Home » Info » Cara Mendeteksi Pembohong di Sekitar Anda

Cara Mendeteksi Pembohong di Sekitar Anda

14 Apr. 201068 comments
Cara Mendeteksi Pembohong di Sekitar Anda

Berbohong merupakan salah satu perilaku tak baik yang paling umum dilakukan oleh semua orang baik orang tua atau anak muda, bahkan anak kecilpun bisa berbohong. Terkadang sebagian orang menutupi kebiasaan berbohong itu dengan alasan mereka berbohong putih alias berbohong demi kebaikan.

Dalam percintaan, kehidupan bisnis, politik dan kehidupan sehari-hari, sangat penting sekali untuk dapat mengidentifikasi perbedaan antara kebohongan dan kejujuran. Sebenarnya, sangat sulit untuk mengetahui apakah seseorang itu berbohong atau tidak. Beberapa orang bisa berbohong dengan amat mudah seperti mereka mengatakan hal sebenarnya.

Namun, anda harus mampu memahami apakah seseorang yang berbicara dengan anda itu berbohong atau tidak. Kalau tidak, anda akan mudah ditipu oleh orang lain. Satu masalahnya adalah bagaimana cara anda tahu mereka berbohong atau tidak?

Dari semua perilaku manusia, mungkin berbohong adalah salah satu yang sulit dideteksi. Namun, ada beberapa hal yang dapat membantu anda  cara mendeteksi ketika seseorang berbohong, antara lain:

  1. Gugup. Berbohong memiliki gejala yang hampir sama dengan ketegangan. Dalam berbagai situasi ketika kita berniat untuk berbohong, kita dapat merasa gugup, saat mencoba menutupi kesalahan. Cara mudahnya yaitu mengetahui sifat dasar seseorang kemudian mengetahui perbedaannya. Jika seseorang biasanya terlihat santai, kemudian tiba-tiba sering berkedip dan melakukan gerakan mata yang tidak biasa, menjilat lidah dan menyentuh wajah dapat dijadikan ciri-ciri seseorang sedang berbohong.
  2. Perhatikan bahasa tubuh. Amati bahasa tubuh gestur yang tampak menutupi bagian tertentu dari wajah atau tubuh. Menyentuh hidung merupakan ciri khas dari gejala ketegangan. Saat Bill Clinton bersaksi di depan juri mengenai hubungannya dengan Monica Lewinsky, tubuhnya secara alami melakukan bahasa tubuh yang normal ketika menjawab dengan benar. Namun, ketika dia dipaksa lebih jauh mengenai hal itu, dia tampak menyentuh hidungnya setiap empat menit. Totalnya, sekitar 26 kali.
  3. Gelisah berlebihan. Perhatikan jika seseorang yang anda curigai berbohong, menggaruk atau menggesek pakaiannya. Jika anda tengah berbohong dan ingin menutupinya, kontrol pandangan anda dan tempatkan tangan anda dengan tenang tanpa terlihat tidak alami.
  4. Senyum berlebihan. Di samping dari tampilan menyeringai khas pembohong, studi menemukan orang tersenyum lebih banyak ketika mereka mengatakan yang sebenarnya.
  5. Percaya pada naluri anda. Seringkali kita bisa mendeteksi seseorang berbohong secara intuisi dibandingkan secara ilmiah. Mungkin benar jika pepatah kuno mengatakan, jika anda mencurigai seseorang berbohong, mungkin anda benar.
  6. Anda akan melihat bahwa orang yang berbicara pada anda menghindari kontak mata. Matanya akan lebih sering berkedip atau berputar ke arah lain. Hal ini mengindikasikan kondisi mental yang tidak nyaman.
  7. Orang itu menunjukkan kebingungan saat berbicara. Saat dia berbohong, dia akan memikirkan tentang kesalahannya pada waktu yang sama. Hal ini akan mengganggu perhatiannya dalam percakapan tersebut.
  8. Seorang pembohong sering kali bicara dengan sangat cepat atau dalam kalimat-kalimat pendek. Dia mencoba untuk menyudahi situasi itu secepat mungkin.
  9. Jika anda mengawasi bahasa tubuh pembohong dengan cermat, anda akan melihat bahwa bahasa tubuhnya seperti bentuk proteksi diri. Orang itu mencoba untuk melindungi diri sendiri dengan tindakan tertentu seperti mundur ke belakang, menyilangkan lengannya, atau meremas tangan.
  10. Pembohong berpura-pura kebingungan dalam percakapan. Dia menciptakan kebingungan tersebut sehingga dia bisa mendengar pendapat orang lain dan menyetujui mereka.
  11. Kadang kala, pembohong menunjukkan perilaku yang berkebalikan. Dia ingin berkata tidak tapi dia menganggukkan kepalanya.
  12. Biasanya, pembohong tidak siap untuk mengatakan kebohongan tersebut. Saat dia berbohong mengenai sesuatu, hal itu tidak direncanakan sebelumnya. Karena itu, jika anda menanyakan sesuatu tentang detailnya, maka dia tidak akan mampu menjawab pertanyaan anda dengan tepat. Dia akan kebingungan dan kehilangan konsistensi percakapannya.
  13. Tawa yang berlebihan dan rasa setia kawan berlebihan bisa menjadi tanda penting kebohongan. Pembohong itu ingin berpura-pura menunjukkan bahwa dia adalah teman anda, sehingga anda akan mulai mempercayainya.
  14. Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan anda untuk menentukan apakah seseorang berbohong atau tidak adalah dengan mendengarkan dengan baik. Jika anda mendengarkan dengan baik apa yang dikatakannya, maka anda dapat dengan mudah menemukan ketidak konsistenan dalam pembicaraannya. Inilah salah satu cara efektif untuk mengetahui apakah mereka berbohong atau tidak.
  15. Juga terlihat jelas apabila seseorang mengatakan kebohongan, dia cenderung akan memberikan penjelasan yang tidak penting. Dia akan memberi terlalu banyak detail tentang situasinya.
  16. Saat pembohong mengetahui bahwa pendengarnya tahu akan kebohongannya, dia akan segera merasa tersinggung. Hal yang sama terjadi dalam kasus percakapan melalui telepon. Orang yang berbohong cenderung menutup telepon atau cepat-cepat mengubah topiknya.

