Home » Optimasi Wordpress » Cara Menghapus Versi WordPress Pada Plugin Google XML Sitemap Generator

Cara Menghapus Versi WordPress Pada Plugin Google XML Sitemap Generator

21 Jul. 201144 comments
Cara Menghapus Versi WordPress Pada Plugin Google XML Sitemap Generator

Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan blog wordpress yaitu dengan menyembunyikan versi wordpress yang digunakan, dan cara ini merupakan salah satu rekomendasi yang diberikan oleh para webmaster dan developer terutama untuk mengantisipasi ulah para hacker amatiran. Dengan menyembunyikan versi dari engine wordpress yang kita gunakan akan mengurangi atau memperkecil kemungkinan blog kita di hack tangan-tangan jahil yang akan merusak blog kita. Karena biasanya untuk melakukan hacking pada blog wordpress ada yang menggunakan teknik harus tahu terlebih dahulu versi wordpress yang digunakan terutama untuk yang versi lama karena biasanya belum banyak ditambal/patch. Untuk pengguna yang aktif yang selalu update wordpressnya mungkin cara ini kurang efektif, tapi kenyataannya saya telusuri masih banyak yang menggunakan wordpress versi lama bahkan masih ada yang memakai versi 2.9.

Jika sebelumnya pernah saya bahas tentang cara menyembunyikan versi wordPress yang biasanya muncul di antara tag <head> dan </head> dan dengan mudah seseorang bisa melihatnya melalui source code sebuah halaman, ternyata pada plugin tertentu versi wordpress ini justru malah sengaja ditampilkan. Plugin yang saya maksudkan adalah Google XML Sitemap Generator for WordPress (saat ini sudah sampai versi 3.2.5).

Di saat para webmaster dan developer menganjurkan untuk menyembunyikan versi wordpress yang digunakan, entah kenapa di plugin ini justru malah diinjeksikan sebaris kode yang akan menampilkan versi wordpress yang digunakan ketika pemilik wordpress menggunakan plugin tersebut. Kode versi wordpress bisa dilihat dengan melihat source code dari halaman sitemap yang dihasilkan oleh plugin tersebut. Untuk membuktikanya (jika anda menggunakan plugin ini) silahkan buka halaman sitemap yang dihasilkan oleh plugin ini dengan alamat URL : http://domain.com/sitemap.xml (ganti yang saya beri warna merah dengan domain anda), kemudian lihat source kode dari halaman sitemap tersebut. Di sana sangat jelas terlihat versi wordpress yang digunakan.

Cara Menghapus Versi WordPress Pada Plugin Google XML Sitemap Generator

  1. Buka file sitemap-core.php yang ada di folder google-sitemap-generator/, bisa lewat dashboard – Plugins Editor, Cpanel atau FTP.
  2. Cari kode seperti ini :
  3. $this->AddElement(new GoogleSitemapGeneratorDebugEntry("generator=\"wordpress/" . get_bloginfo('version') . "\""));
  4. Setelah ketemu hapus kode yang saya beri warna merah tersebut (atau dihapus semua juga bisa) atau tambahkan double slash sebelum kode tersebut menjadi seperti ini :
    // $this->AddElement(new GoogleSitemapGeneratorDebugEntry("generator=\"wordpress/" . get_bloginfo('version') . "\""));
  5. Jika mau sedikit nakal heee … anda juga bisa sekalian menyembunyikan versi dari plugin ini di source kode sitemap, caranya di bawah kode tersebut di atas ada kode seperti ini :
    $this->AddElement(new GoogleSitemapGeneratorDebugEntry("sitemap-generator-url=\"http://www.arnebrachhold.de\" sitemap-generator-version=\"" . $this->GetVersion() . "\""));
  6. Untuk menyembunyikannya (menyembunyikan versi dari plugin ini) hapus baris kode tersebut atau tambahkan double slash sebelum kode tersebut.
  7. Terakhir buka halaman XML Sitemap Generator yang ada di dashboard wordPress anda, kemudian klik fitur rebuild the sitemap untuk menghasilkan halaman sitemap.xml yang lebih fresh. Jika anda menggunakan fitur cache halaman seperti w3 total cache, wp super cache dan sejenisnya jangan lupa hapus dulu cache yang sebelumnya. Sekarang coba buka halaman sitemap.xml anda dan lihat source kodenya apakah versi wordpress yang digunakan sudah hilang atau masih ada.

