Home » Security » Awas! Hati-hati Dengan Virus Luna Maya

Awas! Hati-hati Dengan Virus Luna Maya

2 Jul. 2010436 comments
Awas! Hati-hati Dengan Virus Luna Maya

Waspadalah!!! dan hati-hati dengan virus Luna Maya. Kasus video po*no selebritis Ariel – Luna Maya – Cut Tari sudah sangat menjemukan. Pembuat virus pun sampai iseng mengeluarkan virus yang sedikit-banyak meledek para penggemar video po*no tersebut.

Kabar soal penyebaran virus ini disampaikan Alfons Tanujaya, analis antivirus dari Vaksincom. Keberadaan virus dengan nama Suspicious_Gen2.LBTU (saat terdeteksi oleh Norman Security Suite), dan diduga merupakan reaksi pembuat virus atas banyaknya pengguna internet yang mencari file video po*no Ariel & Luna Maya.

Rupanya hal ini juga dapat menjadi inspirasi bagi pembuat virus untuk menyebarkan virus dengan memanfaatkan situasi yang ada. Untuk itu pengguna komputer dan internet agar tetap ber-hati hati terhadap serangan virus yang membonceng topik video po*no tersebut.

Virus ini dijuluki juga virus ‘Luna Maya’ karena menyebar lewat file dengan nama ‘Luna Maya’. Pengguna diharapkan waspada jika menerima kiriman file dengan nama pembawa acara yang sedang terbelit kasus video po*no tersebut.

Nah, virus itu agaknya meledek penggemar video po*no. Soalnya, saat dijalankan, virus itu akan memunculkan jendela Pop Up dengan tulisan ‘Dasar! Otak Bokep’.

Ciri dan Penyebaran Virus ‘Luna Maya’

Virus ‘Luna Maya’ merupakan virus lokal yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Ciri-cirinya, file virus itu memiliki ukuran 37 kb, tipe file application, ber-ektensi .exe, serta menggunakan icon MS Word. Jika virus berhasil menginfeksi komputer maka akan membuat beberapa file virus. File-file ini adalah nt.bat (di drive C:\), Amoumain.exe (di C:\WINDOWS\system32\) dan Love.exe di semua root drive.

File Love.exe itu akan terdapat pada setiap root drive, termasuk pada mapping drive atau removable drive. Sedangkan file nt.bat merupakan script virus untuk melakukan format drive.

Virus ‘Luna Maya’ akan menyebar lewat cara-cara yang biasa dilakukan virus lokal. Termasuk, menginfeksi USB Flash Disk atau removable disk lainnya serta menginfeksi lewat share jaringan.

Virus ini, juga akan melakukan perubahan pada Registry. Perubahan dilakukan untuk menambahkan file virus agar dijalankan pada Start Up Windows dan untuk memblokir fungsi Windows tertentu.

Dampak lain dari virus ‘Luna Maya’ ini akan timbul gejala ‘buka-bukaan‘ yang akan ditampakkan oleh komputer si korban. Ini berupa terus terbukanya drive CD/DVD-ROM, meskipun ditutup secara manual ia akan selalu terbuka kembali.

Menu ‘Start’ di Windows akan bergoyang kanan-kiri, alias terus berubah posisinya dari sisi kanan ke sisi kiri. Tentunya, hal ini akan menyulitkan pengguna saat memakai Windows.

Gejala lainnya, fungsi klik pada Mouse akan berubah dari klik kiri menjadi klik kanan dan sebaliknya. Tombol pada keyboard pun akan terpengaruh oleh aksi sang virus.

Masih belum cukup, virus ini juga melakukan sabotase pada fungsi Windows tertentu. Termasuk di antaranya adalah Task Manager dan menu ‘Run..’. Komputer pun bisa menjadi lambat dan bahkan hang secara mendadak akibat sang virus.

Gejala berikutnya, virus ini akan membuat mati fungsi jam/waktu pada Windows. Lalu, secara tiba-tiba, komputer yang jadi korban bisa mati alias Shutdown tanpa peringatan.

Drive USB pun jadi korban virus ini dengan membuatnya menjadi tidak terbaca. Jika mencoba membuka drive USB, akan muncul perintah untuk memformat drive tersebut.

Virus yang menyebar lewat file bernama ‘Luna Maya’ ini juga akan mematikan beberapa aplikasi Windows. Termasuk di antaranya adalah Notepad, Windows Media Player dan Internet Explorer.

Sumber : Rangkuman beberapa artikel yang saya kutip dari detikINET.com, semoga bermanfaat dan membuat kita lebih hati-hati dan waspada. Waspadalah … waspadalah …… !!!

Untuk postingan top komentator segera saya laporkan, karena dari Senin kemarin baru di luar kota, ini juga saya posting dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta sambil menunggu jadwal penerbangan, dan 2 hari ini belum bisa  online dan belum sempat mengambil screenshortnya.

Mudah-mudahan artikel tentang Awas! Hati-hati Dengan Virus Luna Maya ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Free Download Anti Virus Untuk Windows 7
  2. IE Cacat, Pengguna Opera & Firefox Melonjak
  3. Cara mengatasi serangan malware pada website atau blog
  4. Cara Membasmi Virus Ramnit dari Komputer
  5. PCMAV 2.0c Valkyrie+Update Build 4 (29-6-2009)
  6. Nokia Security Code/Unlocker/Memory Card/Antivirus
  7. Demi Keamanan Update Firefox 3.6 ke 3.6.2
  8. Fitur Norton Internet Security 2011
  9. Kilas balik, sejumlah virus yang bikin repot sepanjang 2009
  10. Update Antivirus Definitions September 2012
  1. 14-7-2010 at 07:59 | #1

    wah harus waspada nich,,,,m
    virus baru yakz

    Reply

  2. 2-3-2011 at 19:13 | #2

    ada ada aja yg buat virus…
    g sekalian buat virus miyabi

    Reply

  3. Amy
    16-5-2011 at 09:44 | #3

    ew ternyata virus buatan orang Indonesia udah pada terlatih y, terutama membuat virus perusak pada Sistem OS windows XP / 7.

    ah klw gitu pake MC0s aj deh / sistem OS yg lai biar virus g bisa ngerusak sistem karena fitur berbeda.

    (@Download Film Gratis) : udah ada kalee virus miyabi dari kapan tw….

    Reply

Comment pages
1 4 5 61946
3+5=? (Wajib diisi)