Dengan mengetahui tanda-tanda ini, mudah-mudahan anda akan dengan mudah memahami apakah seseorang berbohong atau tidak dan melindungi diri anda agar terhindar dari tipuan atau mungkin rayuan gombalnya, semoga bermanfaat. Referensi : kapanlagi.com, republika.co.id.

Mudah-mudahan artikel tentang Cara Mendeteksi Pembohong di Sekitar Anda ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. BI Perintahkan Semua Bank Periksa ATM
  2. Pengalaman Menggunakan Beberapa Jenis Koneksi Internet
  3. Yahoo Makin Terintegrasi dengan Facebook
  4. Yahoo Indonesia Bikin Konten Sendiri
  5. Heboh, Video Dua Jet Tempur Mengejar UFO
  6. Download Firefox 4 Beta 1
  7. Kumpulan Add On Terbaik Sepanjang Masa
  8. Komentar Blog Terpanjang Di Dunia
  9. Cara Bikin Anak Cerdas
  10. Tips atau Panduan Memilih Web Hosting
  1. astria
    30-5-2011 at 14:59 | #1

    infoy bagus banget terutama mengenai ” saat pembhong mngtahui bhwa pendengrnya tahu akn kbohongnya,dy akn cpt tesinggung dan brsha sgera mnutup percakapanya di telpon “…pnh 2 orang mlkukan ni wktu tlp sy & sy mnydari kl mrka sdg brbhong,,,smua yg di bcrakn slu ga sinkron & kl sya urutkn/hubungkn mgnai apa yg sdh di bicarakn,,dua2nya lgsung trsinggung & cpt2 tutup tlp tnp pamit n salam,,….!!!

    Reply

  2. 8-6-2011 at 16:56 | #2

    alhamdulillah.. semoga bisa bermanfaat bagi yang menulis dan membaca.. ^_^

    Reply

  3. intan sooyoungster
    12-9-2011 at 05:19 | #3

    Btul bngt.,
    Ad info yg lain gk?

    Reply

  4. maulida
    22-12-2011 at 10:20 | #4

    hemmm mksh ea infonya bgus bnget dehh,kalo ada lg kirimin ke email q yaa

    Reply

  5. 1-1-2012 at 14:12 | #5

    hmm trimakasih jga infonya,krna aku jga sering mengalami dibohongi bawahan atau teman skali lgi trims..

    Reply

  6. 14-5-2012 at 10:39 | #6

    Terima kasih mas informasinya, sangat bermanfaat untuk saya :D

    Reply

  7. 11-11-2012 at 21:07 | #7

    bisa ketahuan nih, yang bohong atau nggak,.
    thanks sharingnya bosss..

    Reply

  8. 11-4-2013 at 18:29 | #8

    bermanfaat… bisa buat ortu yg anaknya dah gede. biar gak diboongin. ijin share gan..

    Reply

  9. 14-7-2013 at 11:58 | #9

    Mapikor akan selalau Melawan KORUPSI, TIDAK TAKUT BICARA BENAR,, apa lagi Pembohong-pembohong berdarah DIngin, Yang Berkedok Pejabat Bangsa Indonesia… Kami akan selalu, Menjadi Batu Sandungan Untuk Merdeka…. STOP Korupsi…

    Reply

  10. qoe-teel
    22-3-2014 at 02:59 | #10

    trimaakasih informasinya … minimal ada bbrapa yg bsa di ingat tanda2 dari kbohongan, brarti qta bsa ambil kputusan yg terbaik tanpa harus menjatuhkan si pembohong, sikap arief dan bijak mngkin dpat “menetralisir” tingkat kbohongan lawan bicara/si pembohong. good luck

    Reply

Comment pages
1 2 3 41809
1+7=? (Wajib diisi)