Home » Optimasi Wordpress » Cara Mengganti Username Dan Password WordPress

Cara Mengganti Username Dan Password WordPress

12 Jan. 2010299 comments
Cara Mengganti Username Dan Password WordPress

Keamanan menjadi prioritas utama dalam segala hal termasuk untuk urusan blogging. Ada banyak cara untuk meningkatkan keamanan blog terutama wordpress  dengan hosting sendiri, seperti menggunakan plugin Limit Login Attempts dan WP Security Scan, menyembunyikan versi wordpress yang kita gunakan, mengganti tabel prefix database dan lain-lain, info lebih lengkap tunggu saja postingan berikutnya. Untuk edisi kali ini kita akan bahas tips atau cara untuk meningkatkan keamanan wordpress dengan cara mengganti username dan password yang kita gunakan.

Secara default username yang biasa kita gunakan untuk login ke blog kesayangan kita (WP Self Hosting) tidak bisa diganti dengan cara biasa yaitu lewat dashboard (Your username cannot be changed). Walau sebenarnya ada sebuah plugin untuk bisa mengganti username login namanya Plugin Change Admin Username, namun saya tidak akan menggunakan plugin ini khawatirnya kebanyakan plugin yang diinstall malah memberatkan loading blog.  Cara yang akan kita gunakan yaitu mengganti username dan password wordpress tanpa plugin atau melalui PhpMyAdmin yang ada di Cpanel.

Caranya adalah :

1. Login ke Cpanel

2. Masuk ke PhpMyAdmin

3. Klik database yang kita gunakan, jika lupa namanya karena sebelumnya kita membuatnya secara manual, mungkin kita perlu mengingatnya. Jika lupa atau tidak tahu karena sebelumnya instalasi WordPress dilakukan secara otomatis melalui Fantastico, nama database yang digunakan dapat dilihat dengan membuka file wp-config.php yang berada pada root direktori instalasi WordPress. Kita dapat membukanya melalui akses FTP atau fasilitas File Manager pada kontrol panel hosting (misalnya Cpanel). Ketika file wp-config.php dibuka, lihat baris DB_NAME, ingat atau catat saja nama database tersebut.

4. Pada halaman daftar tabel yang ada pada database tersebut, pilih tabel wp_users dengan cara klik pada tabel tersebut.

Yang muncul selanjutnya adalah tabel dengan field sebagai nama kolom beserta isi datanya, yaitu data user blog WordPress. Jika ada beberapa, pastikan user mana yang akan diubah username untuk login dan/atau passwordnya. Contoh : alwi_blablabla, jika sudah dipastikan, pada baris data user tersebut klik icon pensil seperti ditunjukkan gambar ilustrasi berikut ini.

5. Dengan mengklik ikon Edit tersebut, maka akan membuka halaman untuk mengubah data user yang dipilih dengan tampilan seperti ini.

Pada baris user_login, kita dapat mengubah username yang digunakan untuk login ke blog. Jadi jika sebelumnya menggunakan username default “admin“, atau anda telah menggunakan username  yang lain, maka di sini kita dapat mengubahnya. Kemudian pada baris user_pass, ini merupakan data password yang digunakan, namun di sini password disimpan dengan teknik pengkodean MD5 agar tidak terbaca secara kasat mata. Untuk mengubahnya, kita isikan dengan password baru yang akan digunakan, kita ketikkan apa adanya, namun pada pilihan Function-nya kita pilih MD5. Sesudah itu klik tombol Go untuk menyimpan perubahan data user dan password tersebut.

Catatan : Jangan gunakan username dengan nama yang sama dengan nama author yang ditampilkan (display_ name).

Selanjutnya silahkan dicoba melakukan login ke blog WordPress anda dengan username atau password yang baru. Semoga berhasil yaaaa.

Mudah-mudahan artikel tentang Cara Mengganti Username Dan Password WordPress ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Membuat Spoiler
  2. Cara Menghapus Versi WordPress Pada Plugin Google XML Sitemap Generator
  3. Mengenal Kode Widget Sidebar WordPress
  4. Cara Install Plugin WordPress
  5. Cara Mempercepat Loading Blog WordPress (Minimize SQL Queries)
  6. Cara Melindungi Gambar Dari Pencurian Bandwidth
  7. Cara Submit Blog atau Website di Google Webmasters
  8. Konten Berkualitas Versi Google
  9. Cara Mencegah atau Menghalau Spambot
  10. Cara Mendisable Akses Directory WordPress
  1. 12-6-2013 at 07:34 | #1

    wah bagus nih mas.. soalnya sekarang rawan di curi orang nih.. makasih infonya..

    Reply

  2. 27-1-2014 at 21:46 | #2

    Bagus infonya, sayang ilmu saya belum sampai di wordpress. Absen dulu yah

    Reply

  3. 6-7-2015 at 00:18 | #3

    Siip infonya mas broo, tapi maaf, kalo dengan cara ini tidak akan berpengaruh pada DB yang sudah diinstal sebelumnnya..?

    Reply

  4. 12-11-2015 at 13:18 | #4

    makasih artikelnya mas, sangat membantu buat saya. Ini mau jual blog harus diganti paswordnya , hehe
    solanya semua web ane pasnya sama,,

    Reply

  5. 8-2-2016 at 06:48 | #5

    makasih infonya gan, hehhe

    Reply

Comment pages
1 7 8 91674
4+4=? (Wajib diisi)