Home » Google » Alwi ‘s Blog Mendapatkan Sitelinks

Alwi ‘s Blog Mendapatkan Sitelinks

16 Apr. 2010182 comments
Alwi ‘s Blog Mendapatkan Sitelinks

Alhamdulillah blog ini, Alwi ‘s Blog | m-alwi.com akhirnya mendapatkan Sitelinks, walau sebenarnya sudah cukup lama mendapatkannya kira-kira 1 bulan yang lalu, tapi baru ada kesempatan untuk mempostingnya saat ini.

Apa itu Google SiteLinks atau Taut Situs?

Sitelinks menurut Google adalah link tambahan yang ditampilkan di bagian bawah situs hasil pencarian (SERP) di mana berguna untuk membantu menavigasi suatu situs, atau semacam value add agar pengunjung lebih leluasa mendapatkan banyak pilihan informasi dalam suatu situs dengan cepat. Sistem dari Google akan menganalisis struktur link suatu situs untuk menemukan jalan pintas yang akan menghemat waktu pengguna/pencari informasi dan memungkinkan mereka untuk dapat dengan cepat menemukan informasi yang mereka cari.

Sitelinks membantu memberi penjelasan lebih tentang suatu blog. Sitelinks biasanya muncul ketika orang mengetikkan keyword pendek yang populer tentang suatu produk,  merk atau brand dalam suatu website atau blog, contoh WordPress.  Adapun blog ini mendapatkan 8 Sitelinks dengan keyword ‘M Alwi‘, singkatan dari nama saya Mutohar Alwi. Ini screenshotnya :

Google SiteLink atau Taut Situs

Sitelinks dengan keyword "M Alwi"

Apa Kegunaan Sitelinks?
Sitelinks memang kalah populer dibandingkan PageRank dan orang belum banyak tahu meskipun telah diperkenalkan cukup lama.  Adapun kegunaan Sitelinks (mengutip pendapat para Web Master) yaitu :

  1. Menunjukkan bahwa Google semakin mengakui kita, berarti juga tingkat kepentingan blog kita di mata Google semakin meningkat.
  2. Sitelinks menjadi gengsi tersendiri bagi seorang blogger atau webmaster. Ini disebabkan karena Google tidak menjelaskan algoritma pemberian sitelinks dan ini masih menjadi sesuatu yang agak sedikit ‘langka’. Hanya blog berperingkat bagus dan ber-trafik tinggi yang mendapatkannya. Setidaknya sampai sekarang seperti itu.
  3. Sitelinks mengukuhkan kita akan dominasi keyword tertentu, artinya posisi teratas kita dengan keyword tertentu akan sulit digeser.

Kabar Baik Tentang Sitelinks
Ada beberapa kabar baik mengenai sitelinks.  Dulu hanya blog nomer satu di halaman satu hasil pencarian yang akan mendapatkannya. Ini karena Google memberikan sitelinks setelah blog tersebut setidaknya memiliki lebih dari 5 sitelinks. Sejak Google memperkenalkan ‘satu baris’ sitelinks, kini aturan itu menjadi lebih longgar. Bahkan memungkinkan dalam satu keyword, dalam satu halaman pencarian ada beberapa blog yang memiliki sitelinks. Gambar di bawah ini adalah sitelinks satu baris dengan 3 sitelinks saja. Ini contoh jika saya menggunakan keyword Alwi“, kalau yang ini panggilan saya sehari-hari.

Google SiteLink atau Taut Situs

Sitelinks dengan keyword "Alwi"

Sitelinks di Update
Sama seperti pagerank sitelinks ternyata di Update oleh Google. Sitelinks Anda bisa bertambah, bisa berkurang atau bahkan hilang jika blog itu dinilai tidak kompeten dan tidak update lagi.

Sitelinks Berkebalikan Dengan Spam Link
Sitelinks berkebalikan dengan spam link. Maksudnya cara pembangunan atau optimasi keyword ini berbeda dengan optimasi yang dilakukan oleh seorang spammer. Sederhananya Anda harus menggunakan tehnik SEO alami dan bukan SEO hitam, atau paling tidak Anda membuat Google menilai Anda membangunnya secara alami. Jadi jangan percaya dengan jasa pembuatan sitelinks atau pembangunan link berbayar, karena Google menentukan ini sendiri.

Untuk mendapatkan Sitelinks ada yang berpendapat umur blog atau website harus sudah berusia 1 tahun lebih, tapi nyatanya blog ini mendapatkan Sitelinks ketika baru berusia 7 bulan atau 1 satu bulan yang lalu.  Untuk mengecek apakah situs anda juga sudah memiliki sitelinks atau anda ingin mengedit daftar sitelinks yang ditampilkan otomatis oleh google silahkan masuk di Google Webmaster Tools anda di bagian Dashboard >> Site Configuration >> Sitelinks. Jika dalam daftar Sitelinks ada yang tidak ingin ditampilkan, silahkan pilih blokir. Referensi : Google Webmaster Tools, panca.yehia.org, masdoyok.co.cc.

Mudah-mudahan artikel tentang Alwi ‘s Blog Mendapatkan Sitelinks ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Fitur Baru Halaman Pencarian Google
  2. SMP, Anak SMP dan Masa Remaja
  3. Mengenal lebih Dekat Data Center Milik Google
  4. Google Prioritaskan Konten Berkualitas
  5. Google Gunakan Sistem Index Baru
  6. Tips Menarik Untuk Pengguna Google Chrome
  7. Animasi Google Earth Day 2011
  8. Google Perbarui Algoritma Hasil Pencariannya
  9. Google Adsense Sudah Support Bahasa Indonesia
  10. Mengaktifkan Handwrite (Tulisan Tangan) Di Pencarian Google
  1. 6-11-2011 at 00:52 | #1

    wah dapet penjelasanya disini saya hehe… Makasih sobb

    Reply

  2. 27-2-2013 at 09:39 | #2

    kalau saya perhatikan, hanya posisi satu yang mendapat link site dari google.

    Reply

  3. 23-1-2014 at 20:50 | #3

    selamat kang.. tapi kenapa ya kadang ada kdang nga

    Reply

  4. 13-5-2014 at 22:40 | #4

    bos kenapa saya susah dapat sitelink ya?

    Reply

Comment pages
1 5 6 71813
2+7=? (Wajib diisi)