Home » Kopdar » Cara Sukses Bikin Kopdar

Cara Sukses Bikin Kopdar

25 May. 2010113 comments
Cara Sukses Bikin Kopdar

Istilah Kopdar atau kopi darat di dunia blogging bukan hal yang asing lagi. Kopdar adalah acara kumpul-kumpul dan pertemuan para blogger secara langsung dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi yang biasanya hanya dilakukan di dunia maya. Acara kopdar biasanya diisi dengan kegiatan saling berkenalan secara langsung, diskusi, sharing atau berbagi pengalaman tentang dunia blogging, foto-foto, ramah tamah, makan-makan dan lain-lain.

Setelah ikut Kopdar untuk pertama kalinya di Ragunan pada tanggal 18 Mei 2010 yang lalu, saya terinspirasi untuk membuat postingan tentang Cara Sukses Bikin Kopdar. Judulnya mungkin terkesan bombastis, karena saya sendiri malah belum pernah jadi panitia Kopdar. Ikutan acara Kopdar aja juga baru sekali. Jadi ini sekedar sharing, tidak ada maksud untuk sok tau apalagi menggurui. Oleh karenanya mohon bisa ditambahkan, point-point apa saja yang masih kurang supaya makin lengkap.

Cara Sukses Bikin Kopdar :

  1. Niat. (Innamal a’malu binniyah) Segala sesuatu perbuatan itu tergantung niatnya. Supaya mempunyai asas manfaat, niatkan atau jadikan kopdar sebagai sarana untuk bersilaturahmi, dengan niat silaturahmi mudah-mudahan akan mendapatkan nilai tambah secara spiritual, dimurahkan rizkinya, dipanjangkan umurnya, ditambahkankan keberkahannya dan lain sebagainya.
  2. Jadikan kopdar sebagai kegiatan yang bermanfaat sekaligus menyenangkan. Seperti halnya berkerja, blogging juga kadang-kadang ada masa-masa di mana kita mengalami kejenuhan, kehilangan semangat, kehilangan ide dll. Dengan ikutan Kopdar mudah-mudahan akan menambah semangat baru, energi baru, timbul gagasan atau ide baru dalam membuat postingan di blognya masing-masing.
  3. Kepanitiaan dan Biaya. Jika acara kopdarnya bersifat massal atau jumlah pesertanya sangat banyak, menurut saya perlu dibentuk panitia khusus, dan tidak ada salahnya dibicarakan tentang biaya, apalagi jika acara Kopdarnya ada acara makan-makannya, atau kopdarnya diadakan di tempat khusus seperti gedung pertemuan, cafe, restoran dan lain-lain.
  4. Pilih lokasi yang menarik dan asyik, bisa indoor atau outdoor. Kalau menurut saya jika acara kopdarnya tidak terlalu formil lebih asyik kalau outdoor, misalnya di tempat wisata, taman dll, sekaligus bisa menikmati udara segar dan tadabbur alam atau wisata rohani
  5. Publikasi dan informasi, supaya acara kopdar bisa dihadiri lebih banyak peserta, jangan lupa buat pengumuman dan undangan dari jauh-jauh hari sebelum kopdar dilaksanakan. Publikasi bisa dilakukan melalui blog, Facebook, Twitter, Forum, by Phone, SMS dan sebaginya.
  6. Dokumentasi, gak asyik rasanya kopdar tanpa dokumentasi, foto-foto (walau sedikit narsis juga boleh). Jadi sebaiknya siapkan kamera atau handycam (kalau ada) untuk mengabadikan moment-moment tersebut, pakai kamera ponsel juga boleh. Dokumentasi yang lain yaitu inventarisasi data peserta Kopdar, seperti : nama blog, Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, nomor telpon, tempat tinggal, absensi, buku tamu, dll.
  7. Bicarakan topik yang menarik walaupun tidak harus secara formil. Bisa berupa diskusi, sharing, saling bertukar informasi dll.
  8. Anggap semua bloger adalah sama. Jangan bikin kelas-kelas atau pengkotakan dengan istilah blogger senior, blogger yunior, blogger newbie dan lain-lain, supaya tercipta susana yang lebih akrab dan cair, tidak canggung, tidak sungkan dll.
  9. Publikasikan laporan hasil kopdar di blog masing-masing supaya lebih seru, sekaligus sebagai bahan untuk update blog.

Apalagi yaaaaa ….. monggo silahkan ditambahkan jika masih kurang, supaya kalau ada acara Kopdar jadi semakin seru dan asyik, dan pastinya bisa bermanfaat.

Mudah-mudahan artikel tentang Cara Sukses Bikin Kopdar ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Pesta Blogger Plus 2010
  2. Kopdar Pertamaku di Ragunan
  1. 28-5-2010 at 11:15 | #1

    kopdar memang sangat menyenangkan. perasaan beberapa hari sebelum kopdar seperti penantian yang panjang

    Reply

    alamendah Reply:

    saya belum ernah

    >>>selamat pagi buat semua sahabat

    Reply

  2. 31-5-2010 at 23:59 | #2

    ayo mulai disini lagi

    Reply

    alamendah Reply:

    mulai apa, Pak?

    >>>selamat pagi buat semua sahabat

    Reply

    yayah Reply:

    geber terus kang

    Reply

  3. 2-6-2010 at 10:10 | #3

    poin ke 7 itu tuh yg paling asyik kalo kopdar :Bicarakan topik yang menarik walaupun tidak harus secara formil. Bisa berupa diskusi, sharing, saling bertukar informasi dll.

    Reply

    yayah Reply:

    dimana mana ada nih

    Reply

  4. 8-6-2010 at 09:02 | #4

    tambahin 1 poin…. apa ya

    Reply

  5. 15-6-2010 at 11:04 | #5

    saya malah belum pernah kopdar (doh)

    Reply

  6. 8-7-2010 at 22:36 | #6

    yang nomor 7 itu pasti ada wedhang kopi nya.. naaahhh.. itu yang paling ku suka.. hehhehe…

    Reply

  7. Sherrill Zalesky
    30-12-2010 at 18:22 | #7

    Of course, what a great website and revealing posts, I surely will bookmark your blog.All the Best!

    Reply

  8. 10-5-2013 at 22:32 | #8

    wajib di tiru nih , siapa tahu juga sukses

    Reply

Comment pages
1 2 3 41840
4+8=? (Wajib diisi)