Home » Optimasi Wordpress » Cara Membatasi Jumlah Karakter Komentar

Cara Membatasi Jumlah Karakter Komentar

28 Jul. 201068 comments
Cara Membatasi Jumlah Karakter Komentar

Blog dan komentar adalah 2 hal yang kadang tidak bisa dipisahkan. Adanya kolom komentar adalah ciri khas dari sebuah blog, sehingga dengan adanya fitur komentar akan terjadi interaksi antara pemilik atau pengelola blog dengan pengunjungnya. Namun demikian ada juga beberapa blog yang tidak menyediakan kolom komentarnya.

Banyak yang bilang blog tanpa komentar bagaikan sayur tanpa garam, bagaikan sate tanpa kecap. Sebagian blogger juga ada yang begitu terobsesi blognya rame dengan komentar, walaupun banyaknya jumlah komentar tidak menjadi jaminan sebagai indikator kesuksesan sebuah blog, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Tapi secara umum pemilik blog akan senang jika blognya rame dengan pengunjung dan komentar.

Jika dipilah-pilah jenis komentar juga bermacam-macam. Ada komentar yang baik dan benar, ini biasanya yang sangat diharapkan pemilik blog, karena akan menambah kualitas sebuah konten atau postingan dan akan menguntungkan kedua belah pihak (simbiosa mutualisme) antara pemilik blog dan sang komentator. Di sisi lain ada juga komentar yang sedikit ngawur (heee … kaya OVJ), komentar salah dan malah menciptakan permusuhan, sampai komentar junker yang hanya berisi iklan-iklan yang tidak jelas dan terkadang berbau p*rn*grafi dan sangat panjang isinya, seperti yang pernah saya alami sampai saya buatkan postingan dengan judul Komentar Blog Terpanjang Di Dunia. Sebaliknya terkadang ada juga komentar yang sangat pendek isinya seperti, Hai ! atau Halloo !! atau Wekekekek … dan sebagainya. Adapun komentar dengan kata pertamax sampai kelimax asalkan disertai komentar sesuai postingan itu masih bisa dianggap wajar, terkadang malah menjadi ciri khas.

Namun bagi yang tidak suka dengan isi komentar yang terlalu pendek atau terlalu panjang, kita bisa mencegahnya dengan membatasi jumlah karakter komentar yang diperbolehkan, bisa kita setting jumlah minimal dan maksimal karakter yang diperbolehkan (Minimum and Maximum Comment Length) tanpa menggunakan plugin dan tanpa javascript.

Caranya sangat sederhana yaitu :

  • Login ke Cpanel akun hosting wordpress anda.
  • Buka file wp-comments-post.php yang ada di root direktori.
  • Lihat baris ke 83 atau cari kode ini :
  •  if ( '' == $comment_content ) wp_die( __('Error: please type a comment.') );

Ini kode untuk tidak memperbolehkan isi komentar kosong.

  • Kemudian tambahkan kode berikut ini di bawahnya :
  • if (strlen($comment_author) >25 )
    wp_die( __('Maaf nama anda terlalu panjang, maximum 25 karakter, silahkan ulangi lagi') );
    if (strlen($comment_author_url) >40 )
    wp_die( __('Maaf URL Website anda terlalu panjang, maximum 40 karakter, silahkan ulangi lagi') );
    if (strlen($comment_content) <20 )
    wp_die( __('Maaf komentar anda terlalu pendek, minimum 20 karakter, silahkan ulangi lagi') );
    if (strlen($comment_content) >500 )
    wp_die( __('Maaf komentar anda terlalu panjang, maximum 500 karakter, silahkan ulangi lagi') );
  • Simpan

Keterangan :

  • Angka 25 adalah maksimum jumlah karakter nama sang komentator, ini bisa untuk mencegah komentator yang biasa menggunakan keyword yang sangat panjang. Di blog ini juga saya terapkan cara ini supaya tampilan tetap enak dan simetris dengan komentator lainnya dan tidak melebar ke mana-mana.
  • Angka 40 adalah jumlah panjang maksimal karakter URL sang komentator yang diperbolehkan, sehingga ketika jumlahnya lebih dari 40 huruf/karakter akan muncul jendela pop up : “Maaf URL Website anda terlalu panjang, maximum 40 karakter, silahkan ulangi lagi”.
  • Angka 20 adalah jumlah minimal karakter komentar yang diperbolehkan, sehingga ketika jumlah karakter kurang dari itu akan muncul jendela pop up : “Maaf komentar anda terlalu pendek, minimum 20 karakter, silahkan ulangi lagi”.
  • Angka 500 adalah jumlah maksimal karakter komentar yang diperbolehkan, sehingga ketika jumlah karakter lebih dari itu akan muncul jendela pop up : “Maaf komentar anda terlalu panjang, maximum 500 karakter, silahkan ulangi lagi”.
  • Pembatasan jumlah karakter bisa disetting sesuai kemauan pemilik blog.
  • Kelemahannya karena tidak menggunakan javascript, jumlah karakter dalam kolom/kotak komentar tidak bisa dihitung secara otomatis khususnya untuk maksimal jumlah karakter komentar.
  • Setiap anda selesai melakukan update wordpress ke versi baru jangan lupa untuk melakukan settingan ulang seperti di atas agar pembatasan karakter ini bisa berfungsi kembali, karena biasanya setelah diupdate beberapa file yang telah dicustom akan tertimpa dengan file master default wordpress yang baru. 
Mudah-mudahan artikel tentang Cara Membatasi Jumlah Karakter Komentar ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Pasang Quiz Anti Spam Tanpa Plugin
  2. Saatnya Pindah Hosting
  3. Cara Menghapus Versi WordPress Pada Plugin Google XML Sitemap Generator
  4. Cara Mengoptimasi Gambar Theme
  5. Cara Membuat Tombol Go Top/Back To Top
  6. Cara Menambahkan Menu Navigasi Di Theme MobilePress
  7. Membuat WordPress Versi Mobile Dengan W3 Total Cache
  8. Daftar Ping Service WordPress
  9. Cara Setting Permalink WordPress Untuk SEO, Performa dan Usability
  10. Cara Mengembalikan Postingan Yang Hilang, Terhapus, Rusak Dll
  1. 3-8-2010 at 13:22 | #1

