Home » Optimasi Wordpress » Cara Mengurangi Jumlah Queri Pada Tampilan Categori WordPress

Cara Mengurangi Jumlah Queri Pada Tampilan Categori WordPress

19 Mar. 201222 comments
Cara Mengurangi Jumlah Queri Pada Tampilan Categori WordPress

Seperti kita ketahui WordPress adalah mesin blog yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL, sehingga setiap kali blog diakses maka akan terjadi permintaan queri ke database terlebih dahulu sebelum sebuah postingan atau yang lainnya ditampilkan ke pembaca. Semakin banyak permintaan queri ke database maka akan semakin lama waktu loading yang dibutuhkan.

Salah satu cara untuk mempercepat loading blog WordPress di antaranya dengan meminimalkan permintaan queri ke database. Untuk pengguna wordpress yang maunya serba praktis bisa memanfaatkan plugin seperti DB Cache Reloaded fix, W3 Total Cache atau yang lainnya. Sedangkan yang mau sedikit telaten untuk mengurangi jumlah queri ke database sebenarnya bisa dilakukan tanpa menggunakan plugin, kalaupun masih menggunakan plugin maka hasilnya akan lebih baik lagi. Caranya pernah saya bahas di beberapa postingan ini :

  1. Cara Mempercepat Loading Blog WordPress (Minimize SQL Queries);
  2. Bypass Template Path dan Stylesheet Path;
  3. Menampilkan Related Post Tanpa Plugin; (masih ada permintaan queri tapi jumlahnya bisa lebih minimal jika dibandingkan dengan menggunakan plugin).
  4. Cara Membuat Random Post; (masih ada permintaan queri tapi jumlahnya bisa lebih minimal jika dibandingkan dengan menggunakan plugin).
  5. Cara Membuat Social Media Sharing Tanpa Plugin; (masih ada permintaan queri tapi jumlahnya bisa lebih minimal jika dibandingkan dengan menggunakan plugin).

Cara Mengurangi Jumlah Queri Pada Tampilan Categori WordPress

Untuk para pengguna wordpress kadang-kadang ada yang suka menampilkan nama-nama kategori, baik di sidebar, footer atau di bawah header sebagai menu navigasi. Ketika nama-nama kategori tersebut ditampilkan maka akan terjadi penambahan jumlah permintaan queri ke database (mengambil nama-nama kategori dari database).

Untuk mengurangi jumlah permintaan queri ke database karena tampilan nama-nama kategori tersebut, kita bisa membuatnya menjadi static dalam format HTML murni. Berikut caranya :

  1. Pertama, nama-nama kategori kita tampilkan dalam bentuk tag_cloud lewat pengaturan widgets » tambahkan Tag Cloud, pada opsi Taxonomy kita setting ke Categories, simpan.
    Tag Cloud Category
  2. Ke dua, buka halaman depan atau postingan atau halaman manapun yang menampilkan nama-nama kategori (jika belum muncul silahkan direfresh) atau jika menggunakan plugin yang bersifat cache silahkan dihapus terlebih dahulu cache-nya lewat dashboard admin.
  3. Ke tiga, setelah nama-nama kategori bisa tampil, langkah berikutnya lihat source codenya (source code dari tampilan nama-nama kategori) atau supaya lebih mudah, jika kita menggunakan browser Mozilla Firefox, seleksi nama-nama kategori yang ada, kemudian klik kanan pada mouse dan klik menu View Selection Source, kemudian kopi seluruh kode yang ada dan sementara kode tersebut bisa kita simpan dengan text editor seperti Notepad atau lainnya.
  4. Ke empat, buka kembali pengaturan widgets yang ada di dashboard, kemudian kita hapus (delete) widgets Tag Cloud Categories yang telah kita buat sebelumnya. Berikutnya tambahkan widgets dalam format teks (Text – Arbitrary text or HTML). Di kolom Title: kita masukkan judulnya dan di kotak di bawahnya kita buat nama division class misalnya categories : <div class="categories">di sini kita masukkan kode HTML dari tampilan nama kategori</div>
    Tag Cloud as text
    Simpan dengan cara klik tombol Save.
  5. Ke lima, tambahkan kode berikut ini di file CSS (untuk mengatur tampilan nama kategori) :
    .categories
    {text-align:center;
    line-height:2em}
    
