Home » SEO » Cara Merubah Tag Heading h1 Untuk Judul Postingan

Cara Merubah Tag Heading h1 Untuk Judul Postingan

8 May. 201295 comments
Cara Merubah Tag Heading h1 Untuk Judul Postingan

Agak sedikit bingung untuk membuat judul postingan ini antara "cara merubah tag heading h1 untuk judul postingan" atau "cara membuat titel postingan menjadi seo friendly dengan merubah ke tag h1" (yang ini kepanjangan heeee … ), yang pada intinya bagaimana ketika kita membuka sebuah postingan atau page (halaman) maka tag heading untuk judul akan berubah menjadi h1 dan tag heading judul/title blog menjadi h2 atau mungkin malah tidak menggunakan tag heading (hanya menggunakan titel).

Banyak para pakar SEO baik lokal maupun luar yang menyarankan untuk menggunakan teknik tag heading h1 untuk judul postingan dengan tujuan agar postingan tersebut lebih seo friendly, mendapatkan prioritas pengindexan untuk sebuah halaman dan berpeluang memperoleh posisi yang bagus di hasil pencarian search engine (SERP) terutama Google. Di buku Google SEO Starter Guide juga sedikit disinggung tentang hal ini (di bagian pembahasan Use heading tags appropriately).

Pendapat di atas (penggunaan tag h1 untuk judul postingan) mungkin masih bisa diperdebatkan pengaruhnya terhadap SEO, karena masih banyak juga postingan yang tidak menggunakan tag h1 untuk judul postingan tapi punya posisi yang bagus di SERP. Sebaliknya postingan yang menggunakan tag h1 malah kurang bagus posisinya. SEO itu bukan hanya soal judul/titel postingan tapi juga description, URL/permalink, isi postingan (kualitas dan kuantitas), PR, usia domain, popularitas dan masih banyak lagi yang kadang-kadang jadi sebuah misteri. Contoh misterinya adalah banyak blog yang baru dibuat kemaren sore (masih baru) dengan artikel copas (copy paste) tapi malah mempunyai posisi yang lebih bagus di SERP dibandingkan artikel aslinya (beberapa kali saya pernah jadi korbannya).

Meskipun penggunaan tag h1 untuk judul postingan mungkin masih bisa diperdebatkan pengaruhnya terhadap SEO, tapi saya termasuk yang menggunakan teknik ini untuk diterapkan di blog ini (hampir 2 tahun). Hasilnya …? berdasarkan pengalaman hasilnya secara umum lebih bagus dibandingkan sebelumnya. Tapi saya tidak tahu apakah ini murni pengaruh tag h1 atau karena faktor lain, karena sekali lagi SEO itu bukan hanya soal judul/titel postingan tapi juga description, URL/permalink, isi postingan (kualitas dan kuantitas) dan asas manfaat atau kebergunaan, PR, usia domain, popularitas dan lain-lain. Walaupun sudah menggunakan tag h1 untuk judul postingan nyatanya tidak semua postingan mempunyai posisi yang bagus di SERP, ada beberapa postingan yang malah mental entah ke mana (ada di halaman 10 dst).

Cara Merubah Tag H1 Untuk Judul Postingan (conditional tag)

1. Buka file header.php yang ada di folder theme yang digunakan, untuk theme tertentu seperti Theme Inove yang saya gunakan ini, buka file header.php yang ada di folder inove/templates/.
2. Cari tag h1 yang biasa digunakan untuk menampilkan judul blog dan deskripsi/tagline, kira-kira seperti ini :

<h1><a href="<?php bloginfo('url'); ?>/"><?php bloginfo('name'); ?></a></h1>
<div id="tagline"><?php bloginfo('description'); ?></div>

Tambahkan fungsi conditional tag menjadi seperti ini :

<?php if(is_single() OR is_page()) {?>
<h2><a href="<?php bloginfo('url'); ?>/"><?php bloginfo('name'); ?></a></h2>
<div id="tagline"><?php bloginfo('description'); ?></div>
<?php } else {?>
<h1><a href="<?php bloginfo('url'); ?>/"><?php bloginfo('name'); ?></a></h1>
<div id="tagline"><?php bloginfo('description'); ?></div>
<?php } ?>

Atau bisa juga menggunakan teknik di bawah ini (judul blog tidak menggunakan tag heading ketika dibuka di halaman postingan) :

<?php if(is_single() OR is_page()) {?>
<div id="title_blog"><a href="<?php bloginfo('url'); ?>/"><?php bloginfo('name'); ?></a></div>
<div id="tagline"><?php bloginfo('description'); ?></div>
<?php } else {?>
<h1><a href="<?php bloginfo('url'); ?>/"><?php bloginfo('name'); ?></a></h1>
<div id="tagline"><?php bloginfo('description'); ?></div>
<?php } ?>

3. Buka file single.php dan file page.php. Cari tag h2 yang biasa digunakan untuk menampilkan judul postingan atau page, kira-kira seperti ini :

<h2><?php the_title(); ?></h2>

Ganti tag h2 untuk judul postingan atau page tersebut menjadi h1, atau menjadi seperti ini :

<h1><?php the_title(); ?></h1>

4. Untuk pengaturan tampilan akibat perubahan tag heading h1 dan h2, kita bisa membuat file css yang berbeda untuk halaman depan (home) dan halaman postingan atau page. Caranya bisa dibaca di postingan berikut ini : Cara Menggunakan File CSS Yang Berbeda Untuk Home, Single Dll. Kemudian pada file css untuk postingan atau page kita sesuaikan ukuran fontnya untuk tampilan tag heading h1 dan h2. Atau jika kebetulan anda memilih tidak menggunakan tag heading pada judul/titel blog maka kita bisa melakukan pengaturan tampilan pada #title_blog {font-size:bla bla bla}.

Jika kebetulan anda memasukkan halaman kategori dan post tag ke dalam index mesin pencari, anda juga bisa menggunakan teknik ini (menggunakan tag heading h1 untuk judul/titel kategori atau post tag).  Kalau ada yang bertanya caranya gimana? yaaa tinggal tambahkan aja category dan post tag ke dalam conditional tag seperti contoh di atas.

<?php if(is_single() || is_page() || is_category() || is_tag()) {?>
bla ... bla .. bla ....

Kemudian tag heading h2 pada halaman kategori dan post tag kita ganti menjadi h1, dan jangan lupa diatur ulang tampilannya dengan CSS, beres kaaann.

Mudah-mudahan artikel tentang Cara Merubah Tag Heading h1 Untuk Judul Postingan ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Daftar Ping Service WordPress
  2. Cara Setting Plugin Platinum SEO Pack
  3. Cara Submit Blog atau Website di Google Webmasters
  4. Download Edisi Baru Google SEO Starter Guide 2010
  5. Strategi Optimasi SEO Di Tahun 2011
  6. Optimasi Internal Link Building WordPress
  7. Cara Pasang Adsense Di Bawah Judul Postingan
  8. Konten Berkualitas Versi Google
  9. Cara Meningkatkan Traffic Blog
  10. Google Prioritaskan Konten Berkualitas
  1. 26-5-2017 at 00:27 | #1

    Mas, ada video nya ga biar lebih paham letak2 nya?

    Reply

  2. 27-5-2017 at 07:09 | #2

    Terima Kasih Infonya….

    Reply

  3. 19-6-2017 at 05:52 | #3

    Meski gamblang penjelasannya,namun tetap akan susah buat pemula, karena setiap theme tidak selalu memiliki script yang sama.letaknya pun terkadang berbeda-beda.

    Reply

Comment pages
1 8 9 102695
0+7=? (Wajib diisi)