    oiya mas alwi..
    sekalian mau tanya nih.. bingung mau tanya dmn, akhirnya tanya disini deh..
    smiley saya ga muncul normal tu knapa ya mas?
    jadi URL nya ada yang error..
    Saya udah kirim ke wordpress tapi blm ada balasan, mungkin mas alwi bisa bantu..

    Reply

    Surya Triwijaya Reply:

    Ni isi report bug saya ke wordpress :

    Reply

    Surya Triwijaya Reply:

    hi, my name is Surya Triwijaya. WordPress 3.0.1 goes well when I finish the upgrades. But after I check again, I found an error in the smilies in my post. Some smilies don’t want to appear due to error in its URL. I have included a screenshot link to you. Lanjutan –>

    Reply

    Alwi Reply:

    Saya pelajari dulu Mas Surya, soalnya di blog ini saya matikan fungsi emoticonnya, sehingga blm pernah mengalami error, disamping boros bandwidth juga sangat mempengaruhi performa loading blog (menambah http request dan terjadi Parallelize downloads across hostnames) semakin banyak jumlah emoticon juga semakin menambah waktu loading …

    Reply

    Surya Triwijaya Reply:

    [http://i1002.photobucket.com/albums/af145/funktaztic4/screenshot.jpg] As you can see in the screen-shot, first smileys look normal. but the second smiley does not appear due to error in the URL (Backslash in the red circle). I tried to disable plugins “smilies Themer” but it still error. Please help me..

    Reply

  2. 3-8-2010 at 13:28 | #2

    Hehehe.. ternyata pembatasan karakter komentar ini membuat saya sedikit kesulitan.. :D

    Reply

  3. 4-8-2010 at 13:06 | #3

    wah klo gitu komentar terpanjang di dunianya ga akan masuk lagi donk..

    Reply

  4. 5-8-2010 at 17:00 | #4

    Wah penting dan sangat berguna nih tipsnya. Tenkyu banget Kang Alwi sharingnya menghindari iklan-iklan panjang di komen nih

    Reply

  5. 16-8-2010 at 12:30 | #5

    Langsung dipraktekkan bung alwi….

    Reply

  6. 14-9-2010 at 06:44 | #6

    gak ada bwt platform blogspot yah?

    Reply

  7. 18-9-2010 at 21:29 | #7

    info yang sangat berguna bagi nubitol kayak saya, perlu belajarr terus nih ke blog ini

    Reply

    toko barcode Reply:

    selamat malam teman setam semua, selamat malam minggu

    Reply

  8. 5-2-2011 at 03:21 | #8

    Tak nekad nyoba ya mas, kalawo ada error, nanti minta petunyuknya lho, mohon saya bisa di sms ke nol lapan tuju, lapan tiga duwa, duwa sembilan lima, nol nol sembilan. Matur nyuwun…. Untuk njagani mas.

    Reply

  9. 13-2-2011 at 01:33 | #9

    wah terimakasih banget mas ,dengan ini saya merasa terbantu,jan nemen tenan iki kometare akeh pol dowo pol…….

    Reply

  10. 9-3-2011 at 09:54 | #10

    saya pake triknya mas.. mau batasi minimal koment harus 20 karakter.. soalnya karena blog saya dofollow n auto approve, ehh skrg banyak yg koment cuma mantab, sip, makasih dll

    Reply

    Alwi Reply:

    heee .. silahkan Mas Tomi saya dulu pernah ngalami begitu waktu blog ini masih dofollow, resiko blog dofollow ya begitu ….. dg pembatasan jumlah karakter paling tidak supaya memberikan sugesti agar pengunjung bisa berkomentar yg baik dan tidak terkesan asal cari backlink

    Reply

Comment pages
3+4=? (Wajib diisi)