    .categories a
    {background:#D1D1D1;
    color:#0909f6;
    float:left;
    width:auto;
    display:block;
    margin-bottom:5px;
    margin-left:2px;
    margin-right:2px;
    font-size:12px;
    padding:2px;
    border:1px solid #949191;}
    
    .categories a:hover
    {background:#878993;
    color:#fff;
    text-decoration:none;
    }

    Untuk pengaturan line-height, background, color, margin, padding dll bisa disesuaikan dengan tampilan theme masing-masing.

Di samping cara-cara tersebut di atas sebenarnya masih banyak cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk meminimalkan permintaan queri ke database misalnya pada bagian url author. Jika authornya hanya satu maka kita bisa membuatnya menjadi static (tanpa memerlukan request ke database).

Jika menggunakan plugin seperti Platinum SEO Pack dan sejenisnya kita juga bisa mengopreknya supaya permintaan querinya juga bisa diminimalkan atau pada menu navigasi yang menampilkan nama-nama halaman seperti about me, kontak, daftar isi dll bisa juga kita buat menjadi static (menggunakan HTML murni). Dan masih banyak lagi. Ok selamat bereksperimen semoga sukses.

Mudah-mudahan artikel tentang Cara Mengurangi Jumlah Queri Pada Tampilan Categori WordPress ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Mengganti Sebagian Isi Postingan Dengan SQL
  2. Cara Mengganti Sparator Tag dan Category
  3. Mematikan Fungsi Autolink di Kotak Komentar
  4. Mengenal Kode Widget Sidebar WordPress
  5. Cara Menghapus Logo WP Dan Menu Di Admin Bar
  6. Cara Menghapus Versi WordPress Pada Plugin Google XML Sitemap Generator
  7. Tips Menghemat Quota Bandwidth
  8. Cara Melindungi Gambar Dari Pencurian Bandwidth
  9. Cara Mengembalikan Postingan Yang Hilang, Terhapus, Rusak Dll
  10. Cara Membatasi Jumlah Karakter Komentar
  1. 19-3-2012 at 19:52 | #1

    Sesuai postingan Pak Alwi yg dulu2, saya jg sudah menerapkannya, nama blog, author, category, daftar page, dll, saya bkin static di file php nya…

    Reply

  2. 19-3-2012 at 22:04 | #2

    aku tadi nyoba malah acak2an mas hehe., sepertinya kudu disesuaikan lagi dengan themanya ya.,

    Reply

  3. 22-3-2012 at 08:39 | #3

    Wah..wah..keren nian blog ini…Saya sempat kaget dengan desain yang minimalis tapi elegan ini…Udah gitu, navigasi-nya oke banget…Plus juga pagespeed m-alwi.com mencapai angka 100! Kereenn…
    sayangnya, saya pengguna blogger dan masih buta di WordPress..But, nice share….

    Reply

  4. 22-3-2012 at 09:28 | #4

    Tulisannya sangat menginspiratif gan… salut…. :)

    Reply

  5. 22-3-2012 at 15:36 | #5

    Terima kasih buat bantuan di wordpressnya.

    Reply

  6. 22-3-2012 at 18:19 | #6

    Sepertinya artikel ini kelanjutan dari artikel yang nomor 1 dan 2 di atas ya mas? Kebetulan saya udah nerapin itu. Selain itu juga di blog saya untuk recent post udah make static semua, hehehe
    Trims mas.

    Reply

  7. 24-3-2012 at 18:53 | #7

    terima kasih atas share ilmunya.dan semoga bisa bermanfaat bagi semua.

    Reply

  8. 25-3-2012 at 16:19 | #8

    ilmu nya sangat bermanfaat.. thx

    Reply

  9. 26-3-2012 at 18:02 | #9

    tipsnya sangat bagus. thanks :)

    Reply

  10. 27-3-2012 at 13:42 | #10

    makasih mas.. tipsnya.. coba2 lagi ahh.. :D

    Reply

Comment pages
5+7=? (Wajib diisi)