara umum pengaruh sebuah blacklink itu banyak faktornya seperti PR dari blacklink tersebut, kesamaan topik bahasan/tema, reputasi dll.

    Reply

Comment pages
1 22509
0+3=? (Wajib diisi)