Home » Komputer » Cara Mengganti Icon FlashDisk

Cara Mengganti Icon FlashDisk

2 Apr. 200927 comments
Cara Mengganti Icon FlashDisk

flashdiskCara Mengganti Icon FlashDisk pada komputer. FlashDisk saat ini merupakan benda personal yang dimiliki banyak orang khususnya kaum mobile karena lebih praktis dan simple tapi punya kapasitas penyimpanan yang besar ada yang sampai 16 GB. Dan harganyapun semakin murah, dengan kapasitas 4 GB bisa anda peroleh dengan kisaran harga Rp. 100.000,- s/d 150.000,- (tergantung merek). Biasanya mereka menggunakannya untuk menyimpan gambar, data pekerjaan, file penting atau lainnya, bahkan untuk beberapa program yang Portable bisa dibuka langsung dari Flashdisk tanpa perlu repot-repot install di Komputer. Oleh sebab itu flash disk sangat pentiing keberadaannya. Karena flash disk sering digunakan, boleh lah kita memberi sedikit polesan agar tidak terlihat membosankan.

Cara Mengganti Icon FlashDisk

Kali ini kita akan mengganti atau mengubah icon pada flash disk. Coba anda hubungkan flash disk anda ke konektor usb ,setelah autorun, di explorer akan muncul icon removable disk standar yang diberikan windows (kelihatannya terlalu standar).
Kita bisa merubah dari icon standar menjadi icon lain atau dengan foto kita, pertama-tama yang perlu disiapkan adalah 1 buah icon (gambar yang berekstensi *.ico).pertama kali buka aplikasi notepad. buat pengguna windows, tekan “windows+r” trus tulis notepad terus Enter.di dalamnya ketikkan kode di bawah ini :

[autorun]
icon=icon.ico
kode (icon.ico) dapat anda ganti dengan nama file icon lainnya yang ber-extension .ico misalnya anda memiliki file dengan nama flashdisk.ico maka tinggal ganti kode yang bewarna merah tersebut dengan flashdisk.ico. atau anda bisa berkreasi sendiri dengan program Converter gratisan yang bisa anda download seperti Irvanview untuk convert file dari jpg, jpeg, bmp, png ke format ico. atau anda convert melalui website banyak yang gratisan tinggal googling aja ketik : free convert jpg to ico.
lalu simpan file tersebut pada flashdisk anda dengan nama autorun.inf dengan save as type All jangan pakai format txt.

Kemudian kedua file tersebut (autorun.inf dan ico ) anda hidden agar lebih aman (terhindar dari salah hapus).

Ini contoh dari tip di atas :

Anda mau mencoba?

Catatan :
Sebenernya dengan mengganti Icon flash disk itu kita akan mendapatkan beberapa manfaat :

  1. Pertama untuk mempercantik penampilan tentunya.
  2. Pembuatan icon ini dimaksudkan untuk memberi identitas siapa pemilik flash disk tersebut (karena menggunakan icon foto si pemilik UFD).
  3. Untuk memberitahu apakah flash disk anda terkena virus (autorun).
  4. Kenapa harus disimpan di dalam flashdisk bukan di dalam folder? karena biasanya virus autorun membuat file autorun untuk menjalankan virus, jika icon anda tidak muncul di explorer kemungkinan besar flash disk anda terkena virus autorun, karena file autorun.inf yang sudah kita buat sudah di-rewrite oleh virus dengan nama yang sama tapi diganti dengan skrip yang berbeda, biasanya skrip ini mengarah pada induk virus. Jika kita klik pada my komputer maka virus itu akan berjalan dan melakukan tugasnya, berape kan???

Update :

Dengan cara mengganti Icon FlashDisk ini beberapa antivirus kadang terlalu ketat untuk memproteksi kemungkinan file autorun mengandung virus, jadi kadang untuk pengguna antivirus tertentu tutorial/cara ini mungkin tidak berhasil karena file autorun akan diproteksi/diblokir oleh antivirus tersebut.

Mudah-mudahan artikel tentang Cara Mengganti Icon FlashDisk ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Adobe Flash Player Versi 10.1 Makin Mak Nyus
  2. Microsoft Tak Lagi Dukung Windows XP SP2
  3. Pentingnya Backup Data
  4. Cara Menampilkan Show Hidden File
  5. Cara Mengunci Folder Dan Drive USB
  6. Aplikasi Pemantau Suhu Notebook
  7. Tips Atau Panduan Memilih Sebuah PC
  8. Mengurangi Bandwidth Update Windows Untuk Mempercepat Koneksi Internet
  9. Tweak PC, Mengoptimalkan Virtual Memory
  10. Free Download Screensaver Animasi Air Terjun (Waterfalls)
  1. 25-9-2009 at 03:05 | #1

    Hi,
    Everything dynamic and very positively! :)
    Dirnov

  2. Daffy
    24-12-2009 at 20:58 | #2

    Mas alwi …q dah nyoba2 cara tu berulang kali kok tetep gak bisa ya….? FD q dah q scan pke kaspersky sbelumnya , so triknya gak bisa bkan gara2 virus toh mas… abis gara2 pa? mohon pencerahan mas…

    Alwi Reply:

    format file nya (logo) harus berformat ico kalau semua cara dah benar tapi gak muncul mungkin ada firus di kompinya atau di FD soalnya pernah punya pengalaman pernah kena Virus Conficker logo FD gak muncul

  3. Noegro
    15-3-2010 at 13:26 | #3

    Mas Alwi, klo pakai autorun seringkali dicurigai juga sebagi virus. pengalaman saya dengan komputer yang pake smadav, autorun kita langsung dikunci. jadi gambar logonya balik lagi ke standar. gimana soulusinya tuh.

  4. 17-3-2010 at 13:40 | #4

    klo ganti isinya bisa ga ya… he..he..

  5. 16-4-2010 at 15:43 | #5

    meski dicoba nih…

  6. 16-4-2010 at 15:44 | #6

    Mumpung koneksi lagi ngacir nih kang…
    adu ubek2 postingan jadul dulu.

  7. 24-4-2010 at 20:29 | #7

    bang iwan top skor nih

  8. 25-4-2010 at 11:23 | #8

    saya sudah coba berulang ulang tapi kenapa ko tidak mau,, tekan “Windows+r” itu gmna?? mohon di bls,

  9. ihwan
    1-6-2010 at 13:56 | #9

    saya dah coba boss tapi blm bisa tu… cara merubah format jpg menjadi ico
    bagaimana ya…???

  10. 8-6-2010 at 08:56 | #10

    mau coba ah.. daripada iseng

Comment pages