Untuk halaman sitemap blog ini http://m-alwi.com/sitemap.xml, di samping sudah saya terapkan cara tersebut di atas juga sedikit saya custom, tapi customnya agak sedikit nakal heee … mungkin tampilannya agak sedikit beda dengan halaman sitemap.xml pada umumnya. Nakalnya di mana silahkan anda cari sendiri dan jangan ikut-ikutan nakal yaaaa …. ntar dijewer bu guru heee ….3x.

Mudah-mudahan artikel tentang Cara Menghapus Versi WordPress Pada Plugin Google XML Sitemap Generator ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Setting Plugin WP Super Cache
  2. Mempercepat Loading WordPress Dengan WP Widget Cache
  3. Cara Membuat Tombol Go Top/Back To Top
  4. Cara Membuat WordPress Page Number Tanpa Plugin
  5. Cara Menggunakan File CSS Yang Berbeda Untuk Home, Single Dll
  6. Cara Membatasi Jumlah Karakter Komentar
  7. Cara Mengurangi Jumlah Queri Pada Tampilan Categori WordPress
  8. Cara Melindungi Gambar Dari Pencurian Bandwidth
  9. Cara Mengoptimasi Halaman Kategori
  10. Pasang Quiz Anti Spam Tanpa Plugin
  1. 28-12-2011 at 17:04 | #1

    Wao makasih gan infonya,.ditunggu artikel lainnya

    Reply

  2. 26-1-2012 at 10:19 | #2

    info menarik dan bermamfaat..blog wallking gan..main main juga ke tempat saya yaah..

    oyaa klo script tdo mini punya gak?dan gmn cara pasangx?

    Reply

  3. 11-2-2012 at 00:10 | #3

    trims banget…langsung praktek gan…smoga sukses slalu buat langkah anda ke depan…amin…salam satu jiwa

    Reply

  4. 20-3-2012 at 16:01 | #4

    mas minta tolong pencerahannya ya.
    kok saat saya sudah berhasil membuat sitemap.xml di blog saya hasilnya tidak sama dengan sitemap.xml di blog anda ya ?
    sitemap.xml di blog saya tidak langsung berisi postingan dan artikel saya melainkan harus memasuki file *.xml lagi.lihat : http://www.luxindotechno.com/sitemap.xml
    apa kalau seperti itu bisa terindex baik oleh google ?
    bagaimana cara / pengaturannya supaya sitemap.xml nya persis dengan punya anda ?
    saya menggunakan google sitemap xml generator versi 4 beta.karena versi 3.2.6 tidak bisa dipakai di blog saya.
    terimakasih.mohon bantuannya.

    Reply

  5. 12-7-2012 at 14:32 | #5

    mau nanya gan ( maaf keluar dari judul ). semua plugin install di blog saya kenapa yang di cpanel tidak terdeteksi, padahal di wardpress normal, thanks gan

    Reply

  6. 25-7-2012 at 06:24 | #6

    mau nanya nih sama mas alwi, gimana sih supaya recent search term dari plugin stt2 bisa di include di halaman plugin sitemap.xml ini, mohon pencerahannya, bingung otak-atik kagak bisa-bisa :-(

    tak tunggu loh hehehe… :D

    Reply

  7. 6-11-2012 at 20:52 | #7

    Thanks infonya bro. Sudah saya tambah // sebelum kodenya. Tapi memang yang bagus seperti punyanya bro, haa…haa..

    Reply

  8. 26-5-2013 at 19:20 | #8

    GAn yang blogspot gmn gan ?

    Reply

  9. 27-10-2013 at 08:24 | #9

    untuk blogspot gimana?

    Reply

Comment pages
1 2 3 42440
3+6=? (Wajib diisi)